Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IDN Media Adakan Ajang Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

Kompetisi Film Pendek
IDN Media Adakan Ajang Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

Dulu waktu saya tinggal di Jogja, saya beberapa kali menghadiri ajang pameran film festival. Biasanya festival film memang menjadi agenda tahunan industri perfilman yang diadakan secara terorganisir baik di satu atau beberapa bioskop, ataupun sebuah tempat tertentu di beberapa kota.

Sundance Film Festival

Ada banyak penamaan dalam setiap penyelenggaraan festival film salah satunya adalah Sundance Film Festival. Sundance Film Festival merupakan salah satu agenda yang terlahir dari Sundance Institute yaitu sebuah lembaga nirlaba film yang dibentuk untuk memberikan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang yang didirikan pada tahun 1981 oleh Robert Redford.

Sundance Film Festival tentu menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang memiliki ciri khas tersendiri dalam industri perfilman sehingga karya yang dilahirkan pun independen.

Short Film Competition

Seiring berjalannya waktu, kini meski di tengah pandemi, bersama XRM Media dan IDN Media, Sundance Film Festival akan mengadakan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara yang meramaikan Sundance Film Festival kali ini. Selain itu, Short Film Competition ini juga diadakan sesuai dengan protokol kesehatan yang akan berlangsung secara streaming melalui sebuah platform yaitu Argo yang saat ini telah tersedia di iTunes App Store maupun Google Play Store.

Short Film Competition
Short Film Competition
Kegiatan ini tentu akan sangat menarik mengingat XMR Media merupakan salah satu pegiat dari kalangan perusahaan hiburan dan teknologi yang kerap mendukung konten multikultural melalui pendekatan inkonvensional. Sedangkan IDN Media sendiri merupakan perusahaan media platform untuk milenial dan gen Z di Indonesia yang memiliki visi untuk mendemokratisasi informasi serta membawa dampak positif bagi masyarakat.

Waktu dan Syarat Pelaksanaan

Pelaksanaan pendaftaran Short Film Competition berlangsung sejak 17 Mei hingga 9 Juli 2021 dengan persyaratan yang perlu diikuti oleh seluruh pendaftar yaitu terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia yang berusia menimal 18 tahun baik berdomisili di Indonesia atau pun di luar negeri. Peserta diperkenankan mengirimkan film pendek dalam genre apa pun dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada dan atau setelah 1 Januari 2019 dengan durasi penayangan antara 3 sampai 20 menit.

Baca juga: Wajah Baru IDN Pictures

Film pendek yang terkumpul nantinya akan diseleksi oleh 6 (enam) juri yang berasal dari perwakilan Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan juga alumni Sundance Film Festival yaitu Kim Yutani (Director of Programming Sundance Film Festival), Heidi Zwicker (Senior Programmer Sundance Film Festival), Mike Plante (Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival), Susanti Dewi (Head of IDN Pictures), Joko Anwar (Filmmaker Alumni Sundance Film Festival), dan Amanda Salazar (Head of Programming and Acquisitions Argo).

Hadiah Perlombaan

Mengutip perkataan dari Mike Plante, Programmer Senior Short Film Sundance Film Festival, Short Film Competition ini bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta baru di industri perfilman baik nasional maupun internasional, maka hadiah yang akan diterima oleh pemenang Short Film Competition ini sangat bisa menjadi pemacu untuk para peserta agar memberikan karya film pendeknya yang terbaik.

Baca juga: Info Lomba

Hadiah pertama dari Short Film Competition ini adalah uang tunai sebesar USD 2.000 yang disponsori oleh Argo. Selain itu pemenang Short Film Competition ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 yang akan berlangsung pada bulan September mendatang.

Hadiah yang ketiga yaitu pemenang juga berkesempatan menjadi nominasi dan ditayangkan kembali pada Sundance Film Festival 2022. Yang tak kalah menarik tentunya mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform streaming Argo.

Yuk, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Untuk informasi selengkapnya mengenai Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2021 teman-teman bisa mengakses situs Film Freeway. Sekian, semoga ulasan tentang kompetisi untuk filmmakers di Indonesia yang diadakan dalam serangkaian Sundance Film Festival: Asia 2021 kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang menggeluti industri perfilman. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia - Winston Utomo, CEO IDN Media.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

27 komentar untuk "IDN Media Adakan Ajang Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021"

  1. Wew 2000 dollar gitu lohh, mau bangettt. Forward ke temen yg suka bikin shortmovie aaahh.

    BalasHapus
  2. Aku ngiler hadiahnya gede banget ya Allah... Emang luar biasa ya pernghargaan bagi insan perfilman Indonesia, semoga bikin semangat para pelakunya

    BalasHapus
  3. Biasanya short movie apalagi yang indie gitu suka out of the box dan bikin speechless storyboard-nya & tone gambarnya juga. Wah nggak sabar pingin liat hasil dari pesertanya malah. Perlu disebar nih info biar banyak yg ikut. Hadiahnya wow bangeeeeet :')

    BalasHapus
  4. Wuih saya mah gak kepikiran bikin film pendek. Tapi lihat tulisan ini... bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy ngayal dulu. If only saya bikin film pendek, trus menang pulak. Beuh! pasti bangga banget

      Hapus
  5. Waaah menarik banget, terakhir bikin film tuh waktu kuliah dulu. Sayang ya film lama nggak bisa ikutan :D

    BalasHapus
  6. Kok keceh, bikin film pendek trus bisa partisipasi di Sundance film festival gitu... daebaakk!!!
    Semangatin yang suka bikin film aja, aku mah penikmat saja :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sama, saya juga penikmat film sih hehe

      Hapus
  7. Klo lihat dolar mata jadi ijo. Sayang kemampuan cm sebatas bikin video youtube anak2 hahaha. Pasti bakal seru ya nnt yg masuk nominasi. Pntengin terus ah...

    BalasHapus
  8. Klo lihat dolar mata jadi ijo. Sayang kemampuan cm sebatas bikin video youtube anak2 hahaha. Pasti bakal seru ya nnt yg masuk nominasi. Pntengin terus ah...

    BalasHapus
  9. Kalau aku sebagai penikmat yang suka nonton, pernah gabung di dua komunitas perfilman lokal di daerahku. Capek syuting itu ternyata heheeh. tapi hepi

    BalasHapus
  10. Lumayan ya hadiahnya.. buruan yuk teman2 yang kreatif dan suka buat film pendek ikutan ini..

    BalasHapus
  11. Bagus nih ada kompetisi gini, bisa memacu kreativitas, apalagi hadiahnya wow banget

    BalasHapus
  12. abis bu tejo muncul aku jadi lebih suka nntn short movie nh, temanya suka bagus2 banget.. ini event lomba mayan juga hadiahnya nih

    BalasHapus
  13. Pengen ikutan. Tapi ngga mumpuni wkwk pengen doang. Otw forward ke temen aahh, thanks kak if

    BalasHapus
  14. Kadang dari kompetisi kaya gini, lahir bakat-bakat yang tidak terduga sebelumnya

    BalasHapus
  15. aku penikmat film pendek. entah kenapa film2 pendek malah kerasa sentuhan seni dan penghayatannya. totalitas sih bikinnya gak hanya nampang populer aja hiks sedih sih jika ingat dunia pensinetronnan di tv.

    BalasHapus
  16. Saya suka nontoninnya aja deh. Sebagai upaya mendukung hehe

    BalasHapus
  17. Lumayan ya hadiahnya 2000 dolar, wah bisa saya rekoemndasikan ke temen yang suka buat movie-movie gitu deh kayaknya, siapa tahu dia bisa ikutan. kebetulan saya juga penyuka film pendek

    BalasHapus
  18. Hadiahnya tuhhh bikin ngiler. Jadi inget dulu pernah bikin film pendek sama temen. Jadi pengen ikut lombanya ihh.

    BalasHapus
  19. Secara tdk langsung, kompetisi nya mengangkat budaya lokal yah mba, jd gak sabar pengen nontok video peserta

    BalasHapus
  20. Hadiahnya ga main2 ya, jdi pengen ikutan tpi apa daya >.< idn klo bkin acara ga main2, keren

    BalasHapus
  21. Uwoww, hadiahnya dolar yaaa, luar biasa menggoda, hehehe

    BalasHapus
  22. Wah kesempatan yang bagus para penggiat dan pembuat film pendek nih supaya tetap semangat berkarya.

    BalasHapus
  23. wah paling suka sama film film pendek karya anak negri, biasanya makna di dalamnya lebih deep gitu

    BalasHapus
  24. Kalau aku nyerah deh bikin film pendek. Masih belum pede dengan konsepku. Masih nyaman jadi penikmat dulu.

    Btw, festival ini hadiahnya luar biasa ya. Semoga banyak kreator film pendek yang ikutan

    BalasHapus
  25. menurtku lomba yg effortnya besarr ya bikin video atau film. nyusun naskah, script, pre produksi, produksi sampai post produksi. mikirnya mumeett dluan wkwk

    BalasHapus