Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial
Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun

Siapa di sini yang masa kecilnya suka bermain monopoli? Monopoli adalah salah satu mainan kreatif anak 6 tahun ke atas yang paling terkenal di dunia dengan tujuan menguasai seluruh petak yang ada di atas papan melalui transaksi jual beli maupun penyewaan yang disederhanakan.

Cara memainkannya sangat mudah, minimal ada tiga orang untuk memainkan game ini yaitu satu orang sebagai banker dan dua orang selebihnya menjadi pemain. Setiap pemain mendapatkan giliran bermain dengan cara melemparkan dadu secara bergantian.

Pemain yang sedang mendapatkan gilirannya dapat membeli sepetak negara dan juga properti apabila petak tersebut belum dimiliki oleh pemilik lain. Nmun jika sudah dibeli, maka ketika ia berhenti di petak tersebut, maka ia diwajibkan untuk membayar uang sewa yang sudah ditetapkan.

Sepintas jika memainkan permainan ini, kita terlihat sedang bermain saja. Namun ternyata bermain monopoli merupakan salah satu mainan kreatif anak 6 tahun yang dapat digunakan untuk belajar literasi finansial lho!

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial

Apalagi sekarang tidak hanya bermain monopoli secara fisik atau mengharuskan kita pergi ke tempat tertentu misalnya seperti ke tempat bermain untuk memainkan wahana tertentu, kita pun dapat bermain permainan monopoli secara online.

Apalagi ternyata mainan kreatif anak 6 tahun untuk belajar literasi finansial bukan hanya monopoli, tetapi di Mortgage Calculator, kita dan si kecil bisa bermain beragam permainan untuk belajar literasi finansial sejak dini.

Mortgage Calculator

Berikut adalah beberapa permainan yang ada di Mortgage Calculator:

Jika anak-anak suka bermain dengan konsep jual beli properti atau membangun kota dengan lego, maka anak-anak bisa diarahkan bermain permainan Real Estate Game yang ada di Mortgage Calculator.

Money Games

Untuk anak-anak yang menyukai kegiatan berhitung seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, anak-anak bisa diarahkan bermain Money Games di Mortgage Calculator. Pada kategori Money Games, terdapat beberapa permainan yang bisa dimainkan si kecil sebagai mainan kreatif anak 6 tahun yaitu:

Cashier Simulator

Game ini merupakan mainan kreatif anak 6 tahun untuk belajar literasi finansial dengan cara mengoperasikan mesin kasir di toko kelontong dengan cara melayani pelanggan yang akan membayar item belanjaannya.

Pada game ini anak akan belajar penambahan, pengurangan, dan jumlah total uang belanja. Pada permainan Cashier Simulator, kita bisa bermain hingga 160 tahapan dan mendapatkan 3 bintang untuk setiap tahapannya.

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial
Cashier Simulator

Counting Money

Nah, permainan counting money ini cocok sekali untuk si kecil yang ingin berkenalan dengan mata uang dolar AS dan koin Amerika. Si kecil akan diminta untuk menghitung sejumlah uang dolar yang sudah ditentukan dan memasukan kombinasi uang pada kotak yang sudah disediakan sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.

Jika berhasil, si kecil akan mendapatkan mainan, namun jika salah, mainan yang telah ia dapatkan akan diambil kembali by sistem. Terdapat pula fitur hide maupun unhide untuk pemain yang ingin mengetahui apakah nominal yang ia masukan dalam kotak sudah sesuai atau belum.

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial
Counting Money

Cash Back

Sama seperti game di kategori Money Games lainnya, permainan Cash Back adalah mainan kreatif anak 6 tahun untuk belajar memberikan kembali yang benar kepada pelanggan dengan menggunakan uang kertas dan koin yang sudah disediakan. Game ini ada tingkatannya mulai dari mudah hingga sulit serta terbatas pada waktu yang telah ditentukan.

Beberapa permainan lain pada kategori Money Games ada Grocery Cashier, Treze Coins, Idle Money Tree, dan Supermarket Numbers

Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial
Idle Money Tree

Selain bermain Money Games dan Real Estate Game, anak juga dapat memainkan mainan kreatif anak 6 tahun lainnya untuk mengenal literasi finansial seperti Cryptocurrency Games, Farming Simulation Games, Grocery Store Games, Restaurant Simulation Games, Business Simulation Games, Software Development Games, Office Politics Games, Environmental Games.

Nah, itu dia ulasan tentang mainan kreatif anak 6 tahun untuk belajar literasi finansial yang bisa dilakukan secara online. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Mainan Kreatif Anak 6 Tahun untuk Belajar Literasi Finansial"