Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia
Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Assalamu'alaikum anak Mama, kali ini Mama akan bercerita tentang perkembangan anak usia 5 tahun di surat cinta untuk Kafabillah yang ke-61. Saat ini usia Kafa genap 5 tahun 7 bulan ketika Mama menulis cerita ini.

Stimulasi Anak Usia 5-6 Tahun

Berdasarkan buku Kesehatan Ibu dan Anak, ada 14 stimulasi yang sudah bisa dilakukan sejak anak berusia 5-6 tahun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengenal nama, fungsi, benda-benda
2. Bacakan buku, tanya jawab, dan bercerita (termasuk menceritakan pengalaman dan perasaannya)
3. Menonton TV didampingi maksimal 1jam dan mengajari anak menyanyi
4. Cuci tangan, cebok, bisa berpakaian dan merapikan mainan secara mandiri

5. Makan dengan sendok garpu dan bermain masak-masakan
6. Menggunting, menempel dan menjahit (prakarya)
7. Menyusun balok, memasang puzzle, menggambar, mewarna dan menulis nama
8. Mengingat, menghafal, mengerti aturan, dan urutan

9. Membandingkan besar kecil, banyak sedikit
10. Menghitung konsep satu dan setengah
11. Mengenal angka, huruf, simbol, jam, hari, dan tanggal

12. Melempar, menangkap, berlari, dan melompat
13. Memanjat, merayap, sepeda roda 3 dan bermain ayunan
14. Berjualan, bertukang, dan mengukur

Selain itu, orang tua juga dianjurkan untuk mengecek gigi anak secara berkala 3-6 bulan sekali ke fasilitas kesehatan terdekat dan rutin mengingatkan anak untuk menyikat gigi karena gigi susu biasanya sudah tumbuh 20 buah, 2 gigi geraham tetap, dan gigi rahang bawah pertama kiri dan anak.

Menjaga kesehatan lingkungan anak dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Serta memenuhi asupan gizi anak dengan makanan keluarga yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, minyak, sayur dan buah.

Tentu dari ke-14 stimulasi tersebut belum semuanya terpenuhi tetapi alhamdulillah untuk Kafa yang perlu dilatih lagi adalah cebok dan berpakaian sendiri, nomor 6, nomor 7, mengenal simbol, jam, hari dan tanggal, bermain sepeda roda 3 serta nomor 14. Tetapi insya Allah Mama yakin Kafa bisa mencapai tahapan stimulasi ini dengan optimal sesuai dengan usia Kafa.

Tentunya stimulasi yang telah terlampaui juga tidak terlepas karena adanya pendidikan karakter dan adanya upaya mama dan ayah untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk Kafa. Alhamdulillah tempat belajarnya pun dekat dengan rumah. Untuk urusan mengaji, alhamdulillah Kafa sudah mengaji sampai huruf fa belajar bersama ayah dan mama.

Namun ada satu kerisauan Mama dan ayah saat ini yaitu jam tidur Kafa yang masih terbalik. Bangun pagi masih di sekitar jam 10 pagi dan tidur malam paling cepat jam 12 malam, seringnya malah menjelang atau setelah shubuh baru bisa tidur.

Ini pula yang menjadi kekhawatiran guru Kafa di tempat bimbel mengingat sebentar lagi Kafa persiapan masuk SD yang harus dilatih sejak saat ini agar ketika waktunya tiba Kafa siap. Masa iya nanti masuk SD nya telat terus? Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini juga sudah banyak homeschooling dimulai dari tingkat PAUD/TK hingga jenjang SMA.

Homeschooling Terbaik di Indonesia

Kafa memang sudah Mama persiapkan untuk masuk SD di dekat rumah, tetapi jika plan A tidak memungkinkan, plan B yang memungkinkan Mama lakukan adalah dengan mendaftarkan Kafa untuk homeschooling jika memang waktu tidur Kafa masih belum bisa mengikuti jam normal beraktivitas yang seharusnya.

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia
Alta School

Alta School

Setelah searching di beberapa situs, Mama menemukan Alta School yaitu sekolah online atau homeschooling terbaik di Indonesia dengan metode blended learning dengan konsep live teaching interaktif dan aktivitas mandiri yang setara dengan sekolah konvensional. Alta School dapat menjadi sekolah utama dan/atau sekolah pendamping dengan waktu belajar yang fleksibel.

Keunggulan dan Fasilitas Alta School

Alasan Mama mempertimbangkan Alta School sebagai sekolah utama atau sekolah pendamping untuk Kafa kelak adalah Alta School memiliki 7 fasilitas yang menguntungkan untuk anak-anak seperti Kafa:

Live Teaching Interaktif

Jika nanti Kafa belajar di Alta School, Kafa bisa belajar online tatap muka secara interaktif dengan 5-6 kali pertemuan tiap minggu. Durasi belajar 40 s.d 60 menit.

Home-based Project

Alta School menggunakan metode blended learning antara online live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen offline yang seru sesuai minat, bakat, serta kegemaran anak.

Modul dan Learning Kit

Modul digital yang berisi materi belajar untuk homeschooling di setiap jenjang pendidikan. Selain itu, sarana penunjang kegiatan belajar yang dikirim langsung ke rumah siswa secara berkala.

Aktivitas Mandiri (Self Assesment)

Alta School memiliki kelas yang berisi materi yang sudah dipersonalisasi sesuai dengan kemampuan belajar anak.

Pendidikan Karakter

Sesi mindfulness dan konseling untuk membangun kecerdasan sosial-emosional siswa yang mengikuti homeschooling di Alta School.

Laporan Pembelajaran

Orang tua dapat melihat perkembangan hasil belajar dalam satu bulan dan diberikan rapor semester secara terjadwal.

Biaya Terjangkau

Mengingat persiapan ini Mama rencanakan untuk Kafa ketika memasuki SD, maka Mama juga sejak saat ini sudah bisa mulai mempersiapkan dananya karena biaya masuk di Alta School dapat dilihat di situs resminya. Apalagi di Alta School termasuk terjangkau untuk biaya sekolah SD nya sebagai berikut:
Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia
Biaya Belajar yang Terjangkau di Alta School

Nah, mungkin cerita Mama tentang perkembangan anak usia 5 tahun berdasarkan pengalaman Kafa cukup sekian dulu. Nanti akan Mama sambung lagi di cerita yang akan datang. Untuk parents yang juga sedang mencari homeschooling terbaik di Indonesia dan bertemu dengan ulasan ini, semoga ulasan ini bermanfaat ya.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perkembangan Anak Usia 5 Tahun dan Kaitannya dengan Homeschooling Terbaik di Indonesia"