Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah
Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Toko Online Sendiri

Semenjak maraknya penjualan melalui toko online di era pandemi, maka tidak sedikit banyak penjual yang kemudian mencari cara membuat toko online sendiri dengan mudah. Apakah bisa? Tentu bisa dong!

Tips Membuat Website Bisnis di Indonesia

Cara membuat toko online sendiri dengan mudah ternyata bisa kita lakukan salah satunya melalui platform Blogspot dan Wordpress.

Jika ingin lebih terlihat kredibelitasnya, tambahkan modal sedikit untuk membeli domain khusus untuk pengguna Blogspot serta domain dan hosting untuk pengguna Worpress.

Apalagi jika teman-teman menggunakan Wordpress, toko online yang teman-teman buat secara mandiri akan nampak lebih cantik penampilannya dengan menginstal plugin Wordpress yaitu plugin toko online dan disempurnakan desainnya sesuai dengan performa yang diinginkan.

Selanjutnya kita bisa memasukan produk yang ingin dijual disertai dengan harga dan testimoni.

Jangan lupa untuk menginformasikan contact person agar pelanggan tahu harus menghubungi siapa ketika ada deskripsi produk yang kurang jelas ataupun ingin komplain karena ada ketidaksesuaian pada produk.

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah

Selain itu, yang perlu diperhatikan saat membuat toko online secara mandiri adalah dengan memastikan penamaan domain yang disesuaikan dengan produk maupun performa brand.

Domain adalah nama unik yang digunakan oleh pengelola website untuk suatu website yang berbasis alamat IP atau internet protokol. Namun agar mudah diingat, kita dapat membuat nama untuk alamat IP itu yang saat ini disebut sebagai domain. 

Pastikan juga untuk menggunakan domain id seperti belibaju.id untuk penjualan fashion atau sejenisnya apabila teman-teman menargetkan masyarakat di Indonesia sebagai target customer utama.

Dengan menggunakan domain dengan akhiran “id” maka pelanggan akan lebih percaya bahwa penjual dan produk yang akan dibelinya adalah produk yang berasal dari Indonesia sehingga mudah dilacak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

RNA

Jika teman-teman memiliki usaha lebih dari satu usaha, dan ingin membuat domain untuk setiap usahanya, jangan khawatir karena saat ini telah hadir reseller domain yang menyediakan program reseller domain untuk memberikan harga domain Indonesia yang terjangkau dengan pelayanan purna jual yang profesional yaitu RNA (Registrasi Neva Angkasa).

Pilihan domain yang dapat diorder di rna.id ada situs untuk website dengan akhiran web.id, situs untuk pondok pesantren dengan akhiran ponpes.id, situs populer dengan akhiran .id, situs perusahaan dengan akhiran co.id, dan situs untuk sekolah dengan akhiran sch.id.

Kelebihan Menjadi Reseller Domain RNA

Kelebihan membeli domain di RNA adalah tersedianya dashboard domain reseller RNA yang dirancang untuk kemudahan dan high availability saat pemesanan domain.

Selain itu, RNA mengklaim harga domain terjangkau dan transparan tanpa ada biaya tambahan melalui situs resminya yaitu rna.id.

Domain yang dibeli di RNA memiliki fasilitas API atau RESTful API yang dapat digunakan dengan mudah dan cept sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem.

Selain itu, tersedia juga addon WHMCS platform billing yang paling banyak digunakan pada bisnis web hosting dan domain.

Jadi tunggu apalagi, jika teman-teman adalah pengusaha yang memiliki banyak usaha, pegiat marketing online, developer website yang memiliki banyak klien, atau pun startup provider hosting, jika membutuhkan banyak domain untuk situs maupun toko onlinenya, segera registrasi di RNA dan dapatkan manfaat tambahannya dengan mendaftar sebagai reseller domain.

Nah, itu dia cara membuat toko online sendiri dengan mudah yang dapat teman-teman praktikan dari sekarang. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Mudah"

  1. Nah kebetulan kak lagi berselancar di google ketemu artikel ini. Disini saya berencana ingin membangun sebuah toko online dengan nama brand saya sendiri. Baiknya pake domain internasional (.com dan sejenisnya) atau mending pake domain ID ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domain .com lebih mudah proses pendaftarannya kak kalau saran saya

      Hapus