Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil ala Ibu Kafa

immunity playbook
Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Pengertian Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan Immunity Playbook, Daya tahan tubuh atau sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang bekerja untuk melindungi tubuh dari molekul asing yang berasal dari luar sehingga dapat menyebabkan terjadinya sakit pada seseorang. Daya tahan tubuh Si Kecil tentu menjadi tantangan utama para orang tua mengingat daya tahan tubuh merupakan faktor penting dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Daya tahan tubuh mulai terbentuk sejak Si Kecil berada dalam kandungan dan akan terus mengalami penyempurnaan terutama di masa 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil. Adanya daya tahan tubuh yang optimal, maka kinerja otak Si Kecil pun akan bekerja dengan maksimal untuk menanggapi stimulasi dari lingkungan Si Kecil sehingga ia dapat bereksplorasi dengan maksimal.

Baca juga: Rutinitas Kafa Selama Pandemi

Oleh sebab itu informasi yang dibutuhkan oleh orang tua untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh Si Kecil pun harus benar-benar akurat dan tervalidasi dari para ekspert dibidangnya seperti dokter spesialis anak tentunya.

Immunity Playbook

Tentu kita tidak bisa bertemu dan berkonsultasi setiap hari dengan dokter spesialis anak apalagi dimasa pandemi seperti saat ini. Namun sebagai orang tua, kini kita tidak perlu khawatir karena telah hadir Immunity Playbook by Nutriclub. Sebuah e-book hasil kolaborasi para ekspert di bidang medis dan psikologis yang dapat mendukung daya tahan tubuh Si Kecil.

Immunity Playbook ini sangat edukatif karena berisi tentang penjelasan para ekspert mulai dari pentingnya daya tahan tubuh, bagaimana proses terbentuknya sel imun dalam saluran pencernaan si kecil, hingga tips praktis untuk mendukung daya tahan tubuh Si Kecil secara medis maupun psikologis.

Nutrisi Untuk Si Kecil

Beberapa contohnya adalah saya jadi tahu lho ternyata untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh Si Kecil, orang tua perlu memberikan nutrisi yang tepat seperti kombinasi prebiotik FOS:GOS 1:9 dan probiotik yang biasa disebut sinbiotik. Selain itu Si Kecil juga perlu mengonsumsi Omega 3 dan 6 untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak.

Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada asupan makanan dan minuman seperti yogurt, tempe, ikan laut, dan susu pertumbuhan. Selain itu, nutrisi penting untuk si kecil lainnya ada Vitamin A, C, D, E, dan zat-zat mineral seperti zat besi, seng, selenium, dan asam folat.

Pola Tidur yang baik untuk si kecil
Immunity Playbook

Pola Tidur dan Aktivitas Untuk Si Kecil

Kemudian, pola tidur yang baik dan aktivitas fisik yang optimal juga dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh Si Kecil. Untuk anak-anak yang berusia 1-5 tahun sebaiknya minimal melakukan aktivitas fisik selama 3 jam dalam beberapa sesi. Sedangkan waktu tidurnya berbeda-beda sesuai dengan usia Si Kecil. Apabila Si Kecil berusia 0-3 bulan maka pola tidur yang baik untuknya adalah 14-17 jam sehari. Pola tidur ini seiring waktu akan berkurang seiring bertambahnya usia si kecil.

Pola Hidup Sehat untuk Si Kecil

Selanjutnya adalah pola hidup bersih dan sehat. Sejak dini Si Kecil sudah harus dikenali dengan perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan, membersihkan mainan, menggunakan sandal ketika bermain di luar rumah, menggosok gigi, serta membuang sampah pada tempatnya.

Bonding Bersama Si Kecil

Terakhir adalah mengoptimalkan daya tahan tubuh Si Kecil dari sisi psikologis. Orang tua dapat menjalin interaksi positif bersama Si Kecil agar ia dapat mengelola emosinya dan mempermudah proses penangkapan rangsangan dari lingkungan. Orang tua juga perlu mengajak Si Kecil untuk melakukan rutinitas yang baik di waktu yang tepat agar Si Kecil terhindar dari stres dan tubuhnya bisa lebih rileks.

Cara Download Immunity Playbook

Selain nutrisi dan pola hidup, di Immunity Playbook juga dapat ditemukan contoh berbagai kegiatan yang sangat edukatif seperti mewarnai dan menempelkan stiker. Contohnya seperti di halaman 26 ada informasi rekomendasi beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan bersama si kecil jika ia berada di rentang usia 1-3 tahun seperti toddler strething, bernyanyi row row your boat, bermain push bike ataupun lempar tangkap bola.

immunity playbook
Contoh Aktivitas untuk Si Kecil

Nah, untuk informasi lebih detailnya, Mama bisa lho mengunduh Immunity Playbook di website resmi Nutriclub. Caranya mudah sekali. Mama hanya perlu log in untuk mengunduh Immunity PlaybookJika Mama belum memiliki akun, mama cukup registrasi satu kali. Data yang diperlukan adalah nama, alamat email, nomor telepon, nama anak, usia anak.

Setelah itu, Mama bisa mengunduh Immunity Playbook, mudah bukan? Selain Immunity Playbook, Mama juga bisa mendapatkan informasi seputar produk, artikel, konten edukatif, serta kegiatan yang diselenggarakan oleh Nutriclub. Mama juga bisa lho menjadi member dari MyNutriclub dan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya.

Nah, itu dia ulasan dari saya tentang  Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh si Kecil alaIbu Kafa. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

33 komentar untuk "Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil ala Ibu Kafa"

  1. Aku dah download aplikasinya, sangat membantu ya Mom jdi makin tau dan datanya valid

    BalasHapus
  2. senangnya jaman sekarang para ibu diberi kemudahan untuk memantau perkembangan anak dan kesehatannya, hanya modal mendownload ebook immunity playbook, kan enak ni lagi waktu luang bisa baca2 artikelnya

    BalasHapus
  3. Aplikasi yang bermanfaat banget ya mba, memudahkan ibu-ibu mendampingi tumbuh kembang si kecil.

    BalasHapus
  4. Di Nutriclub banyak yang bisa di pelajari ya mom. Untuk para ibu sangat ngebantu banget loh.

    BalasHapus
  5. Wuaah.. bisa banget nih buat bang Rasyiid. Jadi bisa main sambil belajar.

    BalasHapus
  6. Keknya appnya bagus banget ya kakak. Mesti Otw donlot ini mah

    BalasHapus
  7. Auto download immunity playbooknya, pengen belajar lebih banyak untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh anak.

    BalasHapus
  8. Suka kehabisan ide tentang aktivitas buat si adek. Mau download ini. Sekalian biar tau pola hidup sehat, pola tidur dan lainnya. Ternyata lengkap juga ya...

    BalasHapus
  9. Bisa ditiru nih, kalau ada playbook di tengah pandemi kayak gini dijamin anti mati gaya deh yaa. hihi.

    BalasHapus
  10. bisa dicoba nih immunity playbooknya. menarik buat mengisi hari-hari bermain di rumah aja nih

    BalasHapus
  11. Cocok nih buat para mom yang lagi bingung biar si anak nggak bosan dengan aktifitas itu2 aja.
    Dengan adanya Immunity playbook ini sudah pasti sangat terbantu ya. Menjawab semua kebutuhan anak dan juga para mom

    BalasHapus
  12. wah bagus niy mba Iff untuk playbooknya bisa saya rekomendasiin untuk saudara saya yang punya anak kecil juga niy mba, bagus kayaknya buat mereka belajar

    BalasHapus
  13. Baru tahu ada Immunity Playbook. Solusi buat aktivitas sekaligus bisa menjaga daya tahan anak

    BalasHapus
  14. Membantu dan terbantu banget jadinya ya.. Immunity playbook nya jg bagus nih

    BalasHapus
  15. Keren ya sekarang aplikasi parenting makin inovatif. Nggak ada lagi alesan orangtua gapaham asupan nutrisi yang tepat untuk anaknya. Noted kak Iff, aku kasih tahu sepupu sama temen2 yang udah punya anak hehe

    BalasHapus
  16. Bermanfaat sekali aplikasihnya ya mbaak... Jadi bisa membantu buibu apalagi saat dirumah saja gini, heheheh

    BalasHapus
  17. wah ada aplikasi baru untuk membantu para ibu nih, tapi ini untuk usia balita aja kah bu?

    BalasHapus
  18. wah wajib download buat ibu2 yang udah punya anak nih mba, ingetin aku download nnti klo dah punya anak mba, haha

    BalasHapus
  19. Thank you informasinya ya mams, aku baru tau nih ada applikasi parenting baru. Kebetulan lagi nyari juga soalnya

    BalasHapus
  20. Sudah terangkum dengan praktis ya, jadi buat sumber rujukan pun mudah dicek sewaktu-waktu.

    BalasHapus
  21. Menarik banget, pasti bermanfaat buat yg punya toddler ya Immunity playbook ini. Ada rekomendasi aktivitas buat si kecil juga ya...

    BalasHapus
  22. Keren ya inovasi dari bebeclub ini. Makasih sharingnya Bun..

    BalasHapus
  23. noted, mau download juga aahh, biar bisa tahu lebih lengkap tentang Immunity Playbook ini, biar bisa diterapkan ke anak-anak juga doong :)

    BalasHapus
  24. Silvi Agustin10 Mei 2021 10.56

    Wah baru tau ada jurnal asik bisa dibaca bareng anak, bisa donlod gratisan lagi, kusuka kusuka 😄

    BalasHapus
  25. Cynthia Dewi10 Mei 2021 11.15

    Bermanfaat sekali mom appsnya. Thank you ya infonha

    BalasHapus
  26. Keren nih ada aplikasi yang ngebantu ibu2 yang haus akan ilmu. Bisa buat dari usia berapa sampai berapa ini mom?

    BalasHapus
  27. infonya lengkaaap ibu seneng bacanya 😍

    BalasHapus
  28. Apk digital yg kaya gini niih yg bikin mamak2 di rumah makin tambah wawasan tentang tumbuh kembang anak. Mudah2an next ada untuk tahapan anak usia sekolah dasar yaa.

    BalasHapus
  29. Terimakasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  30. Menarik sekali nih immunity playbook-nya bisa bantu orang tua yang ingin mengoptimalkan daya tahan tubuh anaknya.

    BalasHapus
  31. Membantu sekali ya ini aplikasinya

    BalasHapus
  32. keren nih aplikasinya. sangat bermanfaat buat para ibu

    BalasHapus