Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghilangkan Bekas Noda di Ketiak Baju

bekas noda di ketiak
5 Cara Menghilangkan Bekas Noda di Ketiak Baju

Suka bete gak sih kalau ada bekas noda di baju yang kita kenakan, apalagi kalau bekas nodanya itu berada di sekitar bagian ketiak baju. Uh, jadi bikin gak pede gak sih? Walaupun saya bukan pengguna deodoran, tapi tenang, saya punya solusi yang solutif untuk menghilangi bekas noda pada baju terutama pada bagian ketiak. Simak di artikel ini  ya 5 Cara Menghilangkan Bekas Noda di Ketiak Baju.

Menyesuaikan Bahan dan Warna Kain

Pertama, jika noda tersebut berada di area ketiak baju, harus dipahami dulu bahwa penyebab noda tersebut adalah timbunan deodoran pada sera-serat kain yang cara menghilangkan bekas nodanya perlu menyesuaikan dengan bahan dan warna kain.

Selain itu, warna noda yang ditimbulkan bisa juga disebabkan akibat material baju atau bahan pewarna kain yang sensitif terhadap zat asam yang dikeluarkan oleh deodoran. Reaksi tersebut dapat menyebabkan perubahan warna pada bagian ketiak baju.

Tetapi ada cara mencegahnya lho! Yaitu dengan memakai baju setelah deodoran meresap ke dalam pori-pori kulit hingga kulit ketiak kering saat pakaian digunakan. Sebaiknya jangan mengoleskan atau menyemprotkan deodoran ketika sudah menggunakan baju.

Menyikat dengan Cuka Putih

Kedua, noda pada bagian ketiak baju disikat dengan sikat gigi bekas yang telah dibasahi cuka putih. Kalau cuka putih sih pasti di rumah ada ya, nah, ternyata cuka putih bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas noda di ketiak baju. Jangan lupa jika sudah satu jam, bilas bagian yang disikat dengan air bersih yang mengalir ya.

Merendam Bagian Bernoda dengan Spiritus

Ketiga, noda di ketiak baju bisa juga dihilangkan dengan cara merendam area bernoda ke dalam air yang telah diberi spiritus selama kurang lebih satu jam. Agak sulit sih cara ini, karena kita harus merendam bagian yang bernoda saja, sedangkan bagian yang tidak bernoda sebaiknya digantung lebih tinggi agar tidak ikut terendam dan tidak menyerap cairan spiritus.

Penggunaan spiritus juga harus digunakan secara hati-hati karena spiritus bersifat mudah terbakar. Oleh sebab itu cara menggunakannya pun harus dengan alat pelindung diri yang sesuai seperti menggunakan sarung tangan karet dan juga digunakan pada ruang mencuci yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Kalaupun dilakukan di kamar mandi, sebaiknya pintu kamar mandi dibuka agar sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik.

Setelah direndam selama satu jam, pastikan baju dibilas dengan air bersih yang mengalir dan cuci seperti biasa menggunakan deterjen yang mampu meluruhkan sisa noda dan cairan penghilang noda.

Menuangkan Bubuk Soda Kue

Keempat, sudah menjadi rahasia umum bahwa bubuk soda kue atau baking soda mampu menghilangkan noda dari pakaian. Caranya pun mudah, bubuk soda kue dicampur dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian dioleskan pada bagian baju yang ada nodanya.

Setelah itu siapkan juga air larutan soda kue yang nantinya digunakan untuk merendam pakaian tersebut selama semalaman. Jika baju sudah dioleskan pasta bubuk soda kue dan direndam semalaman, maka bilas baju dengan air bersih mengalir dan cuci seperti biasa menggunakan deterjen anti noda.

Gunakan Air Hangat dengan Campuran Bahan Organik

Kelima, noda baju bisa juga dihilangkan dengan menggunakan perasan air lemon yang dimasukan ke dalam ember berisi air hangat. Setelah perasan air lemon dicampur ke dalam ember berisi air hangat, rendam baju selama beberapa menit, kucek lalu sebelum dibilas dan dicuci seperti biasa.

Selain itu, noda pada baju juga bisa dihilangkan dengan merendam baju pada air hangat yang mengandung 5 sendok makan garam ke dalam 1 liter air hangat. Jika sudah direndam selama kurang lebih satu jam, bilas dan cuci baju seperti biasa.

Cara terakhir adalah dengan merendam baju dengan air hangat yang sudah dicampurkan setengah mangkuk aspirin yang sudah digerus hingga halus. Rendam selama tiga jam lalu bilas dan cuci seprti biasa. Nah itu dia 5 cara menghilangkan bekas noda di ketiak baju. Semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "5 Cara Menghilangkan Bekas Noda di Ketiak Baju"

  1. pas sekolah dulu kesel banget emang baju sekolah ada bekasnya karena pake deodorant.. sekarang baju suami yg sering dipake kerja yg ada bekasnya. ntar coba pake tips ini . makasih mba

    BalasHapus
  2. Iya nih deodoran bikin bekas banget di area ketiak. Tapi emang cuka dan soda kue ampuh banget buat hilangin noda membandel.

    BalasHapus
  3. lhoo baru tahu kalau bisa pakai spirtus hihi.. kalo aku suka pake soda kue, ampuh banget emang ya :)

    BalasHapus
  4. Buat aku Ini masalah klasik yang tak kunjungi selesai.. Aku pengen nyoba tipsnya lah.

    BalasHapus
  5. Aku biasanya pake cuka dan soda kue. Hasilnya mayan oke sih, jd putih lg

    BalasHapus
  6. saya baru tahu untuk yang spiritus mba Iff, wah bisa saya coba terapkan juga yang ini, kebetulan punya baju putih kesayangan terus ada noda hitamnya entah bekas apa dekat ketiak, pengen banget dihilangkan. bisa nyobain tipsnya di atas

    BalasHapus

Berlangganan via Email