Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Raih Jutaan Rupiah

Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Raih Jutaan Rupiah
Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Raih Jutaan Rupiah

Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Raih Jutaan Rupiah

Sewaktu saya masih pelajar, saya ingat sekali saat itu tidak ada yang memberitahu saya bahwa meskipun status saya masih pelajar, tetapi saya sebenarnya bisa lho menjadi pebisnis tanpa modal agar dapat meraih jutaan rupiah.

Uang jajan yang saya dapatkan sewaktu menjadi pelajar hanya dari orang tua. Sisanya, saya mendapatkan uang jajan tambahan atau pendapatan apabila saya berhasil memenangkan lomba tertentu.

Sewaktu kuliah juga saya mencoba untuk kerja paruh waktu baik untuk mengajar les privat maupun bekerja di beberapa UKM bidang kuliner. Setelah menjadi ibu rumah tangga, saya baru tahu ternyata ada cara bisnis online yang dapat dilakukan oleh pelajar meskipun tanpa modal.

Kemana saja ...

Berikut adalah bisnis tanpa modal untuk pelajar dan meraih pendapatan jutaan rupiah:

Content Creator

Sudah bukan jamannya lagi pelajar tidak mengenal yang istilahnya Youtuber, Podcaster, Photographer, Blogger dan sejenisnya. Dari pada hanya menjadi penonton setia, ada baiknya kita mulai mencoba menjadi bagian dari para content creator dengan mencoba membuat konten yang paling kita sukai, apakah di bidang tulis-menulis, video, ataupun yang lainnya.

Jika kita suka menulis, maka mulailah membiasakan diri untuk menulis dengan menjadi seorang blogger. Menulis hal-hal yang kita sukai. Jika kita suka mendokumentasikan sesuatu, kita bisa memulai dengan menjadi videographer atau photographer untuk katalog produk.

Kita juga bisa mengunggah hasil pekerjaan kita di akun Youtube sehingga bisa mendapatkan pemasukan dari Youtube apabila telah memenuhi persyaratan Youtube.

Mentor Belajar Online

Jika kita merasa mampu dengan kemampuan akademik, ada baiknya untuk memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi ladang pemasukan kita dengan menjadi mentor belajar online.

Saat ini, seorang mentor belajar tidak harus datang ke rumah pelajar, tetapi dengan berbagai aplikasi meeting online kita bisa sharing ilmu yang kita kuasai misalnya ilmu tentang mata pelajaran matematika, bahasa, ilmu pengetahuan alam, ilmu agama, dan masih banyak lagi ilmu lainnya yang sesuai dengan kemampuan kita.

Illustrator

Jika kita mempunyai skill menggambar, kita bisa membuka bisnis jasa membuat ilustrasi yang dapat diorder per satu gambar hingga banyak gambar seperti untuk souvenir misalnya.

Dropshipper

Buat kamu pelajar yang suka belanja, coba deh bisnis yang satu ini, usaha menjadi dropshipper. Kita tidak perlu keluar modal, kita hanya cukup membagikan produk dari penjual lain di sosial media kita.

Selain itu, melalui bisnis ini, kita juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan apabila kita tidak hanya menjadi dropshipper tetapi juga menjadi affiliate untuk produk-produk tertentu.

Freelance Writer

Jika kamu suka menulis, maka cobalah untuk mendaftar menjadi penulis lepas di berbagai media online. Pendapatan dari freelance writer sangat bervariasi dan tidak hanya baik untuk dijadikan peluang bisnis tetapi bagus juga untuk dijadikan portofolio.

Tentu masih ada banyak ragam bisnis tanpa modal lainnya yang dapat dilakukan oleh pelajar agar dapat meraih jutaan rupiah. Namun, dari kelima bisnis di atas mana nih yang sudah pernah kamu coba?

Yang terpenting dari kelima bisnis tersebut adalah senantiasa konsisten dan tidak merasa terbebani ketika melakukannya agar mendapatkan keuntungan yang optimal.

Nah itu dia ulasan tentang bisnis tanpa modal untuk pelajar raih jutaan rupiah. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

4 komentar untuk "Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar Raih Jutaan Rupiah"

  1. Dulu waktu masih sekolah even kuliah rasanya ak ga mikir gmn bs dapetin cuan selain nyari beasiswa wkwk. Baru pas jd emak2 merambah job2 di atas ;)

    BalasHapus
  2. Bener juga ya, jaman sekarang anak-anak muda banyak sekali peluang untuk bisa produktif menghasilkan cuan ya. Yang tua kudu semangat belajar terus biar nggak kalah saing wkwk

    BalasHapus
  3. Dropshipper ini menurutku paling gampang. Karena kita hanya perlu promo dan rekap siaa yg beli aja. Nggak perlu packing dan kirim paket.

    BalasHapus
  4. Anak zaman sekarang keknya memang lebih banyak peluang bisnisnya ya, kalo nggak dimanfaatin sebaik mungkin, bisa ketinggalan jauh ya, bu.

    BalasHapus