Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran, Ini Dia Perbandingannya!

Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran, Ini Dia Perbandingannya!
Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran, Ini Dia Perbandingannya!

Perbandingan Reksadana Campuran dan Reksadana Pendapatan Tetap

Bingung memilih produk investasi antara reksadana campuran dengan reksadana pendapatan tetap? Jika Anda masih belum bisa menentukan ingin memilih yang mana, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Di sini kami akan membahas seputar kelebihan dua jenis reksadana tersebut.

Penjelasan Singkat Tentang Reksadana

Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran, Ini Dia Perbandingannya!
Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran

Agar pembahasan terkait reksadana campuran maupun reksadana pendapatan tetap mudah dipahami, pertama-tama kami jelaskan terlebih dahulu secara singkat terkait Reksadana.

Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang ingin menjadi investor. Penghimpunan dana tersebut akan dilakukan oleh manajer investasi yang profesional dan kredibel.

Selanjutnya dana yang sudah terkumpul akan dialokasikan oleh manajer investasi ke berbagai aset atau instrumen investasi. 

Penjelasan Tentang Apa Itu Reksadana Campuran

Sesuai namanya, reksadana campuran adalah investasi yang mencampurkan dana investor ke berbagai aset. Adapun jenis aset yang dipilih oleh manajer investasi di antaranya seperti saham, pendapatan tetap, hingga instrumen pasar uang.

Namun, pengalokasian atau pencampuran dana yang dilakukan tidak asal-asalan. Reksadana ini akan menempatkan maksimal 79% dananya pada salah satu instrumen, contohnya seperti pasar uang, saham, atau pendapatan tetap. Bobot setiap instrumen terpilih tidak boleh lebih dari 79%.

Penjelasan Tentang Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap

Berbeda dengan reksadana campuran, jenis reksadana pendapatan tetap adalah investasi yang pengalokasian dananya fokus pada efek yang memberikan pendapatan tetap. Ada dua instrumen yang biasanya dipilih, yaitu produk pasar uang dan surat utang atau obligasi.

Minimal 80% dana dari reksadana pendapatan tetap akan dimasukkan ke dalam aset obligasi dan sisa dananya akan masuk ke produk pasar uang.

Kelebihan Reksadana Campuran

Pada dasarnya, reksadana campuran adalah investasi yang punya banyak kelebihan dan keuntungan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami sudah merangkum apa saja kelebihan-kelebihannya:

1.  Jenis Investasi yang Fleksibel

Saat ini reksadana jenis campuran ini bisa Anda mulai dengan modal awal fleksibel. Akan tetapi, semakin besar modal yang Anda ‘tanamkan’ maka akan semakin bagus dan tinggi juga pendapatannya.

2.  Potensi Keuntungan Tergolong Prospektif

Reksadana adalah investasi yang minim risiko kerugian. Terlebih jika Anda memilih reksadana jenis campuran yang potensi keuntungannya sesuai dengan perkembangan nilai aktivitas bersih reksadana.

3.  Mengoptimalkan Hasil Investasi

Reksadana yang satu ini juga memiliki tingkat fleksibilitas yang bagus dalam alokasi asetnya. Fleksibilitasnya mampu mengoptimalkan hasil investasi sesuai dengan kondisi pasar.

4.  Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Saat ini ada banyak pilihan manajer investasi yang kredibel dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Itu artinya, investasi para investor akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang profesional.

5.  Mengefisiensi Waktu

Para investor reksadana campuran tidak perlu melakukan analisis. Karena proses analisis dan juga menjalankan investasi akan dilakukan oleh manajer investasi yang berpengalaman.

6.  Mudah Dicairkan

Reksadana campuran adalah investasi yang bersifat likuid atau mudah dicairkan. Anda bisa mencairkan dana sesuai dengan jangka investasi yang Anda tentukan.  

Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap

Berbeda dengan reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap adalah investasi dengan tingkat risiko menengah. Berikut apa saja kelebihannya: 

1. Proses pembelian reksadana pendapatan tetap sudah bisa dilakukan secara online.

2. Peluang untung besar seiring dengan tingkat risikonya dan perkembangan NAB reksadana.

3. Bebas pajak karena imbal hasil reksadana bukanlah objek pajak.

4. Jenis investasi yang bersifat likuid atau mudah dicairkan.

5. Dikelola oleh manajer investasi profesional yang juga mengantongi izin secara resmi dari OJK.

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Antara reksadana campuran dan reksadana pendapatan manakah yang paling menguntungkan? Pada dasarnya, kedua investasi ini memiliki kelebihannya masing-masing. Contohnya reksadana jenis campuran yang menawarkan investasi dengan tingkat risiko yang minim.

Di sisi lain, reksadana pendapatan tetap memiliki tingkat risiko menengah. Akan tetapi, tingkat keuntungannya pun lebih tinggi sesuai dengan tingkat risikonya. Artinya, potensi keuntungannya lebih besar dibandingkan reksadana jenis campuran, tetapi tingkat risikonya pun lebih tinggi.

Rekomendasi Reksadana yang Tepercaya

Ingin berinvestasi reksadana? Perbankan prioritas DBS Treasures menjadi salah satu pilihan penyedia produk investasi yang tepat. Selain itu, produk investasinya ini juga cocok untuk diversifikasi investasi dengan pendapatan tetap, pasar uang, dan saham.

Produk reksadana yang tersedia DBS Treasures sudah terdaftar dan juga diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kenapa Harus di DBS Treasures?

Ada beberapa alasan kenapa memilih investasi di DBS Treasures sangat menjanjikan. Berikut apa saja kelebihannya:

1.  Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Seperti yang kami singgung sebelumnya, proses pengalokasian reksadana akan dilakukan oleh manajer investasi terkemuka. Selain itu, manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures juga mampu mengoptimalkan kinerja produk.

2.  Investor Akan Dipandu oleh Tim Ahli Finansial

Selain handal dan berpengalaman, tim ahli finansial di DBS Treasures juga selalu proaktif dalam menyampaikan analisis pasar dan peluang terkini yang cocok dengan Anda.

3.  Menyediakan Ragam Instrumen Investasi

DBS Treasures  menyediakan ragam produk yang disesuaikan dengan profil risiko Nasabah. Nasabah dapat mengatur portfolionya dan menerapkan diversifikasi ke ragam produk investasi komprehensif untuk mengurangi risiko investasi. 

4.  Bisa Dijalankan Kapan Saja dan Dimana Saja

Kini investor bisa berinvestasi reksadana secara online melalui Aplikasi digibank by DBS. Semua aktivitas seperti registrasi SID (Single Investor Identity), jual, beli, dan switching investasi bisa langsung melalui aplikasi tersebut. 

Selain itu, Proses analisis reksadana juga sudah didukung oleh data dari Infovesta. Investor yang belum memiliki SID dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) juga bisa didaftarkan langsung di aplikasi ini. 

Tertarik untuk berinvestasi reksadana campuran? Daftar sekarang juga di DBS Treasures yang sudah bisa dilakukan secara online. Selain itu melalui DBS, kita juga dapat mengajukan KTA dengan mudah.

Nah itu dia ulasan tentang Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Campuran, Ini Dia Perbandingannya!"