Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Keuntungan Investasi Obligasi, Ini Dia Cara Menghitungnya!

Keuntungan Investasi Obligasi, Ini Dia Cara Menghitungnya!
https://unsplash.com/photos/LGYeTNMDev0

Keuntungan Investasi Obligasi

Saat ini banyak investor yang mulai tertarik dengan investasi obligasi karena keuntungan obligasi dinilai menggiurkan serta cocok untuk jangka waktu tertentu.

Pelajari Cara Menghitung Keuntungan Investasi Obligasi

Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah yang memuat perjanjian antara pihak penerbit, pembayaran bunga serta periode tertentu untuk melunasi utang sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Obligasi termasuk kedalam investasi modal fixed income yang yang bisa dihitung keuntungannya.

Cara Menghitung Keuntungan Obligasi

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam berinvestasi Anda harus memahami jenis investasi yang dipilih, menyusun strategi yang tepat, hingga cara menghitung keuntungan obligasi. Berikut ini merupakan beberapa patokan atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung keuntungan investasi obligasi, yaitu:

1. Capital Gain

Perhitungan keuntungan obligasi juga bisa dilihat melalui besar kecilnya capital gain. Capital gain sendiri merupakan keuntungan yang didapatkan saat melakukan transaksi di pasar sekunder. Artinya keuntungan yang didapatkan investor dari hasil menjual obligasi di pasar sekunder dengan nilai yang lebih tinggi. 

Misalnya, investasi surat berharga negara yang diambil investor sebesar 100 juta rupiah. Setelah itu obligasi dijual di pasar sekunder dengan nilai atau harga sebesar 102%.

Maka untuk mengetahui keuntungan obligasi nya yaitu dengan mencari tahu hasil nominal investasi yang dikalikan selisih dari persentase harga jual dan harga beli. Berarti, 100 juta rupiah dikalikan 2% maka capital gain yang didapatkan yaitu Rp2.000.000.

2. Kupon

Menghitung keuntungan obligasi yang cukup populer yaitu dengan menghitung kupon, karena kupon sendiri merupakan bentuk dari keuntungan obligasi. Kupon merupakan besaran bunga yang dibayarkan pihak penerbit pada investor dalam periode waktu tertentu sesuai yang dijanjikan.

Adapun periode obligasi termasuk surat berharga negara mempunyai periode pembayarannya sendiri, bisa dibayarkan dalam jangka waktu 6 bulan, setiap sebulan sekali, dan jangka waktu tertentu sesuai kebijakan.

Adapun contoh surat obligasi yang dibayarkan dalam jangka waktu 6 bulan yaitu seri FR atau fixed rate. Untuk menghitung keuntungan obligasi ini cukup mudah yaitu dengan mengalikan berapa banyak kupon yang dibeli dengan nilai nominal, dan dibagi 2 mengingat pembayarannya dalam setahun dilakukan dua kali. Setelah itu, hasilnya dikurangi pajak penghasilan sebesar 15%. Hasil akhirnya menjadi keuntungan yang diterima.

3. Current Yield

Yield merupakan hasil yang didapatkan dari investasi obligasi. Current Yield berarti imbal hasil yang didapatkan selama 1 tahun dengan menghitung kupon obligasi lalu dibagi harga obligasi. Obligasi pemerintah sendiri bisa diperdagangkan di pasar sekunder bukan hanya kupon tetapi harga yang terdiri dari harga par, diskon dan harga premium.

Harga par sendiri merupakan harga investasi obligasi yang sama seperti par atau = 100%, harga diskon merupakan harga yang dibawah nilai par yaitu <100%, sedangkan harga premium berarti lebih besar dari nilai par yaitu >100%.

Adapun cara menghitung keuntungan obligasi dengan current yield yaitu dengan membagi kupon ke harga beli obligasi misalnya harga belinya yaitu 98% dari nilai nominal dengan kupon 10% maka keuntungannya yaitu 10,2%.

4. Yield to Maturity

Menghitung keuntungan obligasi selanjutnya yaitu menggunakan rumus yield to maturity atau potensi keuntungan setiap tahun yang didapatkan dari kupon dengan selisih harga jika memegang obligasi sampai jatuh tempo.

Adapun rumus dari yield to maturity bisa menghitung beberapa faktor seperti harga beli obligasi nilai nominal dan tahun jatuh tempo. Pergerakan yield berbanding terbalik dengan gerak harga, dimana jika harga turun maka yield naik, dan begitu sebaliknya.

Investasi Obligasi di digibank by DBS Saja!


Keuntungan Investasi Obligasi, Ini Dia Cara Menghitungnya!
https://unsplash.com/photos/xezXEh_fIeU

Investasi obligasi ini memang menggiurkan dan dilihat dari perhitungannya pun keuntungannya cukup besar. Bagi Anda yang ingin mencoba investasi obligasi bisa melakukannya di digibank by DBS. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda rasakan melalui investasi di digibank by DBS.

Anda juga tak perlu khawatir terkait investasi ini karena sudah aman dan dijamin oleh pemerintah 100% pengembalian nilai pokok ketika jatuh tempo. Anda bisa mendapatkan keuntungan obligasi yang melalui kupon dan pendapatan tetap.

Anda juga bisa melakukan investasi obligasi menggunakan mata uang rupiah atau US Dollar dengan jangka waktu tertentu yaitu 5 sampai 50 tahun.

Ada banyak fitur investasi obligasi negara pasar sekunder di digibank by DBS yang memudahkan, beberapa diantaranya seperti berikut:

Pendapatan Tetap dari Pembayaran Kupon/Imbal hasil

Anda bisa mendapatkan keuntungan obligasi dari pendapatan tetap dari pembayaran kupon atau imbal hasil. Pendapatan melalui kupon atau imbal hasil ini mencapai 4,95% p.a dan cair setiap bulannya.

Praktis

Kemudahan investasi obligasi di digibank by DBS yaitu karena semuanya sudah terintegrasi dalam satu aplikasi sehingga sangat praktis. Anda bisa mendapatkan layanan 24 jam tanpa harus pergi ke kantor cabang.

Terjangkau

Bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan modal terbatas tak perlu khawatir karena ada investasi obligasi dengan pembelian minimal Rp1.000.000 saja dalam rupiah dan dalam dolar yaitu minimal 1000 USD. Anda juga akan mendapatkan kupon atau imbalan tetap. 

Bisa Diperjualbelikan Kapan Saja

Investasi obligasi bisa diperjualbelikan kapan saja sesuai dengan harga pasar. Adapun penjualan kembali bisa dilakukan sesudah melakukan settlement transaksi fakta bisa mendapatkan potensi keuntungan melalui capital gain.

Investasi rendah risiko & keuntungan lebih tinggi dari Deposito

Deposito biasanya dipilih masyarakat sebagai instrumen investasi karena dianggap aman. Namun, obligasi pemerintah atau obligasi negara juga tak kalah amannya. Belum lagi, potensi keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi dari deposito.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai keuntungan investasi obligasi. Ayo lakukan Investasi obligasi, melalui Aplikasi digibank by DBS saja! Download dan rasakan manfaatnya sekarang juga.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Keuntungan Investasi Obligasi, Ini Dia Cara Menghitungnya!"