Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Trend Atap Ekspos: Atap Rumah Tanpa Plafon yang Fungsional

Trend Atap Ekspos: Atap Rumah Tanpa Plafon yang Fungsional

Berbicara tentang rumah impian, apakah teman-teman pernah mendengar tentang rumah dengan atap ekspos? Atap ekspos adalah rumah yang memiliki atap namun tidak dibatasi atau diberikan penutup plafon.

Desain ini difungsikan agar bagian bentuk atap tersebut terlihat dan menjadi sebuah seni tersendiri dalam desain interior rumah. Selain itu, dengan menggunakan atap ekspos, ruangan tampak lebih luas karena ketinggian atap rumah tidak batasi oleh plafon. Penggunaan atap ekspos ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kesan sempit pada sebuah ruangan.

Jenis Atap Rumah yang Tidak Panas untuk Dijadikan Atap Ekspos
Source: https://id.pinterest.com/pin/361625045093992958/

Keunggulan Penggunaan Desain Atap Ekspos

Atap ekspos juga dapat meminimalisir rumah menjadi sarang binatang vektor seperti tikus. Dengan desain rumah tanpa plafon, tikus dan binatang lainnya akan sulit untuk berkeliaran di dalam atap rumah karena tidak ada plafon.

Ketiadaan plafon di dalam rumah sebagai elemen pendukung atap tentunya akan meminimalisir budget pembangunan maupun renovasi rumah karena pemilik rumah tidak perlu bersusah payah menyediakan budget untuk pembuatan dan pemasangan plafon.

Apalagi jika plafon yang ingin digunakan merupakan plafon yang memiliki desain tertentu yang tentunya memakan budget lebih banyak daripada plafon biasanya. Desain atap ekspos pun dapat terlihat lebih estetik meski hanya tampak kerangkanya saja.

Unsur estetik lainnya yang dapat dieksplorasi pada penggunaan desain atap plafon adalah pencahayaan alami dari rangka atap ekspos yang dapat dijadikan sebagai ventilasi.

Jenis Atap Rumah yang Tidak Panas untuk Dijadikan Atap Ekspos
Rangka Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Selain untuk menghadirkan ruangan yang nampak luas, atap ekspos dapat membantu sirkulasi udara di dalam ruangan secara optimal tanpa atau pun dengan bantuan alat pendingin. Berbicara tentang suhu ruangan yang lebih sejuk pastinya berkaitan pula dengan jenis atap rumah yang tidak panas.

Salah satu jenis atap yang direkomendasikan dan dapat dijadikan material atap ekspos adalah atap BlueScope®️. Atap BlueScope®️ yang menggunakan material baja BlueScope Zacs® dengan beragam pilihan warna dan tekstur dengan daya tahan kuat, anti rayap, tahan karat, dan telah terjamin kualitasnya karena bergaransi 10 tahun untuk ketahanan karat dan 5 tahun untuk ketahanan warna. 

Selain itu, atap BlueScope®️ juga telah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Mulai dari mudah dibentuk dan dirakit, tahan karat dan korosi, serta tersedia dalam berbagai varian warna yang estetik. 

BlueScope Zacs Natural Coklat, Kong Djie Coffe Sungailiat Bangka

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pembuatan atap ekspos, yaitu rekomendasi konsep atap ekspos dari ahlinya sebelum pemasangan atap dimulai, material yang cocok dengan desain, serta cari tukang yang berpengalaman memasang atap ekspos.

Nah, itu dia ulasan tentang jenis atap rumah yang tidak panas dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan pembuatan atap ekspos. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman untuk menemukan produk baja ringan yang berkualitas untuk dijadikan bahan dasar pembuatan atap ekspos.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Trend Atap Ekspos: Atap Rumah Tanpa Plafon yang Fungsional"