-->

Tips Menyiram Tanaman Hias Dengan Karakter Daun Lebar

 Tips Menyiram Tanaman Hias Dengan Karakter Daun Lebar

Bagi kalian yang baru saja membeli tanaman hias, selamat, sekarang perjalanan kalian baru dimulai. Saat pertama kali membeli tanaman, artinya kita berkomitmen untuk merawat tanaman tersebut agar tetap memberikan kesan cantik dan segar ketika diletakan di area rumah atau area tinggal kita.

 

Menyiram Tanaman Hias

Sumber Foto : https://daisan.co.id/

Berbicara tentang merawat, ternyata tanaman tidak bisa hanya disiram secara rutin. Apalagi untuk tanaman-tanaman tertentu, sebut saja salah satu tanaman yang seadng viral belakangan ini, yaitu tanaman berdaun lebar seperti Monstera.

Bahkan agar kalian tau, Monstera sendiri memiliki banyak tanaman. Berbeda jenis Monstera berbeda perawatannya. Salah satunya adalah Monstera Variegata, Tanaman ini memiliki gradasi warna pada daunnya, seperti corak putih, krem atau hijau.

Dalam proses perawatannya, peletakkan dan penyiraman Monstera variegata berbeda dengan tanaman hias dari genus yang sama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahuinya, terlebih bagi kamu yang baru memelihara monstera variegata dan belum tau bagaimana merawatnya dengan baik dan benar.

Perawatan dan Penyiraman Tanaman Hias Daun Lebar, Monstera Variegata

Bagi kalian yang baru saja memiliki tanaman hias Monstera Variegata, ternyata ada trik tertentu lo. Apalagi jika tanaman tersebut benar-benar fresh baru dipetik untuk di budidayakan ulang.

Monstera variegata yang baru ditanam di teras, tapi tidak perlu mendapat sinar matahari langsung. Mengingat tanaman ini masih beradaptasi, dikhawatirkan dengan terpapar sinar matahari langsung, dia mengalami kehilangan nutrisi.

Saat Monstera variegata sudah sehat dan subur, kita bisa mulai membiarkan terpapar sinar matahari. Tapi jangan terlalu sering, kita bisa menjadwalkan selama beberapa hari terkena sinar matahari langsung, dan beberapa hari tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika hendak diletakan dalam rumah, pastikan tanaman Monstera diletakan bersamaan dengan media tanam. Lakukan rotasi agar pertumbuhannya optimal dan warna hijaunya tetap segar dan cantik. Rotasi yang dimaksud adalah meletakkan Monstera variegata selama tiga hari di dalam rumah dan tiga hari di teras. Lakukan hal tersebut secara berlanjut.

Untuk melakukan penyiraman, jangan terlalu sering, lakukan penyiraman selama 3 hari sekali. Tujuannya agar tanaman ini tidak terlalu bergantung dengan jumlah cairan yang dikonsumsinya selama berkembang. Anda juga bisa menambahkan Vitamin B1 untuk tanaman kedalam air penyiraman sebanyak satu kali setiap satu minggu.

Vitamin B1 bisa menjaga warna agar tetap hijau segar. Dan jika anda hendak meletakkan Monstera variegata di ruangan ber-AC, jangan lupa untuk tetap melakukan rotasi selama 3 hari sekali agar tanaman ini mendapat udara segar yang cukup. 

Untuk tanaman berdaun lebar, perawatan yang intensitas dari pemilik dapat membantu menjaga kesegaran tanaman, dengan begitu kita tetap memiliki hiasan yang memanjakan mata. Sebelum memilih tanaman, ada baiknya anda mengenali karakteristik dan bagaimana cara merawat tanaman tersebut, diskusikan dengan para ahli atau penjual tanaman yang lebih paham.

 

Karimah Iffia Rahman
Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. wah, keknya aku harus share ke kakak nih, yang doyan berkebun ngikutin zaman, hihi..

    BalasHapus
  2. Haha jadi Inget monstera punya ibuku, baru ditanam eh ga sengaja kena matahari langsung, dan berakhir dengan daun yang mengkerut hiks.. Butuh waktu seminggu untuk mengembalikan keelokan daunnya. Nyesek ya haha

    BalasHapus
  3. waduuh, aku doyan berkebun gegara pandemi ini sih hehe. Meskipun anak biologi tapi kalau soal sama tumbuhan dan hewan babay deeh, mending disuruh ngurusin hewan, virus, atau bakteri dahh hehehe

    BalasHapus
  4. Wah ternyata tanaman ini lumayan butuh perhatian ekstra ya, aku suka menikmati keindahan tanaman tapi belum begitu telaten soal merawatnya. hihi

    BalasHapus
  5. saya punya monstera besar di tanam di kebun, eh udah cerita belum ya? hihihi. ya pokonya itu monstera udah ada sejak jaman dulu deh, ibu yang tanam. suatu malam tiba - tiba ngilang dong, sama akar - akarnya. sedikit lucu tapi kesel! soalnya bukan hanya karena itu tanaman lagi hype, tapi itu tanaman penuh kenangan, hiks!!!

    BalasHapus
  6. aku suka monstera soalnya bagus secara estetika

    BalasHapus
  7. Sekarang udah turun ya keknya harga monstera ya kak? Kmrn2 sempet booming hits dan mahal tuhh

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu soal ini. Biasanya asal siram aja

    BalasHapus
  9. Ada juga ya tipsnya, biasanya kalo aku mah asal siram aja😂

    BalasHapus
  10. Nah, bener banget ni ibu kaffa, gak hanya sekedar membeli tapi juga merawatnya. Susah-susah gampang lo ternyata merawat tanaman itu ya...

    Sampai saat ini aku masih cinta dengan sirih gading sih ibu kaffa, selain bagus adem dan menurutku termasuk mudah dalam perawatan dan pembibitan. Kebanyakan dirumah adanya itu, yang tanaman kekinian pun pernah aku beli, tapi gak lama bertahannya, eeee mati sudah,wkwkw. Kapok sudah

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang bijak dan tidak menyisipkan link apapun ke dalam komentar karena dianggap spam. Terima kasih, ditunggu kembali kunjungannya :)

Subscribe Our Newsletter