Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Secara Alami

cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan
Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi Secara Alami

Cara Mudah Mengobati Ruam Popok Bayi

Seringkali si Kecil mengalami ruam popok akibat penggunaan popok yang kurang tepat. Jangan khawatir, ruam popok bisa Moms obati dirumah sendiri. Berikut ini cara mengatasi ruam popok yang bisa dilakukan.

Berikan Udara yang Longgar

Cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami yang pertama dengan memberikan kelonggaran udara dengan baik. Perlu diketahui bahwa kondisi kulit di sekitar popok yang lembap menjadi salah satu faktor pemicu munculnya iritasi dan infeksi.

Dengan begitu, usahakan untuk memberikan kelonggaran udara ketika mengenakan popok pada bayi. Ini bisa dilakukan dengan mengangin-anginkan area tersebut selama beberapa waktu. Hal ini dinilai dapat membantu menyembuhkan ruam lebih cepat dibandingkan menutupi bagian ruam dengan popok secara terus-menerus.

Oleskan Minyak Jarak

Selanjutnya Moms dapat mengatasi ruam popok pada bayi dengan mengoleskan castor oil atau minyak jarak. Diketahui, minyak jarak dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan membantu penyembuhan ruam popok lebih cepat. Dalam hal ini, minyak jarak mempunyai kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi gejala infeksi secara efektif.

Oleskan Menggunakan Witch Hazel

Cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami yang tidak kalah efektif adalah dengan menggosok bagian kulit ruam dengan witch hazel. Diketahui, witch hazel merupakan bahan alami yang dapat memberikan sensasi dingin dan menenangkan area kulit yang terkena ruam.

Oleskan Petroleum Jelly

Mengoleskan petroleum jelly juga termasuk salah satu cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami yang bisa Anda lakukan. Petroleum jelly ini bisa diberikan setiap kali Anda mengganti popok bayi. Di sini, petroleum jelly dapat bekerja sebagai pelindung kulit dari iritasi dan menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari risiko ruam popok.

Agar kejadian ruam popok tidak terulang kembali, sebaiknya Moms berhati-hati dalam memilih popok untuk si Kecil. Pilihlah popok yang nyaman seperti popok Merries. Popok Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi sehingga si Kecil akan selalu nyaman dan bebas dari iritasi kulit.

Nah itu dia ulasan tentang cara mengobati ruam popok pada bayi secara alami. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Secara Alami"

  1. Iyaa nihh, sama sering² ngecek juga sihh yaa.
    Kadang kalau merah gitu bisa pedih juga yaa, kl di olesi minyak gituu..
    Aku mau coba oles pake minyak jarak dehh..

    BalasHapus