Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Soft Skill dan Hard Skill yang Perlu Dimiliki Blogger

contoh hard skill dan soft skill dalam cv
Manfaat Soft Skill dan Hard Skill Yang Perlu Dimiliki Blogger untuk Menulis Di Blog

Semua orang bisa menjadi blogger, untuk membuat konten apapun yang diinginkan. Tak sedikit blogger yang gemar menulis tidak hanya demi hobi, tapi juga blognya dimonetisasi. Tujuan blogging untuk personal maupun untuk mencari pendapatan, semua sah-sah saja. 

Cara menulis blog yang menarik agar menulis blog dibayar tentu tidak lah mudah tetapi masih bisa dipelajari. Oleh sebab itu, dalam prakteknya, blogger harus memiliki multi-skill alias memiliki banyak kemampuan.

Karena mengelola website atau blog tidak cukup dari menulis saja. Ada elemen-elemen lain yang ada dalam blog yang membantu menunjang kualitas blog. Bahkan juga demi menjaga kelangsungan blog itu sendiri. 

 Namun sebelum menuju inti artikel ini, kita perlu sama kan persepsi terkait soft skill dan hard skill. Skill adalah kemampuan, keahlian, keterampilan, kepiawaian, atau kecakapan dalam suatu hal. Kata skill sendiri berasal dari bahasa Inggris.

Sedangkan Soft skill adalah sebuah kemampuan personal yang dimiliki oleh seseorang agar dapat beradaptasi baik di lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan karakternya, kemampuan komunikasinya, dan kecerdasan sosialnya.

Sedangkan Hard skill adalah kemampuan spesifik yang harus bisa dicapai oleh seseorang yang bekerja atau concern pada suatu bidang. Contoh, jika orang tersebut bekerja sebagai blogger, maka orang tersebut harus terbiasa berlatih untuk menulis dengan lebih baik secara blogging misal dengan meng-upgrade skill menulis dengan konsep SEO agar artikelnya berada di halaman pencarian pertama Google.

Nah, apa saja skill yang harus dimiliki seorang blogger? Simak ulasannya berikut ini.

Skill Menulis

Kemampuan menulis adalah kemampuan dasar seorang blogger. Sejatinya, seorang blogger senang berbagi dan senang menulis. Untuk itu, blogger sudah pasti punya kemampuan merangkai kata yang oke. 

Mungkin gaya penulisan seorang blogger berbeda-beda dan tidak selalu harus formal. Tapi sebaiknya memiliki tujuan dan manfaat bagi yang membacanya. Baca juga: Ini Dia Contoh Blog untuk Pemula dan Cara Membuat Blog yang Menarik

Skill Mengedit dan Menata Tulisan

Tak hanya ada kemampuan menulis, blogger juga sebaiknya tahu kaidah tulisan yang benar. Karena adanya pengetahuan ini, ada baiknya blogger mengecek kembali tulisannya sehingga meminimalisir kesalahan atau error dalam tulisan. 

Misalnya salah dalam pengejaan, penuturan yang tidak efektif/bertele-tele atau mengecek kelengkapan tulisan. Mungkin ada yang berpikir, menulis di blog tak perlu struktur dan tak perlu sesuai EYD.

Pemikiran ini terasa sedikit abai pada pengunjung yang senang membaca, yang pasti lebih betah mendatangi blog yang enak dibaca. Tidak berarti tulisan bisa typo, bertele-tele atau tanpa kerangka. Menerapkan hal ini juga sekaligus memberantas rendahnya literasi digital masa kini. 

Skill Marketing

Meskipun mungkin awalnya blogger cuma menulis untuk personal saja, tapi salah satu kemampuan yang sebaiknya dimiliki blogger adalah kemampuan pemasaran atau marketing. Baca juga: Cara Membuat Blog di Hp dengan Platform Blogspot

Awalnya mungkin iya demi menaklukkan langkah awal sebagai penulis, blogger menulis untuk diri sendiri. Tapi langkah berikutnya adalah membuat orang lain mau membaca tulisan kita dan agar tulisan kita memberikan pengaruh bagi yang baca. Meskipun pengaruh ini bersifat secara tidak langsung 

Kemampuan marketing juga diperlukan apabila blogger ingin memonetisasi blognya. Sehingga blogger sedikit-sedikit harus tahu bagaimana mengangkat sebuah subjek sehingga menarik dan tidak perlu memakai metode hard selling. 

Skill Kreatif

Untuk menulis, butuh kreatifitas dalam merangkai kata-kata. Karena dalam membuat tulisan, tidak hanya tentang teknis, menjabarkan pengetahuan maupun menuturkan deskripsi. Justru butuh kemampuan untuk bisa membuat tulisan jadi menarik dibaca, baik dari storytelling atau mungkin humor. 

Bahkan secara keseluruhan, blogger tak hanya butuh tulisannya yang kreatif. Tapi juga dalam menciptakan kelengkapan artikel. Seperti desain grafis untuk blog (banner dan infografis), foto produk dalam artikel review, dan lebih melebar lagi, konten tulisan dan desain untuk media sosial. 

Skill Beradaptasi

Di masa digital ini, blogger dituntut serba bisa. Harus menguasai berbagai platform dengan karakteristiknya masing-masing. Jika tidak, maka eksistensi blogger mungkin tidak akan tahan lama. 

Untuk itu, seorang blogger sebaiknya selalu mau membuka mata dan memahami tren teknologi dan budaya yang sedang naik, tanpa melupakan karakter personalnya. 

Itulah tadi 5 kemampuan yang sebaiknya dimiliki seorang blogger. Selain kemampuan menulis, ada beberapa kemampuan yang bisa membuat blogger menjadi blogger yang lebih baik di setiap harinya terkait dunia blogging.

Bagaimana pendapat teman-teman? Adakah tambahan skill yang seharusnya dimiliki blogger? Nah itu dia ulasan tentang Manfaat Soft Skill yang Perlu Dimiliki Blogger untuk Menulis di Blog.

Artikel ini merupakan artikel guestpost dari Mbak Andina seorang ibu, digital creator dan juga blogger yang biasa menulis terkait gaya hidup dan dunia kreatif di www.sunglowmama.my.id. Sekian, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Manfaat Soft Skill dan Hard Skill yang Perlu Dimiliki Blogger"

  1. Dulu saya pikir menulis itu bakat dari lahir ternyata bisa diasah juga ya mbak asal punya kemampuan dan tekad yang kuat. Sudah 2 tahun saya menggeluti dunia kepenulisan dan Alhamdulillah makin melatih diri saya

    BalasHapus
  2. Wah makasih mbak ilmunyaaa, dulu yang terpikir olehku ketika mau bikin blog ya harus bisa nulis. Ternyata gak cuma itu tok ilmu yang harus dikuasai untuk jadi bloggerrr

    BalasHapus