Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

penyebab rambut rontok
Empat Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah


Samphoo-an dikit, rontok. Nyisir dikit, rontok. Ngiket rambut dikit, rontok. Huh, kadang suka sebel sama rambut rontok yang bertebaran di mana-mana. Kaya gak selesai-selesaaai gitu masalahnya. Hmmmm....

Rambut rontok tentu masih menjadi permasalahan sejuta umat. Tidak hanya perempuan yang mengalami rambut rontok, tetapi laki-laki juga banyak yang mengalami hal serupa. Mengatasi rambut rontok parah tentu tidak mudah, tetapi yang perlu kita ketahui sebelum mengatasi kerontokan tersebut, kita harus tahu apa saja penyebab rambut rontok.

Apa Saja Penyebab Rambut Rontok Parah?

Hal yang tidak bisa dihindari adalah adanya perubahan hormon yang menyebabkan adanya kerontokan rambut. Biasanya hal ini terjadi pada ibu hamil dan menyusui atau pun seseorang yang mengalami gangguan pada hormon tiroid. Selain hormon, kesehatan mental dan stress juga menjadi pemicu rambut rontok parah. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan lahir dan batin.

Tidak hanya itu, kerontokan rambut juga dapat dipicu karena adanya kekurangan zat vitamin pada rambut terutama Vitamin C yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan folikel rambut. Pertumbuhan rambut juga dapat dipicu dengan mengonsumsi Protein sehingga akar rambut yang tumbuh kuat dan tidak mudah rontok.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sering bergonta-ganti produk perawatan rambut. Memang sulit mencari produk yang klik dengan apa yang kita butuhkan terutama untuk rambut. Tetapi justru hal ini menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut dan juga menimbulkan masalah baru pada kulit kepala seperti gatal-gatal, ketombe, dan masalah rambut lainnya.

Penyebab rambut rontok yang terakhir adalah penggunaan obat-obatan tertentu seperti kemoterapi atau terapi radiasi. Tentu hal ini sulit dihindari untuk siapapun yang sedang dalam masa pengobatan.

Bagaimana Mengatasi Rambut Rontok?

Nah oleh sebab itu, kita harus mengatasi permasalahan rambut rontok dengan tepat. Pertama, kita harus menemukan produk hair treatment yang tepat terhadap permasalahan rambut yang kita alami. Kalau permasalahannya rambut rontok ya jangan coba-coba menggunakan produk perawatan rambut kering atau lepek karena tentu akan menimbulkan permasalahan rambut yang baru.

Pilihlah shampoo, condisioner, hair mask, dan juga hair tonic yang mengandung Chia Seed Oil dan Amino-Vitamin karena kandungan ini efektif dapat mengurangi kerontokan rambut sebanyak 98% sehingga dapat membuat rambut lebih kuat 10 kali lebih kuat. Hair treatment dari TRESemme memiliki kandungan-kandungan di atas mulai dari shampoo dan conditioner.

Baca juga: Red Light Therapy for Hair Loss

Kedua, memberikan vitamin untuk perawatan rambut yang lebih baik. Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh rambut adalah Vitamin B, C, dan E. Pemberian vitamin pada rambut secara teratur dapat memperkuat dan memelihara kesehatan rambut. Biasanya pemakaian vitamin digunakan setelah keramas.

Ketiga, menggerai rambut lebih sering daripada mengikatnya. Ya walaupun memang gerah sih, tetapi kenyataannya memang rambut yang sering diikat lebih rapuh dan mudah rontok jika dibandingkan dengan rambut yang dibiarkan tergerai.

Keempat, gunakan sisir yang berbahan kayu atau bukan berbahan plastik karena bahan plastik yang bersentuhan dengan gaya tarik akan menimbulkan daya listrik statis sehingga rambut akan lebih terasa “tertarik” dan mudah rontok. Selain itu kita juga bisa menggunakan sisir yang bergigi renggang sehingga tidak membuat rambut mudah tertarik.

Nah, itu dia empat cara mengatasi rambut rontok parah, semoga bermanfaat. Yang  paling penting, jika sudah menemukan produk yang tepat, maka gunakan produk perawatan rambut tersebut dengan teratur sesuai dengan anjuran pemakaian untuk mendapatkan hasil yang optimal. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Empat Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah"

  1. Aku pake shortcut aja lah kalau rambut rontok: potong pendekkk! Hahahaha. Sejak jadi ibu gak betah bgt rambut panjang. Padahal udah selalu pakai hair care lengkap tapi selalu gak pernah ilang masalah rambut rontok ini. Jadi sering2 potong pendek aja sekalian biar gak banyak rontoknya :")

    BalasHapus
  2. Wah bisa nih dicoba
    Rambutku juga paraaah bangett rontoknyaa.

    BalasHapus
  3. Boleh juga nih tipsnya Mbak soalnya rambut saya juga sering banget alami rontok parah

    BalasHapus

Berlangganan via Email