Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Stimulasi pada Masa Golden Age Anak 0-5 Tahun

Stimulasi pada Masa Golden Age Anak 0-5 Tahun
Stimulasi pada Masa Golden Age Anak 0-5 Tahun

Stimulasi pada Masa Golden Age Anak 0-5 Tahun

Kali ini Mama tidak bisa tidur dan ingin menulis surat cinta untuk Kafa yang ke-59. Masya Allah, gak kerasa, akhirnya 3 hari lagi masa golden age Kafa berakhir tepat di usia Kafa yang genap 5 tahun. Rasanya stimulasi pada masa golden age anak 0-5 tahun yang harus Mama lakukan masih banyak kurangnya. Mohon dimaafkan ya nak.

Surat Cinta untuk Kafabillah ke-59

Stimulasi adalah aktivitas yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar seseorang yang terdiri dari perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial serta panca indera dan respon tubuh untuk mendukung tumbuh kembang anak mencapai potensi optimalnya.

Stimulasi Pertama

Stimulasi pada masa golden age yang pertama dimulai dari hari pertama Kafa lahir ke dunia. Masya Allah rasanya masih terngiang-ngiang walau sudah berlalu bertahun-tahun. 

Stimulasi pada masa golden age yang pertama berdasarkan buku kesehatan ibu dan anak (KIA) ada 5 yaitu memperhatikan tanda-tanda bayi baru lahir sehat, pelayanan esensial pada bayi baru lahir sehat oleh tenaga kesehatan, perawatan bayi baru lahir, dan pelayanan kesehatan pada bayi baru lahir serta tanda bahaya pada bayi baru lahir.

Mama ingat sekali beberapa stimulus pada masa golden age yang dilakukan ditahapan ini adalah melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan memberikan ASI. Bayi juga harus dalam keadaan hangat dan dirawat tali pusarnya.

Mama ingat sekali kala itu tali pusar Kafa sempat mengalami permasalahan sehingga harus kontrol ke DSA. Alhamdulillah setelah dirawat jalan, hingga saat ini pusar Kafa sudah tidak mengalami permasalahan lagi. Sehat selalu ya nak.

Stimulasi pada masa golden age di tahapan ini masih seputar pemberian ASI eksklusif dilanjutkan dengan MPASI. Alhamdulillah Kafa genap ASI 2 tahun 1 bulan. Imunisasi Kafa juga lengkap. Stimulasi lainnya adalah Kafa senantiasa dipeluk dan ditimang dengan penuh kasih sayang.

Dipersiapkan mainan yang beragam sesuai dengan usia dan perkembangannya. Serta diajak bicara dan senantiasa diperdengarkan musik atau bacaan al-Qur'an. Saat waktunya menelungkup dan duduk, Kafa bisa menelungkup juga duduk di usianya, dan berjalan di usia 1 tahun.

Stimulasi Kedua

Setelah di stimulasi pada masa golden age kedua yaitu usia 1-2 tahun, Kafa sudah bisa menaiki anak tangga dan berlari, mencoret-coret pensil pada kertas, memegang cangkir sendiri dan belajar makan minum secara mandiri. 

Stimulasi Ketiga dan Keempat

Saat stimulasi pada masa golden age yang ketiga di usia 2-3 tahun dan keempat di usia 3-4 tahun, Ayah dan Mama mulai berlari mengejar keterlambatan terutama pada proses bicara Kafa. Di usia Kafa 2.5 tahun, kami memasukkan Kafa ke sekolah khusus untuk menstimulus perkembangan bicara selama 1 bulan. Kemudian berlanjut mengundang guru bermain private selama 1 bulan.

Setelahnya, Kafa kami masukan ke dalam kelompok bermain untuk menstimulus perkembangan sosialnya hampir kurang lebih 2 tahun. Saat itu, perkembangan Kafa adalah sudah bisa bicara dengan baik menggunakan 2 kata, mengenal 2-4 warna, bermain dengan teman, dan berdiri di atas satu kaki tanpa berpegangan.

Mengejar banyak keterlambatan di masa ini, alhamdulillah setidaknya masih bisa kami penuhi hak Kafa untuk dapat terstimulus meski agak terlambat. Hal-hal yang sebelumnya mungkin belum bisa Kafa lakukan di masa stimulus pertama dan kedua akhirnya terlampaui.

Stimulasi Kelima

Setelah memasukkan Kafa di kelompok bermain, kami akhirnya memutuskan Kafa untuk berhenti sejenak dari PAUD dan memfasilitasinya di tempat bimbingan belajar calistung hingga saat ini di usia kafa 4-5 tahun sehingga saat ini Kafa sudah bisa berhitung 1-20 dan menulis huruf alfabet.

Kami juga melakukan tes karakteristik untuk Kafa agar dapat mengarahkan minat dan bakatnya secara genetik serta mengetahui metode belajar yang tepat untuk Kafa.

Berdasarkan buku KIA, apabila diberikan stimulus pada masa golden age 4-5 tahun, ada 10 hal yang bisa anak lakukan. Jika pada usia 5 tahun anak belum bisa melakukan minimal 1 dari 10 hal tersebut, anak dianjurkan untuk dibawa ke tenaga kesehatan.

Alhamdulillah, di usia Kafa yang sebentar lagi 5 tahun, Kafa sudah bisa melompat, berjalan lurus dan menari. Kafa juga sudah bisa menggambar orang 6 bagian, menggambar tanda silang dan lingkaran. Kafa juga bisa menangkap bola kecil dengan kedua tangan dan menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang benar.

Selain itu, Kafa juga sudah bisa menyebut angka, bicaranya mudah dimengerti, dan menggosok gigi tanpa bantuan. Kafa juga sudah bisa mengaji iqro' sampai huruf Ro'. Yang paling agak bikin Mama sedih karena waktu berlalu begitu cepat, biasanya Kafa kami ajak kemana-mana.

Tapi beberapa waktu lalu Kafa sudah memilih ditinggal di rumah dan tidak takut keluar rumah walau saat ditinggal sempat menangis karena bermain dengan saudaranya, tetapi ia tidak kapok dan malah bercerita dengan antusias tentang pengalamannya ini. Hiks, waktu benar-benar cepat berlalu.

Nah, mungkin baru itu saja yang bisa Mama tulis kali ini tentang stimulasi pada masa golden age anak 0-5 tahun. Stimulasinya sangat beragam, tetapi tidak perlu jauh-jauh, di rumah pun tetap bisa terstimulasi asal niat, huhu (menangisi diri sendiri). Tumbuh sholih ya nak. Mohon maafkan Mama lahir batin.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Stimulasi pada Masa Golden Age Anak 0-5 Tahun"