Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga Berangkat dari Jakarta

Tips Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga

Kali ini saya akan berbagi cerita seputar tips liburan ke Jogja bersama keluarga dengan pemberangkatan berasal dari Jakarta. Ada beberapa moda transportasi yang pernah kami gunakan selama pengalaman liburan ke Jogja seperti menggunakan mobil pribadi, bus satu rombongan, dan juga kereta.

Berikut adalah tips rencana liburan ke Jogja yang menurut saya perlu untuk di perhatikan:

Hindari Tanggal Merah dan Cuti Bersama

Jika ingin berliburan ke Jogja, sebisa mungkin tidak saat tanggal merah dan cuti bersama. Jika mau tidak mau tetap mengambil tanggal merah dan cuti bersama, ya mau bagaimana lagi. Tapi tentu pada saat itu Jogja akan lebih ramai dari biasanya.

Pilih Moda Transportasi yang Hemat

Transportasi menjadi hal yang sangat krusial apabila kita berpergian ke luar kota termasuk liburan ke Jogja bersama keluarga. Jika kita belum mempunyai kendaraan pribadi, pastikan kita ingin berangkat naik transportasi apa, apakah travel, bus, kereta atau pesawat.

Yang lebih penting lagi, nanti sesampainya di Jogja mau naik apa? Apakah mau naik transportasi umum atau mau menyewa mobil seharian beserta supirnya? Karena ini akan sangat mempengaruhi budget liburan ke jogja 3 hari 2 malam.

Kalau naik kereta, biasanya kita berangkat dari Stasiun Gambir atau Stasiun Senen, lalu turun di Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan. Jika kita berangkat dengan kendaraan pribadi, sekarang kita bisa menggunakan jalan tol agar sampai ke Jogja lebih cepat.

Mencari Tempat Penginapan yang Strategis dan Nyaman

Karena kita pergi bersama keluarga, tentu kita tidak bisa sembarangan menginap seperti jika kita hanya pergi seorang diri backpacker ke Jogja bisa menginap di kosan teman atau rumah teman yang menetap di Jogja. No!

Kalau pergi bersama keluarga, kita harus melihat berapa banyak anggota keluarga yang ikut, apakah ada lansia yang ikut, infant atau hanya sepupu sepantaran? Nah jadi sebaiknya kita memilih penginapan yang strategis dan nyaman. Alhamdulillah jika mempunyai kerabat di Jogja yang berkenan dihampiri untuk menginap selama beberapa hari.

Namun jika tidak, sebaiknya pilihlah guesthouse karena lebih murah daripada menyewa hotel per kamar. Selain itu, sebisa mungkin kita menyewa penginapan melalui aplikasi karena harga sewanya cenderung lebih murah daripada langsung menyewa di lobi penginapan.

Pergi ke Tempat Wisata sesuai Kawasannya

Misal kamu ingin pergi ke kawasan Malioboro lalu habis itu ke kawasan Kaliurang. Kan jarak tempuhnya lumayan jauh, nah jadi sebisa mungkin pilih yang sekiranya tidak memakan waktu.

Jadi dalam satu hari misal kamu menginap di Kawasan Kaliurang, maka dari pagi kamu bisa berwisata ke kawasan Merapi dan Kaliurang, seperti ke Museum Ulen Sentalu, The Lost World Castle, Rumah Hobbit, Stone Hange, dan kulineran di sekitarnya sampai siang hari.
Sorenya kita bisa mulai pergi ke kawasan Malioboro seperti ke Taman Sari, Kraton Yogyakarta, berbelanja di Pasar Bringharjo, dan wisata malam di Alun-Alun Kidul Jogja sambil kulineran Gudeg.

Kulineran

Gak Afdhol kalau di Jogja gak kulineran. Tapi saran saya, sebelum kulineran, pastikan kita mencari tahu dulu apa saja kulineran khas Jogja dan apa saja kuliner yang sedang hits di Jogja saat ini.
Karena keluarga saya sering ke Jogja dan kebetulan saya kuliah di sana, jadi kalau soal kulineran, biasanya keluarga saya ngikut apa kata saya aja yang sudah biasa ngubek-ubek Jogja.

Oleh-Oleh

Terakhir, jangan lupa membawa oleh-oleh ala kadarnya untuk orang-orang yang ingin kita beri oleh-oleh. Karena di Jogja banyak sekali oleh-oleh mulai dari Bakpia sampai Kaos Dagadu, jadi sebisa mungkin kita bawakan oleh-oleh yang terjangkau dengan budget kita dan kapasitas kendaraan yang akan membawa kita kembali pulang ke rumah.

Jika kita pandai menawar untuk oleh-oleh yang bisa ditawar tentu bagus. Namun dalam masa pandemi seperti ini, akan lebih baik jika kita tidak menawar (jika memiliki budget lebih) hitung-hitung bersedekah dan melancarkan peredaran mata uang sehingga roda ekonomi pun berputar dengan normal.

Nah, karena saat ini sedang dalam masa pandemi, pastikan kita sudah membawa kantong belanja, alat makan minum pribadi dari rumah untuk meminimalisir penularan kasus Covid 19.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan yakin bahwa selama liburan ke Jogja kita sehat wal afiat (akan lebih bagus sebelum berangkat tes kesehatan terlebih dulu).

Sekian, semoga tips liburan ke Jogja bersama Keluarga berangkat dari Jakarta ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan dukung akun Youtube saya dengan menonton video di bawah ini dan pastikan untuk subscribe ya, terima kasih :)
Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

11 komentar untuk "Tips Liburan Ke Jogja Bersama Keluarga Berangkat dari Jakarta"

1. gudeg legend banget nih bukafa. jadi kangen juga liburan ke jogja. terakhir waktu anak-anak kecil.

BalasHapus
  2. Aduuh jadi kangen Jogja. Gak pernah piknik bareng keluarga ke sana.

3. Liburan di Yogya paling berkesan menurutku sih. Sudah 3 tahun ga kesana. Oleh oleh ini penting banget ya mba kalau bepergian. Biar ada yg dikenang juga

4. Aduh baca ginian jadi inget waktu plesir sama temen-temen ke Jogja sebelum badai covid dateng. Kalau udah berkeluarga nanti, mau juga ngrasain serunya ngetrip bareng

BalasHapus
  5. Wah ibukafa abis dri Jogja yaa, semoga next time kalo ke jogja lagi kita bisa ketemuan yaah. Aku orang Jogja.

6. waaa kangen banget sama jogja, huhu.. sejak pandemi belum berani kesana :( semoga segera bisa kesana lagi. emang ngangenin banget ya suasana jogja :)

7. Kemarin sempat ke Jogja juga sebelum pandemi. Sekarang pngen balik rasanya. Tapi kata te,en banyak wisata yang belum di buka. Apalagi anak-anak juga belum vaksin.

BalasHapus
  8. Jogjaaa.. Salah satu tempat yg pengen aku kunjungi nih buu, belum kesampaian, huhu.. Baca ini aja udah seru buanget, hihi.. semoga bisa segera ke sana ya entar, aamiin..

Makasih tipsnya buu..

9. Dulu sempat liburan ke Jogja seminggu aja. Tapi karena sering hujan cuma beberapa tempat deh akhirnya. Banyak tempat yang belum dieksplor.Sky view gunung kidul keren banget ya XD

BalasHapus
  10. memang liburan ke Jogja nggak lengkap tanpa kulineran sih yaa, haha..

11. Hwaaa jadi kangen jogja akutuhh. paling sering liburan ke jogja emang, hihi. ngangenin kayak kota kelahiran