Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 20 Rekomendasi Wisata Sentul yang Hits dan Instagramable

jungleland sentul
Rekomendasi Wisata Sentul yang Lagi Hits dan Instagramable

Wisata Sentul

Walaupun pandemi ini kita banyak bertemu dengan PPKM alias pembatasan untuk beraktivitas di luar rumah, tetapi jangan sampai hal tersebut menghalangi kita untuk setidaknya memiliki daftar list jalan-jalan. One day jika pembatasan ini usai kita bisa berkunjung ke sana bersama orang-orang terkasih.

Sambil jalan-jalan virtual, kita list nih mana aja tempat yang mau kita kunjungi. Termasuk salah satunya tempat wisata di Sentul karena wisata Sentul ternyata memiliki banyak peminatnya tersendiri lho! Hal ini dikarenakan pemandangan di Sentul sangat asri.

Kampus saya saat ini juga lokasinya di Sentul dan asriiii sekali. Jujur, kampusnya itu kaya kampus di luar negeri vibesnya. Nah back to topic, ada beberapa tempat wisata di Sentul yang instagramable sehingga membuat tempat tersebut menjadi hits baik wisata Sentul 2020 maupun wisata Sentul 2021.

Oiya, mungkin ada yang belum tahu dan bertanya, "Sentul daerah mana?"  maka jawabannya adalah Sentul ada di daerah Bogor. Baik, dari pada terlalu lama, berikut adalah tempat wisata di sentul yang lagi hits dan instagramable yang perlu kamu kunjungi:

Aneka Wisata Curug atau Air Terjun

Wisata air terjun di Sentul menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Sentul terbaru 2020. Beberapa diantaranya ada Curug Hordeng, Curug Ciburial, Curug Kembar, Curug Bidadari, Curug Putri Kencana yang memiliki daya tarik tersendiri di setiap curugnya. Leuwi Hejo juga menjadi kawasan air terjun di wisata Sentul yang wajib dikunjungi.

Ada juga Goa Agung Garunggang, yaitu sebuah mulut goa yang mengaga secara vertikal yang berada di kecamatan Babakan Madang. Biaya masuknya bukan gratis ya, tetapi lebih ke donasi sukarela untuk pemandu yang menemani selama menikmati indahnya pemandangan dan sejarah Goa Agung Garunggang.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Gak perlu jauh-jauh ke Jogja untuk wisata hutan pinus. Wisata Sentul terbaru 2021 juga ada lho hutan pinus di lingkungan Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Bahkan di sini juga menjadi wisata Sentul 24 jam lho karena kita bisa menginap di Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan mendirikan tenda.

Gak perlu khawatir kalo gak punya peralatan camping karena sudah disediakan oleh pengelola. Selain penginapan ala ala, kita juga bisa lho kalau mau mengadakan Fun Games di sini karena ada banyak zona yang didesain untuk kegiatan tersebut.

Jadi kalau mau mengajak anak berwisata alam pun cocok sekali untuk wisata Sentul yang satu ini. Kalau teman-teman mau ke sini lokasinya ada di Jl. Desa Kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Biaya masuknya hanya 5 ribu rupiah dan biasanya banyak juga lho yang melakukan sesi foto prewedding di sini.

Wisata Alam Fantasia Sentul

Masih di wilayah Babakan Madang, kita bisa juga mampir ke Wisata Alam Fantasia Sentul bersama si kecil untuk bermain trampoline, bumper car, papan seluncur, ayunan, dan battery car.

JungleLand Sentul

Nah kalau yang ini sih saya sering ke sini bersama keluarga sebelum pandemi. Apalagi kalau ada member khusus seperti kartu pelajar ada potongan biaya masuk lho. Gak perlu takut bermain di sini karena sudah menggunakan standar internasional.

Wilayahnya juga masih di Babakan Madang, jadi kalau buat tur beberapa destinasi wisata cocok banget sih ini! Tiket masuk JungleLand Bogor mulai dari 165 ribu rupiah sampai dengan 250 ribu rupiah.

Kampung Argowisata Sentul

Sama seperti Taman Wisata Alam Gunung Pancar, destinasi wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan si kecil agar lebih dekat dengan alam karena kita akan disuguhi pemandangan terasering sawah, kolam ikan, peternakan serta perkebunan palawija.

Taman Budaya Sentul City dan Eco Park

Masih seperti di atas ya konsepnya, yaitu sangat pas untuk mengajak si kecil lebih dekat dengan alam tentunya secara fun karena di Taman Budaya Sentul City kita bisa bermain mulai dari Fun Games, Kids High Ropes, Adult High Ropes dan lain sebagainya. Tiket masuk Taman Budaya Sentul 2019 mulai dari gratis sampai 300 ribu rupiah.

Kalau teman-teman mau mampir ke Eco Park juga bisa lho. Di Eco Park kita akan menambah wawasan terkait energi yaitu parabola aneka warna. Lokasinya masih di Babakan Madang!

Sentul Fresh Education Farm

Kalau di Sentul Fresh Education Farm teman-teman bisa liburan sambil mendapatkan edukasi peternakan dan pertanian seperti memerah susu sapi, memberi makan burung dan observasi binatang lainnnya.

Untuk sekolah yang ingin mengajak muridnya ke sini juga ada paket khusus lho. Harga tiket masuk Sentul Fresh Farm untuk paket edukasi keluarga mulai dari dua ratus ribu rupiah.

Kampoeng Koneng Sentul City

Wisata Sentul Kampung Koneng adalah wisata dengan tema pedesaan ala Jepang. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Jepang, kita cukup ke Kampoeng Koneng Sentul City ajaaaa karena atmosfernya berasa banget mulai dari gazebo bamboo hingga jalan setapak dan taman yang sangat indah serta kolam dipinggi pendopo bambu.

Pasar Ah Poong

Nah kalau yang satu ini adalah tempatnya wisata sentul kuliner. Di Pasar Ah Poong ini teman-teman bisa menemukan lebih dari 80 jenis sajian kuliner yang sangat beragam mulai dari es tradisional, makanan khas nusantara serta beberapa jamuan modern lainnya.

Epic Outbond

Salah satu tempat untuk melakukan rekreasi bersama rombongan adalah Epic Outbond. Di sini teman-teman bisa memesan paket Outbond, Meeting, dan juga Glamping. Ada juga permainannya seperti Paint Ball Games, Archery, Rafting, dan Glamping yang dapat diakses selama 4-8 jam sesuai kesepakatan saat pemesanan.

Untuk paket meeting, fasilitas yang didapat berupa meeting room, coffe break dan makan siang. Sedangkan paket glamping menawarkan fasilitas berupa tenda, tempat tidur, dapur dan kamar mandi. Tempatnya sangat cocok untuk berliburan atau bekerja dengan suasana yang berbeda.

Taman Fathan Hambalang

Kalau kamu mau berwisata dengan biaya masuk yang terjangkau namun instagramable, kamu bisa ke Taman Fathan Hambalang sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Biaya masuk tempat wisata Hambalang Sentul hanya 5 ribu rupiah dan biaya parkir untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah.

Wisata lainnya ada Sawah Segar, Gunung Ciung, Mandapa Kirana Resort, Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Garuda Farm Sentul. Nah itu dia ulasan wisata sentul sebagai bahan rujukan untuk teman-teman yang mau berwisata ke sentul setelah pandemi usai. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

9 komentar untuk "Inilah 20 Rekomendasi Wisata Sentul yang Hits dan Instagramable"

  1. Wisata sentul memang ada banyak juga ya bukafa. Aku tau nya cuma itu-itu aja macem jungleland yang sekarang udah tutup

    BalasHapus
  2. MasyaAllah banyak banget pilihannya ya mbak, komplit, semoga someday aku berkesempatan main kesana

    BalasHapus
  3. Nunggu pandemi berakhir dulu baru main ke sana

    BalasHapus
  4. Tertarik sama Jungleland Sentul aku tuh, jadi penasaran. Gambarnya kok nggak ada sih, bu.. Hihi..

    BalasHapus
  5. Air terjun di kabupaten bogor sih emang top, sebagai anak kabupaten aku bangga hehehe

    BalasHapus
  6. sering banget dulu kalau iseng jalannya ke sentul karena suasananya masih adem yaa :) tp belum nyobain ke wisata-wisatanya nih, boleh lah jd referensi hihi

    BalasHapus
  7. Belum pernah ke Sentul nih, boleh deh abis pandemi nanti main ke sana bareng keluarga.

    BalasHapus
  8. Wah menarik nih yang sentul edukasi farm ya.

    Sekarang kalo mau milih jalan2 atau liburan cari yg edukasi sebab bawa anak biar ga sekdar seneng2 hehee. Wah sentul..

    BalasHapus
  9. Wah terimakasih infonya nih. Banyak banget ternyata ya wisata sentul. Moga suatu hari nanti bisa berkunjung ke sana.

    BalasHapus