Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Download Ruangguru untuk Menggapai Kampus Impian

aplikasi belajar online terbaik
Download Ruangguru untuk Menggapai Kampus Impian

Pernah mendengar cerita orang tua tentang anaknya yang berhasil lolos masuk kampus impian karena berlangganan dengan Ruangbelajar by Ruangguru ? Nah, ada banyak sekali cerita tentang kesuksesan mereka lho. Tetapi kalau belum pernah mendengar ceritanya, saya akan sekilas menceritakan cerita juara dari SMAN 1 Cimahi, Putri Adelia Racmawati yang berhasil masuk kampus impiannya.

Cerita Juara dari Putri Adelia Racmawati

Ketika pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tiba, Putri bersyukur namanya ada dalam daftar siswa SMAN 1 Cimahi yang berhasil lolos masuk Institut Teknologi Bandung (ITB) Fakultas MIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Ia segera sungkem kepada ibunya, karena ia sadar bahwa sekeras apapun ia berusaha, tanpa doa dan restu ibunya, Putri takkan sanggup melalui ini semua.

Putri adalah anak yang tekun dan berprestasi. Namun ia sadar, tanpa terus belajar, nilainya bisa turun dan cita-citanya masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN bisa tidak terealisasi. Oleh sebab itu, ketika teman-temannya mengikuti les offline setelah kegiatan belajar di sekolah, maka Putri pun memilih untuk belajar online melalui berlangganan Ruangguru dengan cara menabung.

bagaimana cara daftar ruang guru
Perbedaan Ruangbelajar by Ruangguru dengan Bimbingan Belajar Offline

Melihat Putri yang sungguh-sungguh dalam belajar, maka orang tua Putri pun menawarkan bimbingan belajar di Ruangguru dan Putri pun berjanji untuk menggunakan kesempatan tersebut dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya impiannya pun tercapai.

Ruangguru, Layanan Belajar Online Terbaik

Ketika pandemi, menurut Putri belajar melalui Ruangguru sangat lah membantu karena Putri dapat melihat rangkuman yang telah dipelajari sebelumnya dan juga dapat melihat video pembahasan yang sangat menarik karena menggunakan animasi sehingga bisa lebih mudah dalam mengingat materi dan juga lebih mudah dipahami.

Melalui Ruangguru, Putri juga bisa menemukan latihan soal baik Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS) untuk belajar. Soal-soal ini juga dapat dicetak.

Mungkin teman-teman pembaca ada juga yang ingin merekomendasikan Ruangbelajar by Ruangguru ini kepada anak, adik, keluarga, saudara, atau kerabatnya? Nah kita simak di sini fitur dan keunggulan dari ruangbelajar.

Fitur-Fitur Ruangbelajar by Ruangguru

Produk ruangguru apa saja? Seperti yang diceritakan Putri di atas, Ruangbelajar memiliki beberapa fitur yaitu ruangguru PET, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar. Selain itu, saat ini Ruangbelajar by Ruangguru juga memiliki fitur baru yaitu adapto, rencana belajar (playlist belajar), subtitle video, vitur pencarian, pet mission, dan tes minat bakat.

Melalui Adapto, para siswa dapat mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video sehingga siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri. Selanjutnya dengan fitur Rencana Belajar (Playlist Belajar), siswa bisa menonton video pembelajaran sehingga ketika ada distraksi, siswa bisa melanjutkan materi yang sedang dipelajari tidak dari awal.

Selain itu juga ada Subtitle Video yaitu fitur yang dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran sehingga mereka dapat memahami materi secara detail dan tidak melewatkan poin penting dalam pembelajaran. Ada juga Fitur Pencarian yang mana fitur ini dapat membantu untuk siswa yang sudah tahu apa yang harus dipelajari sehingga dapat dengan mudah menemukan materi pembelajaran.

Terakhir adalah fitur Tes Minat Bakat dalam bentuk RIASEC Test yang bertujuan untuk membantu siswa memperkirakan karir yang sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh para siswa. Bakat akan diukur melalui tes deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasioning. Hasilnya nanti akan diperlihatkan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa.

Kenapa Harus Ruangguru?

apakah ruang guru berbayar
Keunggulan Ruangbelajar by Ruangguru

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Ruangguru adalah sebanyak 9 dari 10 pengguna Ruangguru merasa puas menggunakan bimbingan belajar online ruangbelajar. 95% pengguna menilai ruangbelajar lebih menarik dibandingka pengajaran di sekolah. 98% menilai ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep. 96% pengguna langsung naik nilai di sekolah setelah 3 bulan berlangganan. Terakhir 98% ruangbelajar dinilai sangat membantu dalam persiapan ujian.

Nah, jadi buruan deh yuk download ruang guru untuk mendapatkan kampus impian. Untuk informasi detailnya, teman-teman bisa melihat informasi terbaru di official media sosial resmi milik Ruangguru seperti website, instagram, youtube dan blognya. Semoga ulasan ini bermanfaat. Sekian, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

11 komentar untuk "Download Ruangguru untuk Menggapai Kampus Impian"

  1. Menarik sekali ya lembaga belajar online dari RuangBelajar by RuangGuru ini. Sebagai orang tua saya pastinya nggak bakal ragu memercayakan anak saya untuk belajar di lembaga yang memiliki layanan belajar online terbaik ini

    BalasHapus
  2. Wah fitur-fiturnya lengkap banget ya. Ada tes minat dan bakat segala. Cocok ini untuk para pelajar ya.

    BalasHapus
  3. emang kece bangget nih ruang guru :) sekaran makin banyak lagi fiturnya dan sangat menarik yaaa

    BalasHapus
  4. Ruangguru ini memang bagus yaa udah banyak feedback positif yang mengikuti kelas di ruangguru. Jadi pengen coba juga buat anakku

    BalasHapus
  5. Udah lama ya Ruang Guru jadi pilihan terbaik untuk belajar online.. Sudah diakui kwalitas dari pengajari oleh guru" di Ruang Guru tersebut.. Mantap 👍

    BalasHapus
  6. Ruangbelajar by Ruangguru banyak membantu dalam proses belajar oara siswa. Pasti Putri bahagia sekali karena cita-citanya untuk masuk perguruan tinggi negeri tercapai dengan ikut bimbingan belajar online di Ruangguru.

    BalasHapus
  7. Memang suatu tantangan ketika ingin lulus di perguruan tinggi idaman ya mbak. Ya harus belajar soal-soal agar pas waktu ujian bisa lancar gitu. Untung ada ruangguru yang jadi solusi belajar calon mahasiswa baru

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, senang banget ya rasanya jika usaha kita berbuah manis.
    ikut di Ruangguru ini bisa banget yaa bantu anak tuk raih kampus impian.
    gak perlu diragukan lagi deh Ruangguru ini, secara dunia pun juga mengakuinya.

    BalasHapus
  9. Wah bener banget app belajar ini bantu buat anak2 yg SFH

    BalasHapus
  10. Aku dulu pernah ikutan ruang guru iseng pengen tau gimana belajarnya. Lalu ketagihan dong hahaha. Jadi pengen sekolah lagi, eehh ><

    BalasHapus
  11. Aplikasi ruang guru sangat membantu proses bimbingan belajar anak, fitur yg sangat lengkap

    BalasHapus