Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga USG 4D Terjangkau untuk Ibu Hamil di Kehamilan Sehat

Harga USG 4D Terjangkau untuk Ibu Hamil di Kehamilan Sehat
Harga USG 4D Terjangkau untuk Ibu Hamil di Kehamilan Sehat

Harga USG 4D Terjangkau

Kali ini saya ingin kembali ke masa silam, masa di mana pertama kalinya saya mengalami proses biologis sebagai perempuan yang harus mengandung selama 9 bulan tepatnya saat itu saya mengandung selama 39 minggu.

Aktivitas Rutin Ibu Hamil

Tentu selama hamil, ada hal-hal yang rutin harus dilakukan oleh ibu hamil seperti mengonsumsi suplemen dan vitamin khusus bumil (ibu hamil), mengonsumsi makanan bernutrisi, senam bumil, lebih banyak berdzikir dan berdoa, serta rutin konsultasi ke dokter atau bidan tentunya.

Berkaitan dengan konsultasi, tentu pemeriksaan USG (ultrasonografi) pada kandungan ibu hamil tidak selalu harus dilakukan setiap jadwal konsultasi. Tetapi yah namanya ibu-ibu yah, kan kaya kurang afdhol gitu kalau pas lagi konsultasi gak USG.

Walaupun saya pribadi (dulu) selama hamil hanya USG ketika konsultasi ke dokter kandungan saja. Kalau pas konsultasi ke bidan seringnya tidak USG. Karena tentu biaya konsultasi dengan atau tanpa USG berbeda.

Dulu sewaktu hamil, saya hanya melakukan pemeriksaan USG 2Dimensi (2D). Alasannya tentu selain karena biaya, cukup sulit mencari klinik atau rumah sakit di Magelang yang menyediakan jasa pemeriksaan USG 4Dimensi (4D).

Pas saya ke Jakarta, waktu itu saya juga sempat ingin USG 4D, tetapi ternyata mahal sekali harga USG 4D terdekat di wilayah saya, sehingga saya mengurungkan niat untuk melakukan pemeriksaan USG 4D di momen kehamilan pertama yang saya alami.

USG 4D di Kehamilan Sehat

Alhamdulillah saat ini saya baru tahu ada Kehamilan Sehat yang menyediakan jasa USG 4D yang terjangkau. Ya, meskipun saya tahunya terlambat, karena saat ini anak saya sudah lahir dan berusia 33 bulan, tetapi insya Allah siapa tahu informasi ini bermanfaat untuk anak kedua saya di kemudian hari.

Seperti informasi yang saya baca melalui website resmi Kehamilan Sehat, di sana terdapat pelayanan pemeriksaan USG 2D Gratis USG 4D (HD Live Wajah) yang dicek langsung oleh dokter kandungan bersertifikasi. Jika kita ingin mencetak USG 4D ini pun tentu bisa.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan USG 4D

Pada dasarnya di setiap tiga tahap trimester kehamilan, setidaknya minimal kita perlu melakukan pemeriksaan USG sebanyak tiga kali yaitu pada trimester 1, 2 dan 3 masing-masing 1 kali.

Namun tentu agar dapat mengetahui kondisi janin, kita dapat melakukan pemeriksaan USG lebih dari 1 kali sesuai dengan kebutuhan masing-masing ibu hamil. Tetapi untuk pemeriksaan USG 4D dianjurkan dilakukan pada trimester 2 menjelang trimester 3 atau trimester 3 awal.

Melakukan pemeriksaan USG 4D pada kehamilan trimester ketiga tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan USG 2D karena letak gambar yang dihasilkan tentu berbeda.

Selain itu, dengan USG 4D, kita juga dapat melihat aktivitas janin secara lebih jelas ketika ia di dalam kandungan apakah ia sedang tersenyum, menguap, atau melakukan gerakan lain.

Manfaat lainnya kita juga dapat mendeteksi organ-organ tubuh bayi lebih jelas sehingga akan lebih terlihat apabila ada gangguan pada janin, dengan begitu tentu dokter akan lebih cepat dalam melakukan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan.

Lokasi Cabang Kehamilan Sehat

Jika teman-teman berminat untuk melakukan pemeriksaan USG 4D di Kehamilan Sehat, teman-teman bisa berkunjung ke cabangnya yang telah tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta Timur, Karawaci, Serpong, Alam Sutera, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Tangerang.

Biaya USG 4D di Kehamilan Sehat

Harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp 170.000,- sampai Rp 390.000,-. Jika hasil USG 4D ini ingin dicetak juga kita hanya perlu menambah biaya cetak sebesar Rp 50.000,- perlembar. Untuk melihat daftar harga secara detail, teman-teman bisa cek harga USG 4D di sini!

Sekian, semoga ulasan Harga USG 4D Terjangkau untuk Ibu Hamil di Kehamilan Sehat ini bermanfaat. Yuk komen di kolom komentar kalau kamu juga pernah USG 4D di kota domisilimu :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

8 komentar untuk "Harga USG 4D Terjangkau untuk Ibu Hamil di Kehamilan Sehat"

  1. Seneng banget ya mba misal usg lihat foto si dedek walau masih belum nampak jelas. Mengobati kangen

    BalasHapus
  2. Wuih harganya beneran terjangkau ya. Dulubpas hamil di klinik dekat rumah cuma ada print hasil USG 3D aja. Di klinik lain 400-500 an lho.

    BalasHapus
  3. Kalau biaya di klinik lebih masuk kantong ya bukafa. Kalau di bandingkan dengan di rumah sakit. Aku dulu tiap kontrol lumayan. Hihi

    BalasHapus
  4. aku juga dua kali kehamilan gak usg 4G karena harganya wow hiks, tapi kalo ada harga terjangkau mungkin juga pengen ya bis alebih detail melihat perkembangan janin

    BalasHapus
  5. Wah terjangkau bener emang harganya ya mba.. itu udah termasuk biaya All in kah mba? Atau hanya harga USG nya?

    BalasHapus
  6. Terjangkau ya biaya USG 4Dnya, kalau di sini lumayan sih, paling murah 500an sekali usg

    BalasHapus
  7. paling seneng ya liatin bayi di perut apalagi pake 4D jelas banget hehe.. dulu nemu yang murah jg daerah jaktim, ini ternyata ada yg lebih murah lagi, keren

    BalasHapus
  8. Beneran terjangkau sih ini bu, kalo di Bali bisa 500ribuan huhu..

    BalasHapus