Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Berbagai Macam Varian Oli Matic Federal untuk Kendaraan

kelebihan dan kekurangan oli federal matic
Rekomendasi Berbagai Macam Varian Oli Matic Federal untuk Kendaraan

Sewaktu saya lulus aliyah, ayah saya membelikan saya motor untuk digunakan sebagai moda transportasi sehari-hari ketika berkuliah. Waktu itu ayah bertanya, “mau motor apa?” karena saya merasa perawakan saya mungil, jadi saya memutuskan untuk membeli motor Beat. Memang tidak dibeli secara konstan, tapi ini sangat bermanfaat mengingat saya adalah orang yang suka wira-wiri ketika kuliah.

Jika dibandingkan naik angkot, tentu biaya angkot lebih mahal daripada biaya bensin. Seperti perempuan pada umumnya, saya tidak terlalu mengetahui spare part motor dan juga kendala ketika motor bermasalah. Beberapa kali saya mengalami hal tersebut mulai dari kampas rem, ban motor, lampu, spidometer, masih banyak yang lainnya bahkan hingga ganti oli saja saya sering lupa.

Bersyukurnya motor tersebut sampai sekarang masih dapat saya gunakan bahkan hingga saya menikah dan memiliki buah hati. Tetapi tetap saya harus menjaga dan merawat motor tersebut agar kondisinya terawat dengan baik minimal mengganti oli setiap kurun waktu yang telah ditentukan ke bengkel terdekat.

Manfaat Ganti Oli Motor

Ada baiknya kita mengetahui kenapa sih motor harus ganti oli secara berkala? Pertama agar mesin kendaraan bersih. Bayangkan jika oli mesin tidak diganti, pasti akan ada banyak lumpur maupun kotoran yang menumpuk sehingga akan mengganggu atau menyumbat mesin ketika sedang beroperasi.

Kedua, mesin akan jauh lebih awet apabila oli diganti secara rutin karena oli akan melumasi dan melindungi mesin serta bagian penting lainnya sehingga mesin terhindar dari keausan dan kerusakan. Ketiga, jika oli selalu diganti maka suku cadang mesin lainnya pada kendaraan akan senantiasa terlindungi karena oli merupakan pelumas yang dapat membantu komponen-komponen mesin kendaraan bergerak dan berjalan dengan baik.

Keempat, jika oli selalu diganti secara berkala, tentu tarikan gas akan terasa lebih ringan dan tentunya kendaraan juga lulus uji emisi sehingga kita dapat menjaga lingkungan sekitar karena gas emisi dari kendaraan kita tidak mencemari lingkungan.

Oli Federal Matic Beat

Nah, karena motor saya adalah Honda Beat, jadi sering kali saya bingung oli mana yang seharusnya digunakan oleh motor saya? Barusan saya iseng ternyata kita bisa lho cek oli mana yang diperlukan oleh motor kita di web Federal Oil (ini bukan sponsor post ya!). Jadi di web tersebut ada menu Oil Suggestion. Kita akan bertemu dengan pertanyaan apa jenis motormu? Ada pilihan matic, sport dan bebek. Saya pasti menjawab matic.

Lalu muncul pertanyaan kedua, apa merk motormu? Saya menjawab Honda. Kemudian muncul pertanyaan ketiga, apa varian motormu? Saya menjawab Beat dan taraaaaa munculah produk Federal Matic Ecomaxx 30 untuk motor matic yang disesuaikan berdasarkan merk dan jenis motor yang sudah saya sebutkan di atas.

Keunggulan Oli Federal Matic

Oli Federal Matic Ecomaxx 30 ini memiliki keunggulan yaitu Active Moly atau menjaga mesin dari gesekan dan hemat bahan bakar. Kedua Double Act Cleaner yaitu membersihkan komponen mesin motor 2x lebih efektif. Ketiga Viscoelastic molecules yaitu meningkatkan kinerja dan akselerasi mesin lebih optimal dengan spesifikasi SAE 10W-30, JASO MB, dan API Service SJ.

Itulah kelebihan dan kekurangan Oli Federal Matic. Jika kalian ingin membelinya, Oli Federal Matic harga nya bervariatif mulai dari 25 ribu rupiah sampai dengan 60 ribu rupiah tergantung kita belinya di mana dan menggunakan yang varian apa.

Nah kalau kalian mau tau juga Oli Federal Matic Yamaha, Oil Federal Matic Vario 125, Oli Gardan Federal Matic, Oli Federal Matic Ultratec, Oli Federal Matic Spesialis Dingin kalian bisa cek langsung di web Federaloil.co.id. Sekian, semoga ulasan tentang Rekomendasi Berbagai Macam Varian Oli Matic Federal untuk Kendaraan ini bermanfaat ya. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Rekomendasi Berbagai Macam Varian Oli Matic Federal untuk Kendaraan"

  1. Federal Matic Ecomaxx 30 untuk motor matic saja yah mba? jadi untuk jenis lain masuk ke situs ini saja yah web Federaloil.co.id? siip mba, makasih infonya ;D

    BalasHapus