Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Apa Pentingnya Pivot Startup? Simak Ulasannya Di Sini!

startup adalah
Apa Pentingnya Pivot Startup?

Startup

Apakah teman-teman mengenal Gojek, Grab, Tokopedia, Shopee, Halodoc, Dana? Jika iya, mereka adalah perusahaan startup di Indonesia yang dikenal dikalangan masyarakat. Jadi kalau ada yang bertanya apa itu startup? Maka jawabannya adalah sebuah perusahaan yang baru saja dirintis dan sangat erat kaitannya dengan digitalisasi.

Startup Adalah

Menurut Muhammad Idris dalam sebuah artikel yang diunggah di Kompas.com dengan judul Apa Itu Startup dan Contohnya, sebuah usaha dapat disebut startup apabila memiliki 3 faktor utama yaitu pendiri (founder), investor atau pemilik dana, dan produk atau layanan.

Kategori Startup

Startup sendiri memiliki beberapa kategori sebagai indikator kesuksesan startup tersebut yaitu unicorn, decacorn, dan hectocorn. Kategori ini dipilih berdasarkan nilai valuasinya yaitu nilai persetujuan antara pendiri dengan pemilik dana dengan mempertimbangkan besaran penjualan atau catatan transaksi, jumlah pengguna, potensi di masa depan, serta jumlah pendanaan dari investor yang nilainya mulai dari 1 miliar dollar AS, 10 milliar dollar AS, dan 100 miliar dollar AS.

Tentu dengan nilai-nilai sebesar ini, membuat startup haruslah dengan konsep yang matang agar startup yang dibuat dapat berjalan sesuai harapan banyak pihak. Jika dalam merintis startup terdapat kendala, ada baiknya untuk pendiri dan pemilik dana segera melakukan pivot.

Apa Yang Dimaksud Pivot

Pivot atau pivoting adalah suatu keputusan besar yang harus diambil oleh pendiri dan pemilik dana startup untuk melakukan hal baru demi keberlangsungan dan kesuksesan startup. Biasanya pivoting terjadi karena adanya perubahan dalam dinamika faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan suatu startup.

Apa pentingnya pivot startup? Tentu pivot startup adalah hal yang penting dan menerapkan pivoting tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, kapan waktu terbaik melakukan pivoting untuk startup? Pertama tentu ketika pendiri dan pemilik dana merasa sudah tidak ada perkembangan yang baik dan signifikan pada startup yang dirintis.

Misal keadaan keuangan memburuk, produk tidak diterima baik di pasar, performa produk atau layanan sering kali kalah saing dengan kompetitor, internal perusahaan yang tidak sehat yang mengharuskan pendiri dan pemilik dana sebaiknya mencoba melakukan hal yang baru agar startup yang dikelola dapat berkembang dengan lebih baik dari sebelumnya.

Pivoting adalah momen krusial pada sebuah startup, oleh sebab itu, pivoting harus dilakukan secara matang. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pendiri dan pemilik dana ketika melakukan pivoting.

Cara Melakukan Pivoting Startup

Pertama, mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi dengan solusi yang solutif. Kedua, memperbaiki segmentasi pasar dengan tepat. Ketiga, menciptakan produk yang lebih baik dari kompetitor.

Keempat, memberikan kesempatan pada loyal customer untuk mencoba produk atau layanan baru. Terakhir, pendiri startup selalu memberikan laporan yang up to date pada pemilik dana atau investor.

Kunci dari pivoting startup ada pada riset atau penelitian. Karena hasil risetlah yang akan menunjukkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, dari hasil riset pula segmentasi pasar akan diketahui sehingga produk atau layanan baru yang perlu diproduksi sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Hal ini juga akan mempengaruhi segmentasi pasar yang baru tentunya jika pendiri dan pemilik dana startup tidak ingin mengubah produk atau layanan.

Lakukan riset secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan data responden yang maksimal. Semakin banyak konsumen yang bersedia menjadi responden riset ketika melakukan pivoting, maka akan semakin baik hasilnya untuk hasil akhir pivoting tersebut.

Nah, itu dia ulasan tentang pivot dalam startup. Sekian dan semangat! Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang merintis startup. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Apa Pentingnya Pivot Startup? Simak Ulasannya Di Sini!"

  1. Baca kata startup auto inget sama han ji pyeong, hehe. Dasar emak2 drakor ya.

    BalasHapus