Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Rekomendasi E-commerce Bidang Kesehatan Terfavorit di Indonesia

situs kesehatan
Inilah 7 Rekomendasi Ecommerce Bidang Kesehatan di Indonesia

E-commerce bidang kesehatan penting untuk diketahui. Pasalnya di masa pandemi sebagian besar dari kamu tentu lebih memilih untuk berbelanja online ketimbang offline demi terhindar dari virus. 

Apalagi dengan adanya aturan yang membatasi aktivitas di luar rumah. Maka tidak heran bila pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat pesat semenjak merebaknya virus corona.

Perusahaan rintisan (start up) yang fokus pada e-commerce saat ini juga semakin menjamur, termasuk di bidang kesehatan. Kehadiran layanan dan aplikasi berbasis kesehatan ini jelas sangat bisa diandalkan. Terlebih di masa dimana orang-orang lebih merasa tenang berobat di rumah sendiri daripada harus dirawat di rumah sakit.

Nah, apa saja start up e-commerce di bidang kesehatan yang perlu kamu ketahui? Yuk, temukan jawabannya di sini.

E-Commerce Bidang Kesehatan

E-commerce adalah elektronik commerce atau segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik atau internet.

Dengan demikian yang dimaksud dengan e-commerce bidang kesehatan adalah segala aktivitas jual beli yang berhubungan dengan kesehatan, seperti obat-obatan, berbagai alat kesehatan termasuk ketika kamu membutuhkan layanan konsultasi dengan dokter.

Berikut ini beberapa layanan kesehatan online yang dapat diakses melalui smartphone dan menjadi startup kesehatan di Indonesia :

Alodokter

Aplikasi di bidang kesehatan yang pertama adalah Alodokter. Siapa yang tidak kenal dengan Alodokter? Sejak tahun 2014 start up milik PT. SUMO Teknologi Solusi ini telah aktif telah menyediakan berbagai informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Tentunya selain informasi kesehatan kamu  dapat menjadikan Alodokter sebagai solusi ketika membutuhkan layanan kesehatan. Platform ini hadir dengan beberapa fitur unggulan lainnya diantaranya, chat bersama dokter, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan serta kemudahan untuk berbelanja kebutuhan kesehatan.

Halodoc

Halodoc hadir sebagai solusi kesehatan terlengkap. Lewat aplikasinya kamu dapat memilih layanan konsultasi dengan dokter tidak hanya melalui chat, tetapi bisa juga dengan voice call atau video call.

Selain itu Halodoc juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan kamu untuk mengakses kesehatan. Seperti ketika kamu hendak buat janji dengan dokter, mencari obat atau berbagai produk kesehatan lainnya, semua tersedia di halodoc.

Layanan Halodoc sendiri sudah tersedia di banyak kota dan bekerja sama dengan Gojek. kamu dapat mengakses layanan kesehatan ini via fitur GoMed di aplikasi Gojek bahkan Halodoc termasuk sebagai startup kesehatan 2020 yang sangat banyak membantu terkait akses layanan kesehatan selama pandemi.

Klikdokter

Software di bidang kesehatan lainnya adalah Klikdokter. Kebutuhan terhadap layanan kesehatan digital juga dapat kamu akses lewat klikdokter. Tidak hanya menyediakan fitur live chat spesialis dimana pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis 24/7, di aplikasi ini kamu juga dapat melakukan pembelian obat, tebus resep dan janji medis.

Klik dokter juga memiliki fitur Paket Isolasi Mandiri yang diperuntukkan oleh pasien COVID-19. Dengan membeli paket ini pasien bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin serta layanan konsultasi dengan dokter via Live Chat. Kita juga bertanya apabila ada keluhan terkait kesehatan si kecil.

Aido Health 

Aplikasi kesehatan berikut ini tidak kalah menarik karena selain menyediakan fitur konsultasi online, Aido Health punya layanan kunjungan dokter ke rumah. Ya, dengan mengakses layanan kesehatan di Aido Health kamu bisa memanggil dokter untuk melakukan pemeriksaan di rumah sesuai kebutuhan kamu.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan Aido Health untuk layanan kesehatan seperti pemeriksaan COVID-19, pemeriksaan laboratorium, fisioterapi hingga pemeriksaan luka di rumah.

SehatQ

E-commerce kesehatan berikutnya dan juga masuk dalam kategori startup farmasi di Indonesia bisa kamu temukan di aplikasi SehatQ. Layanan kesehatan yang ada di SehatQ juga terbilang cukup lengkap.

Mulai dari chat dokter atau konsultasi langsung dengan dokter spesialis via video call, booking atau buat janji dengan dokter hingga melakukan pemeriksaan COVID-19.

Tentunya SehatQ juga memiliki toko yang menyediakan berbagai produk kesehatan. Menariknya di aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak promo kesehatan yang menarik lho. Lebih detailnya kamu bisa baca artikel terkait SehatQ di sini.

Good Doctor 

Sama seperti e-commerce kesehatan lainnya di Good Dokter kamu juga dapat mengakses berbagai layanan kesehatan seperti konsultasi dengan dokter spesialis serta melakukan pembelian obat secara online.

E-commerce yang dulunya menyatu dengan aplikasi Grab ini juga memungkinkan pengguna membuat janji medis di lebih dari seribu rumah sakit dan laboratorium. 

Nah, meski sudah terpisah dengan Grab namun untuk kebutuhan produk kesehatan seperti obat, vitamin maupun e-voucher pemeriksaan lab masih bisa kamu lakukan pembayarannya melalui GrabHealth.

K24Klik

Situs kesehatan lainnya ada K24Klik. Berbeda dengan lima e-commerce yang disebutkan di atas, aplikasi yang satu ini hanya khusus melayani pembelian obat secara online.

E-Commerce yang memiliki slogan #obataslikapanpun ini hadir sebagai Platform Beli Obat Online pertama di Indonesia yang benar-benar buka 24 jam nonstop dan terlengkap di Indonesia.

K24Klik menjamin bahwa semua produk yang terdapat di aplikasi atau platformnya adalah 100% ASLI, karena dikirim dari jaringan luas Apotek K24 yang terkenal hanya menjual obat asli.

Menariknya, kalau kamu beli obat lewat portal kesehatan K24, tidak perlu menunggu lama pesanan kamu bisa cepat sampai karena dilayani langsung dengan Apotek K24 yang lokasinya paling dekat dengan alamat rumah kamu. 

Itulah berbagai aplikasi kesehaan digital yang penting untuk diketahui karena dapat memudahkan kamu ketika membutuhkan  layanan kesehatan dengan cepat tanpa harus keluar rumah. 

Nah, sekian ulasan tentang e-commerce bidang kesehatan guestpost dari Kak Siska Dwyta untuk blog iffiarahman.com. Sekian, semoga ulasan tentang Ecommerce Bidang Kesehatan ini dapat bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Rekomendasi E-commerce Bidang Kesehatan Terfavorit di Indonesia"