Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

32 Tipe Kepribadian DISC Berdasarkan Tes Sidik Jari

32 Tipe Kepribadian DISC Berdasarkan Tes Sidik Jari
32 Tipe Kepribadian DISC Berdasarkan Tes Sidik Jari

32 Tipe Kepribadian DISC

Assalamu'alaikum anak Mama yang Sholih. Kali ini Mama akan bercerita tentang 32 tipe kepribadian DISC berdasarkan tes sidik jari yang sudah kita lalui.

Yup, jadi akhirnya setelah setahun yang lalu berencana untuk melakukan tes kepribadian secara genetik berdasarkan sidik jari dengan metode DISC. Akhirnya tahun ini terlaksana juga dan akan Mama ceritakan di surat cinta untuk Kafa yang ke 55.

32 Tipe Kepribadian DISC Berdasarkan Tes Sidik Jari

Singkat cerita, setelah Mama melakukan tes kepribadian online secara genetik, akhirnya Mama tahu siapa diri Mama dan juga template kepribadian Mama secara dasar. Hal ini kemudian membuat Mama berusaha untuk menjadi diri Mama dengan versi dasar dan jauh lebih baik dari sebelum Mama tahu apa karakteristik Mama.

Karena menurut Mama tes ini sangat bermanfaat bagi Mama. Akhirnya Mama pun berniat juga untuk mengetahui tes kepribadian Kafa dan ayah secara genetik berdasarkan metode DISC.

Metode DISC

Metode DISC adalah metode yang dapat mengantarkan kita pengetahuan tentang kepribadian seseorang berdasarkan sidik jari.

Mengapa di sebut DISC, karena dari 32 tipe kepribadian, pada metode ini, ada 4 kepribadian utama yang dapat dinilai sebagai kepribadian seseorang dan disingkat DISC.

DISC adalah Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Jika dikategorikan, orang-orang Dominance dan Compliance adalah orang-orang yang lebih sering menggunakan otak kiri. Sedangkan orang-orang dengan karakter Influence dan Steadiness adalah orang-orang yang sering menggunakan otak kanan secara genetik.

Sehingga orang Dominance biasanya cenderung dapat memimpin, dan tidak suka diatur. Sedangkan orang Compliance adalah orang yang sangat teliti menyukai ketertataan. Kemudian orang Influence adalah orang yang spontan dan random. Terakhir adalah orang Steadiness yang cenderung kerap merasa tidak enakan karena baik hati.

Biasanya tes kepribadian genetik dengan metode DISC ini diketahui untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan seseorang. Sehingga kita dapat mengoptimalkan potensi yang ada pada diri kita dan meminimalisir hal-hal yang mungkin tidak baik bagi kita namun menjadi karakter kita secara genetik.

Kepribadian Genetik Mama Steadiness-Compliance

Contoh seperti Mama, karakter Mama secara genetik adalah Steadiness-Compliance. Mama orangnya sangat tidak enakan dan sangat menyukai ketertataan.

Dari 32 tipe kepribadian DISC, karakter Mama secara genetik adalah: Akurat, Hati-Hati, Logis, Tepat, Perfeksionis, Rasional, Sistematis, Waspada, Diplomatis, Teratur, Pengendalian Diri, Dapat Diprediksi, Stabil, Santai, Dapat Diandalkan, Pendengar yang Baik, Rajin, Toleran, Tenang.

Karena Mama akhirnya tahu mengapa Mama sulit menolak karena merasa tidak enak hati. Maka perlahan Mama belajar menolak jika memang Mama tidak mau.

Sedangkan Mama pada sisi Compliance akan sangat merasa terganggu dengan jadwal yang berantakan atau rencana yang tidak semestinya.

Maka cara Mama menyikapi hal ini adalah dengan berusaha menerima keadaan. Karena yang bisa kita lakukan adalah berikhtiar, tetapi tetap ketentuan adalah milik Allah semata.

Proses Tes Karakteristik Secara Genetik dengan Sidik Jari

Nah, setelah mempertimbangkan tes kepribadian genetik dengan sidik jari di mana. Akhirnya Kafa dan Ayah mulai melakukan tes sidik jari. Caranya mudah, cukup dengan mengirimkan foto atau cap seluruh sidik jari ke penyedia jasa lalu hasil keluar dalam rentang waktu 5-7 hari.

Namun karena Kafa agak sulit mendapatkan hasil cap sidik jari yang sesuai. Akhirnya setelah di cap sidik jari, Mama dan Ayah memfoto jemari Kafa yang masih berwarna tinta biru untuk dikirim kepada penyedia jasa tes kepribadian secara genetik dengan sidik jari.

Si Duo Random

Hasilnya diluar dugaan sekali. Ayah kan orangnya baik ya, Mama kira Ayah adalah orang dengan kepribadian Steadiness secara genetik. Tetapi ternyata kepribadiannya secara genetik yang mendominasi adalah Dominance-Influence. Sedangkan kepribadian Kafa adalah Compliance-Influence.

Faktor Lingkungan dan Pola Asuh Sangat Berpengaruh

Artinya apa? Meskipun kita memiliki karakteristik kepribadian secara genetik, tetapi pola asuh dan lingkungan sangat memungkinkan mempengaruhi kepribadian kita di masa yang akan datang.

Seni Memahami Si Duo Random

Dari 32 tipe kepribadian, karena Kafa adalah Compliance-Influence, maka karakter Kafa secara genetik dari 32 tipe kepribadian DISC adalah: Akurat, Hati-Hati, Logis, Tepat, Perfeksionis, Rasional, Sistematis, Waspada, Diplomatis, Teratur, Pencetus, Ekspresif, Berkelompok, Optimis, Karismatik, Percaya Diri, Komunikatif, Bersahabat, Berpengaruh, Spontanitas.

Sedangkan karakter Ayah secara genetik dari 32 tipe kepribadian DISC adalah: Pencetus, Ekspresif, Berkelompok, Optimis, Karismatik, Percaya Diri, Komunikatif, Bersahabat, Berpengaruh, Spontanitas, Tegas, Kompetitif, Kuat, Agresif, Ingin Tahu, Berani, Kritis, Egosentris, Penggerak, Mendominasi.

Akhirnya dari sini Mama tau dan perlahan mencoba mentreat Ayah dan Kafa sebagaimana karakter kalian yang double random. Iya, karena kalian sama-sama Influence. Orangnya suka dengan spontanitas, random, fleksibel, dan cenderung tidak fokus karena suka tiba-tiba mendapatkan Ahha! moment yang berlawanan seperti Mama.

Akhirnya dari sini Mama juga tahu kenapa metode belajar Kafa cenderung lebih suka yang private ketimbang kelas dengan banyak orang. Karena ya tentu apalagi kalau bukan karena kalau banyak orang Kafa tidak fokus dan malah mengerjakan hal yang seharusnya tidak menjadi fokus Kafa. Ayah pun kurang lebih sama.

Mama dan Ayah juga akhirnya tahu bahwa cara menasihati Kafa jika ada kesalahan bukan langsung dengan obrolan to the point tetapi harus dengan mood yang menyenangkan, ada prakata dan latar belakang sebelum menuju intinya.

Tetapi sebaliknya, jika ingin menyuruh Kafa dan Ayah, Mama harus to the point karena kalian tidak fokus.

Bakat Si Duo Random

Kemudian dengan karakter kepribadian kalian berdua yang secara genetik ini, akhirnya Mama tahu bahwa Ayah memiliki bakat Interpersonal dan Visual Spasial. Sedangkan bakat Kafa adalah Verbal Linguistik (sama seperti Mama) dan Kecerdasan Logika Matematika.

Rekomendasi Profesi untuk Kafa

Dengan bakat ini, profesi yang memungkinkan dapat Kafa jadikan sebagai pekerjaan adalah pekerjaan yang membutuhkan kecakapan sebagai berikut:
  1. Investigate: Pekerjaan yang mengandalkan rasa ingin tahu tinggi, mau mencari, meneliti, dan menganalisa dan mendalami dengan cermat.
  2. Conventional: Pekerjaan yang memerlukan ketertiban, akurasi, struktur jelas, sistematis, dan instruksi yang jelas.
  3. Social: Pekerjaan yang memberikan pelayanan, kedermawanan, dan hubungan baik dengan relasi.
Karena Kafa memiliki karakteristik Compliance dari Mama, maka hasilnya pun kurang lebih sama seperti Mama. Tau tidak? Fakta uniknya, bahkan ada lho perusahaan yang mencari dan merekrut orang dengan karakteristik Compliance karena mereka adalah orang yang teliti dan ibaratnya hidup sesuai "SOP" ada standarnya dan tertata.

Rekomendasi Pekerjaan untuk Ayah

Sedangkan kepribadian Ayah, cocok bekerja dibidang pekerjaan yang membutuhkan kecakapan sebagai berikut:
  1. Artistic: Pekerjaan yang mengandalkan imajinasi, originalitas, intuisi, dan kreativitas.
  2. Enterprising: Pekerjaan yang mengambil banyak resiko, mempengaruhi orang lain, kompetisi dan keaktifan menyampaikan pandangan.
Artinya sebetulnya Ayah sudah cocok jika ia membuka usaha Kaira Furniture karena Ayah memiliki bakat Visual Spasial.

Namun di sisi lain, Ayah juga sudah cocok jika harus menjadi pemimpin seperti yang saat ini Ayah lakukan yaitu mengelola Yayasan Masjid al-Mahallie yang dirintis oleh Engkong. 

Tinggal pekerjaan mana yang saat ini sesuai dengan kondisi Ayah sekarang yang memungkinkan dapat dikerjakan.

Nah, itu dia Kafa kurang lebih yang bisa Mama sampaikan tentang 32 tipe kepribadian DISC berdasarkan tes sidik jari yang dilakukan oleh Ayah dan Kafa.

Kelak, jika Kafa tidak tahu harus berkarir dibidang apa dan atau Kafa merasa tidak memiliki bakat, Kafa harus membaca tulisan ini karena dari sinilah bakat dan karakter kepribadian genetik Kafa.

Sampai jumpa lagi di surat cinta yang akan datang ya nak. Semoga sehat selalu dan tumbuh menjadi anak yang sholih. Jadi muridnya Gus Baha, Kyai Tashim, Buya Husein, dan Habib Umar. We Love You.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "32 Tipe Kepribadian DISC Berdasarkan Tes Sidik Jari"