Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis

Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis
Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis

Permainan Anak SD yang Mendidik

Sebentar lagi musim liburan sekolah telah tiba. Bagi sebagian keluarga, tentunya telah memiliki rencana untuk berlibur ke destinasi pilihan baik di dalam kota, luar kota, maupun manca negara. Namun tentu ada sebagian anak yang lebih senang mengisi liburannya dengan bermain game baik secara online maupun offline.

Agar keinginan orang tua maupun anak dapat tercapai di waktu liburan yang bersamaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh anak dan orang tua sebagai berikut:

Merencanakan Destinasi Pilihan Keluarga

Sebaiknya orang tua perlu membicarakan kepada anak jika saat libur sekolah berencana untuk liburan ke destinasi pilihan agar anak juga dapat memilih destinasi mana yang ia sukai. Apakah taman bermain, laut, camping, atau di rumah saja.

Baca juga: Tips Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga Berangkat dari Jakarta

Menyiapkan Kebutuhan Anak Saat Liburan

Jika destinasi pilihan telah ditentukan, pastikan untuk menyiapkan kebutuhan anak saat liburan agar nyaman selama perjalanan. Seperti pakaian, camilan kesukaannya, hingga mainan kreatif kesukaannya. Tentunya ketika sedang berpergian, kita tidak bisa membawa barang terlalu banyak. Sehingga harus memilih mana barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

Apalagi saat ini anak-anak sangat menyukai permainan game online. Tentu tidak sedikit orang tua yang khawatir akan game online. Namun pada faktanya, masih banyak pula permainan anak sd yang mendidik dan bisa diakses secara online secara cuma-cuma atau gratis. Salah satunya adalah Culinary Schools.

Culinary Schools

Culinary Schools merupakan game online gratis yang mendidik anak-anak melalui permainan yang menyenangkan dari berbagai sektor seperti makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, dan karier yang berhubungan dengan perhotelan. Game Culinary Schools menggunakan desain web HTML 5 sehingga dapat digunakan baik di gadget maupun di desktop.

Saya sendiri sudah mencoba permainan game online di Culinary Schools. Bahkan menurut saya, game ini tidak hanya untuk anak SD tetapi juga preschool karena anak saya yang berusia 5 tahun pun mengerti cara memainkannya.

Can I Eat It?

Pada kategori permainan di sektor makanan, saya mencoba memainkan permainan anak SD yang mendidik di Culinary Schools dengan judul Can I Eat It? bersama anak saya. Berikut adalah tampilannya:

Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis
Can I Eat It?
Pada permainan Can I Eat It? Ada 10 pertanyaan untuk pemain mana saja benda yang boleh dimakan atau tidak. Jika tidak boleh dimakan seperti ranting, gunting, kaos kaki maka pilihannya adalah dengan mengklik pilihan NO. Namun jika benda yang ditampilkan adalah makanan seperti ice cream, coklat dan sejenisnya, maka pilihannya adalah YES untuk mencapai best score.

Bunnicula's Kaotic Kitchen

Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis
Bunnicula's Kaotic Kitchen
Pada kategori permainan dibidang seni kuliner, saya dan anak saya mencoba permainan Bunnicula's Kaotic Kitchen. Game ini mengajarkan pemain untuk membuat olahan masakan dari bahan-bahan yang sehat. Jika berhasil maka masakan pun terolah dengan sempurna.

Masih banyak permainan anak sd yang mendidik lainnya yang dapat ditemukan di Culinary Schools dengan berbagai kategori seperti Recycling Games, game tentang perkebunan, bisnis dan lainnya yang tentu sangat edukatif dan membuat anak kita nyaman selama perjalanan liburan sekolah. Nah, itu dia ulasan tentang permainan anak sd yang mendidik. Sekian, semoga bermanfaat.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Permainan Anak SD yang Mendidik dan Bisa Diakses Online Secara Gratis"