Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Bimbel Calistung Terdekat untuk Anak Usia Dini di Jakarta Barat

Bimbel Calistung Terdekat untuk Anak Usia Dini di Jakarta Barat
Bimbel Calistung Terdekat untuk Anak Usia Dini di Jakarta Barat

Bimbel Calistung Terdekat

Alhamdulillah, tidak terasa akhirnya surat cinta untuk Kafabillah yang ke-57 akhirnya rilis juga. Di bulan ini Mama ingin bercerita tentang perkembangan baca tulis Kafa yang sudah satu bulan ikut les di tempat bimbel calistung terdekat dari rumah.

Surat Cinta untuk Kafabillah Ke-57

Mungkin bagi sebagian orang mengajak anak untuk belajar calistung atau baca tulis menghitung sejak usia 2 tahunan itu terlalu dini. Tetapi bagi sebagian yang lain tidak. Memang jika melihat terlalu banyak sudut pandang akan melelahkan. Padahal kita dan anak kita mungkin lebih paham apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Terapi Wicara

Seperti kondisi Kafa saat ini. Sejak usia 2.5 tahun Kafa sudah Mama "sekolahkan" untuk terapi wicara karena kosakata yang digunakan masih sedikit dan belum lancar bicaranya. Tidak lama, Kafa bersekolah di Yayasan tersebut hanya satu bulan dengan biaya yang tidak sedikit, sekitar 1,8 juta rupiah untuk biaya bulanannya dan Rp 750.000 untuk biaya registrasi.

Kemudian setelah cukup ada progres, namun masih terbata, Kafa Mama berikan guru les mahasiswi akhir jurusan Psikologi Universitas Mulawarman. Tidak lama juga, hanya sekitar 2 minggu lalu kami kembali ke Jakarta. Biaya yang Mama keluarkan saat itu jika tidak salah Rp 500.000,- untuk 12 kali pertemuan.

Akhirnya di Jakarta, Kafa Mama masukan ke TK yang jaraknya masih terbilang dapat dijangkau tidak terlalu jauh dari rumah. TK ini direkomendasikan oleh salah seorang murid Engkong.

Biaya pendaftarannya RP 100.000,- dan biaya mingguannya sebesar Rp 15.000,- serta ada biaya tambahan seperti baju seragam dan keperluan administrasi lainnya seperti raport dan sejenisnya.

Kelompok Bermain

Di TK tersebut Kafa masuk kelas A kecil awalnya. Namun karena perkembangan Kafa belum ditahap kelas tersebut, akhirnya Kafa dimasukan ke dalam kelas Kelompok Bermain. Mama tidak masalah karena memang yang Mama harapkan bukan kecerdasan akademik sudah bisa baca tulis hitung di usia Kafa saat itu.

Bukan. Tetapi yang Mama harapkan Kafa dapat bersosialisasi dengan teman seumuran. Sehingga kosakatanya bertambah dan ada hal lain yang bisa Kafa lakukan selain bermain gadget. Namun karena saat itu masih pandemi, akhirnya pembelajaran pun dilakukan secara daring.

Jika kasus menurun, kegiatan luring dibuka kembali. Namun jika kasus Covid meningkat, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan secara daring. Kafa juga sering tidak masuk sekolah karena Mama dan Ayah masih harus berpergian dari satu kota ke kota lain.

Cukup lama Kafa di TK tersebut, tetapi akhirnya sembari memantau perkembangan Kafa dan peningkatan proses pembelajaran Kafa, sambil menguji karakter genetik Kafa untuk mengetahui karakteristik Kafa seperti apa secara genetik,

akhirnya Mama memutuskan untuk memindahkan Kafa untuk berhenti dari TK tersebut dan melanjutkan pembelajaran di tempat yang baru yaitu bimbel calistung terdekat dari rumah.

Saat itu usia Kafa sudah 4,5 tahun tetapi ketika belajar di Kelompok Bermain, tidak semua aktivitas dapat Kafa ikuti dengan baik. Bukannya mengikuti instruksi guru, Kafa malah berlarian di kelas. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut mengganggu dan bagi sebagian yang lain memaklumi karena masih kecil.

Tetapi Mama tidak melihat seperti itu. Yang Mama lihat ada yang seharusnya diperbaiki dari kegiatan yang berpola dan berulang seperti yang Kafa lakukan saat itu. Masa iya setiap masuk sekolah hanya berlarian?

Tes Karakter Secara Genetik

Akhirnya setelah Mama menguji karakter Kafa secara genetik, diketahui metode belajar Kafa adalah metode dengan kelas kecil karena Kafa mudah terdistraksi dengan karakter influence Kafa sangat mudah beraktivitas spontan tidak sesuai aturan.


Dengan pembelajaran kelas kecil, maka Kafa bisa lebih fokus karena tentu pengajar juga tidak menghandle banyak anak seperti yang Kafa alami saat terapi wicara, yang mana satu terapis menghandle satu anak.

Bimbel Calistung Terdekat untuk Anak Usia Dini di Jakarta Barat

Alhamdulillah, setelah ngobrol bareng tetangga dekat rumah, bak gayung bersambut, ternyata tetangga merekomendasikan Mama untuk memasukkan Kafa ke bimbel calistung terdekat dari rumah. Memang bimbel atau bimbingan belajar tersebut tidak memasang plang dan berlokasi di rumah tinggal pemilik bimbel.

Namun, usut punya usut, pemilik bimbel adalah salah satu guru yang pernah mengajar di sekolah dekat rumah selama 20 tahun setelah sebelumnya berprofesi sebagai perawat. 

Anak-anak yang bimbel calistung di sana rata-rata adalah anak yang sekolah di sekolahan dekat rumah. Ada pula yang rumahnya jauh tetapi rela mengantar anaknya bimbel di sana karena testimoni dari wali murid yang juga saudaranya.

Di sana menerima peserta didik sejak usia 2 tahun hingga kelas 6 sd. Jam belajarnya pun mulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Di  bimbel calistung terdekat ini, ada biaya pendaftaran, biaya alat tulis, dan biaya bulanan.

Sehingga ketika anak belajar, anak tidak perlu membawa alat tulis karena sudah disediakan di tempat bimbel. Jadi selama Kafa belajar seringnya hanya membawa air minum dan masker.

Kalau Kafa bangun telat pun Mama tidak khawatir karena jam operasionalnya panjang, sehingga ketika Kafa bangun pagi atau bangun siang, Kafa tetap bisa berangkat sekolah. Selain itu jaraknya juga dekat dari rumah. Ketika waktunya dijemput, pengajar akan menginformasikan melalui Whatsapp, jadi Ayah bisa langsung menjemput Kafa.

Karena tetangga, jadi Kafa juga mendapatkan trial class selama seminggu. Selama seminggu di sana Kafa hanya bermain lego, dan jika ada keinginan menulis baru pengajar akan memberikan Kafa kesempatan untuk menulis.

Biayanya bagi sebagian orang mungkin mahal. Tapi bagi sebagian lainnya mungkin murah dengan kualitas yang bisa dibuktikan. Seperti Kafa saat ini, baru belajar satu bulan di sana, Kafa sudah mau mulai menulis angka 0, 1, 2, hingga 4. Padahal di TK sebelumnya Kafa sudah ada hitungan tahun tetapi progresnya tidak secepat ini.

Biaya yang Mama keluarkan untuk bimbel di sini ada biaya pendaftaran Rp 400.000, biaya alat tulis Rp 400.000,- dan biaya bulanan sebesar Rp 500.000,- . Lokasi bimbel calistung terdekat ini sangat dekat dengan Masjid al-Mahallie.

Semoga Kafa kerasan dan senang belajar di sana dan bisa baca tulis hitung sesuai dengan perkembangannya. Sehingga ketika waktunya masuk SD tiba, Kafa sudah bisa masuk SD dengan mudah. Semangat belajar ya anak Mama sholih muridnya Gus Baha', KH. Tashim, Habib Umar. We Love You.
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bimbel Calistung Terdekat untuk Anak Usia Dini di Jakarta Barat"