Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks MC Pengumuman Salat Idul Fitri

teks mc sholat idul fitri
Contoh Teks MC Pengumuman Salat Idul Fitri

Dibaca Sebelum Salat Idul Fitri

Alhamdulillah, tahun ini meski masih di tengah pandemi, kita masih bisa bertemu bulan suci Ramadan dan melaksanakan kewajiban berpuasa di setiap harinya. Tentu seiring berjalannya waktu, bulan Ramadan akan usai dan digantikan dengan hadirnya suasana berlebaran yaitu bulan Syawal.

Baca juga: Contoh Teks MC Pengumuman Salat Tarawih

Salah satu penanda kehadiran bulan Syawal adalah dengan adanya salat idul fitri. Nah, oleh sebab itu, kali ini saya akan berbagi contoh teks mc salat idul fitri yang biasa dibacakan di masjid al-Mahallie mengingat kali ini tentu ada beberapa protokol solat idul fitri yang perlu dilakukan. Berikut contoh teks tersebut:

Mukadimah MC Salat Idul Fitri

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Laa ila ha illallah. Huwa-llahu akbar. Allahu akbar, walillahilhamd.

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wassholatu wassalamu ‘ala asyrofil an-biyai wal mursalin. Sayyidina wa maulana Muhammadin, shollallahu ‘alaihi wasallim ajma’in, amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga kita bisa melaksanakan salat idul fitri berjama’ah di Masjid al-Mahallie yang penuh barokah ini. Kedua, salawat dan salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kelak kita nantikan syafaatnya di akhirat kelak.

Yang terhormat kepada tetua dan tokoh masyarakat di lingkungan Masjid al-Mahallie, ketua rt dan rw setempat serta ketua Masjid al-Mahallie (sebut nama) beserta jajaran pengurus masjid dan bapak Ibu jama’ah salat idul fitri berjama’ah yang dimuliakan oleh Allah SWT, pada kesempatan kali ini, saya selaku MC (master of ceremony) salat idul fitri di Masjid al-Mahallie ingin menyampaikan beberapa hal:

Alhamdulillah, tahun ini meski masih di tengah pandemi, kita masih bisa bertemu bulan suci Ramadan dan melaksanakan kewajiban berpuasa di setiap harinya. Tentu seiring berjalannya waktu, bulan Ramadan akan usai dan digantikan dengan hadirnya suasana berlebaran yaitu bulan Syawal untuk merayakan kemenangan setelah selama satu bulan penuh kita berlatih untuk menahan hawa nafsu, keinginan buruk, serta godaan.

Dari Ibnu Abbas RA berkata, “Bahwasannya Rasulullah SAW memerintahkan anak-anaknya dan istri-istrinya untuk keluar (mendatangi tempat salat idul fitri) pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha”.

Tata Cara Salat Idul Fitri

Kedua, saya akan menyampaikan tata cara pelaksanaan salat idul fitri yaitu dikerjakan sebelum khutbah dimulai sejak matahari terbit hingga masuk waktu dzuhur, dikerjakan tanpa diawali dengan adzan dan iqomah melainkan cukup dengan menyerukan “assholatu jami’ah”, dilaksanakan sebanyak dua rakaat.

Adapun niat salat idul fitri adalah sebagai berikut:

Usholli sunnatan li ‘idil fitri rok’ataini (imaman/ma’muman) lillahi ta’ala. Aku berniat salat sunnah idul fitri dua rakaat (menjadi imam atau makmum) karena Allah Ta’ala).

Setelah takbiratul ihram membaca do’a iftitah lalu pada rakaat pertama melakukan takbir sebanyak 7x dan pada rakaat kedua melakukan takdir sebanyak 5x.  Disela-sela takbir dianjurkan membaca tahmid (puji-pujian seperti salawat ataupun doa seperti subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah huwallahu akbar ataupun Allahu akbar, Allahu akbar, walhamdulillahi katsiro, wa subhanallahi bukrotan wa ashila).

Disunnahkan membaca al-Qur’an surah Qaf atau surah al-A’la pada rakaat pertama dan surah al-Qamar atau surah al-Ghasiyah pada rakaat kedua. Untuk gerakan lainnya dalam salat dilakukan seperti gerakan dan bacaan dalam salat pada umumnya.

Baca juga: Contoh Teks MC Pengumuman Salat Jum'at

Serta tidak ada salat qobliyah maupun ba’diyah setelah melakukan salat idul fitri melainkan dianjurkan untuk mendengarkan khutbah idul fitri hingga usai. Dalam keadaan darurat, boleh mengerjakan sendiri ataupun di rumah saja sebanyak dua rakaat.

Pengumuman Zakat dan Sedekah Salat Tarawih

Alhamdulillah selama salat tarawih berlangsung satu bulan penuh, total sedekah dari para jama’ah sebanyak ... (sebutkan nominalnya) dan juga zakat fitrah yang telah terkumpul di Masjid Al-Mahallie sebanyak ... (sebutkan berapa liter beras) kg dan uang tunai sebanyak ... (sebutkan berapa jumlah nominal uang). Zakat tersebut telah kami alokasikan kepada para penerima zakat.

Imam dan Khatib

Petugas salat Idul Fitri pada hari ini adalah ustadz atau saudara ... (sebut nama yang bertugas) sebagai Imam dan Khatib, saudara ... (sebut nama yang bertugas) sebagai Bilal.

Halal bi Halal

Seperti biasa, halal bi halal atau salam-salaman untuk bermaaf-maafan menjadi penutup acara pelaksanan salat idul fitri berjama’ah. Oleh karena itu, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi, dimohon untuk melakukan halal bi halal tanpa berjabat tangan dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku untuk meminimalisir peningkatan kasus Covid 19.

Mendoakan Para Pendahulu, Donatur Masjid dan Jama’ah

Sebelum pelaksanaan salat idul fitri, marilah kita membaca surat al-Fatihah agar pelaksanaan salat idul fitri ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir serta senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Selain itu, kita khususkan pula hadiah fatihah untuk para pendahulu pendiri dan pengurus Masjid al-Mahallie, Donatur serta Jama’ah wa bil khusus kepada almarhum guru kita KH. Oo Suyitno Abdurrahman Mahmud, MA. Bisirril faatihah...

Bagi para jama’at yang masih berada diluar masjid, agar segera memasuki area salat idul fitri dan mengisi barisan salat dibarisan terdepan terdahulu, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Selain itu, kami menghimbau kepada seluruh jama’ah untuk menjaga ketenangan saat serangkaian kegiatan salat idul fitri di Masjid al-Mahallie berlangsung.

Demikian pengumuman salat idul fitri ini kami sampaikan, waktu dan tempat kami persilahkan pada imam dan khatib salat idul fitri yang bertugas. Akhir kata, saya selaku pembawa acara, mohon dibukakan pintu maaf apabila terdapat salah dalam tutur kata selama menjadi pembawa acara pada pelaksanaan salat idul fitri pagi hari ini.

Selamat Hari Raya Idul Fitri, minal ‘aidin wal fa idzin. Taqabalallahu minna wa minkum, taqobbal ya kariim. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh.

Nah itu dia contoh mc salat idul fitri yang bisa dijadikan acuan oleh para mc salat idul fitri di berbagai masjid. Adapun teks mc sholat idul fitri bahasa jawa, atau mc sholat idul fitri bahasa sunda dapat mengalih bahasakan contoh teks mc sholat idul fitri ini ke bahasa daerah yang berlaku.

Untuk mc sholat idul adha, teks mc sholat idul adha, ataupun panduan pembawa acara sholat idul adha akan saya ulas di artikel yang akan datang.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Terima kasih apabila teman-teman berkenan memfollow blog ini atau mengunjungi channel Youtube di bawah ini sebagai bentuk dukungan untuk konten-konten yang telah diproduksi :)


Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

7 komentar untuk "Contoh Teks MC Pengumuman Salat Idul Fitri"

  1. Kepikiran aja nih si kakak bikin artikel tema ini. Pas banget momennya hehe

    BalasHapus
  2. Luar biasa. Lengkap bangett. Inii masuk page 1 lagi jangan2 hahaha. Keep it up kak

    BalasHapus
  3. Wah pas deh buat orang yang lagi cari teks pengumuman sholat idul Fitri nanti ya kak. Keren deh

    BalasHapus
  4. Waow bisa dicontoh ini sih. Artikelnya keren mba pas moment. Sukses ya Mbak

    BalasHapus
  5. Kak Iff gercep banget kalau bikin artikel mkwkwkw. Ini pasti bakal dibutuhin banget waktu makin deket Lebaran

    BalasHapus
  6. Kebetulan banget yaa paket komplit di sini biar akhir kemenangan makin jos ya

    BalasHapus
  7. Jadi inget MC di Masjid kampung kalau lebaran. Alurnya sama seperti ini.

    BalasHapus

Berlangganan via Email