Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: Nakita.ID

Dengan Cara ini Jerawat Punggung Menghilang Tanpa Bekas

Jerawat pada daerah punggung menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Hal ini biasanya dipicu beberapa hal diantaranya keringat, hormon, stres, atau bawaan genetik.

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan gatal dan perih, jerawat yang timbul di daerah punggung juga dapat mengurangi kepercayaan diri penderitanya saat mengenakan pakaian yang memperlihatkan area punggung.

Menghilangkan jerawat pada daerah punggung dapat dilakukan dengan beberapa cara beberapa diantaranya adalah menggunakan bahan-bahan alami sehingga meminimalisir efek samping, obat tertentu, dan penerapan kebiasaan sehat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Sama halnya dengan jerawat pada wajah, jerawat yang timbul pada area punggung juga dapat diatasi dengan beberapa cara dari penggunaan obat alami hingga obat-obatan medis yang telah teruji secara klinis.

berdasarkan sumber artikel yang didapatkan dari Indozone. Untuk tips-tips lainnya kamu bisa kunjungi situs Indozone.

berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat pada area punggung.

1. Pemakaian Obat Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: hellosehat.com

Pemakaian obat jerawat dapat menjadi salah satu jalan keluar dalam mengatasi jerawat yang timbul di area punggung dengan cepat. Obat-obatan yang mengandung zat berikut dapat menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat pada punggung diantaranya dengan kandungan benzoil peroksida, retinoid, asam alfa hidroksi, dan antibiotik.

Setelah penggunaan obat jerawat, berikan jeda waktu agar obat dapat meresap di daerah yang diinginkan sebelum mengenakan pakaian. Obat jerawat biasanya mudah untuk ditemukan pada apotek terdekat.

2. Penggunaan Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: hellosehat.com

Penggunaan lidah buaya termasuk salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat punggung dengan cara yang alami dan menghindari efek samping. Lidah buaya digunakan karena mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang ada.

pengaplikasian Lidah buaya dengan cara oleskan gel lidah buaya di area punggung yang berjerawat. Diamkan beberapa saat agar gel tersebut mengering. Selain penggunaan Lidah buaya secara langsung, ada beberapa pilihan yang ada di pasaran produk dari Lidah buaya.

3. Melumuri Madu

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: masfikr.com

Melumuri area punggung yang berjerawat juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat pada punggung secara alami. Hal ini disebabkan kandungan  antioksidan dan anti inflamasi yang terdapat pada madu dapat mengurangi iritasi kulit akibat berjerawat.

Tahapan penggunaan madu terbilang cukup mudah, langkah pertama yang dilakukan adalah oleskan madu di bagian punggung yang berjerawat. setelah di diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih. pengulangan tahapan ini bisa dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing.

4. Oleskan Lemon

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: republika.co.id
Bahan alami seperti lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pada daerah punggung. Asam askorbat yang terkandung pada lemon dapat membantu menghilangkan jerawat pada punggung dengan mengangkat kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Penggunaan lemon juga termasuk sangat mudah dan praktis. Bisa dengan mengambil air perasan lemon lalu dioleskan pada jerawat di area punggung. setelah dioleskan di bagian tubuh yang diinginkan tunggu selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

5. Hindari Pakaian Ketat

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: jadiBerita.com
Penggunaan pakaian ketat dapat memicu keringat menjadi sulit mengering dan mengakibatkan pori-pori menjadi lembab dan bakteri penyebab jerawat akan berkembang biak dengan cepat.

Ternyata pakaian yang ketat juga dapat memperparah jerawat yang ada. Oleh sebab itu penggunaan pakaian harus sedikit longgar. Hal ini dikarenakan pakaian yang longgar akan membuat kulit menjadi mudah untuk ‘bernafas”.

6. Gunakan Sabun Mandi Khusus Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: cosmopolitan.co.id

Penggunaan sabun mandi yang secara khusus diproduksi untuk mengatasi jerawat di area punggung dapat menjadi salah satu solusi yang ada. Pilihlah sabun mandi yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida untuk proses menghilangkan jerawat yang timbul di area punggung.

Biasanya sabun mandi khusus jerawat dapat mengontrol produksi minyak yang berlebihan, hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jerawat di area punggung sekaligus membersihkan bakteri yang ada penyebab jerawat.

7. Bersihkan Badan dengan Scrub

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: hellosehat.com

Kebersihan badan juga menjadi faktor utama permasalahan jerawat yang timbul di area punggung. Membersihkan badan dan merawat tubuh dengan scrub menjadi salah satu opsi terbaik untuk menghilangkan jerawat di punggung. Sudah menjadi rahasia umum apabila salah satu penyebab jerawat timbul adalah pori-pori yang tersumbat.

Dengan penggunaan scrub secara rutin, makan pori-pori kulit akan menjadi lebih terbuka sehingga hal tersebut dapat membuat kotoran menjadi mudah untuk dibersihkan, selain itu scrub juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

8. Mengganti Pakaian jika Basah

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: kompasiana.com

Jerawat pada area punggung dapat diatasi dengan kebiasaan sehat rutin mengganti pakaian yang basah atau lembab. Hal ini dikarenakan pakaian yang basah atau lembab dapat menjadi sumber bakteri dan memicu adanya peradangan di area punggung.

Sebagai contoh perilaku sehat adalah dengan mengganti pakaian yang baru berkeringat atau saat terkena hujan. selain mengganti pakaian, pemilihan bahan yang tepat seperti katun yang mudah menyerap keringat juga menjadi pencegahan jerawat kembali timbul di area punggung .

9. Jangan Biarkan Rambut Tergerai

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: berita.yahoo.com
Kondisi rambut panjang yang mengenai area punggung dan dalam posisi tergerai berpotensi menimbulkan jerawat pada punggung. Hal ini disebabkan rambut yang tergerai berpotensi membawa debu dan polusi yang menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat di area punggung.

Maka dari itu jika memang memiliki rambut yang panjang, sebaiknya segera ikat rambut agar tidak memperparah kondisi jerawat yang ada di area punggung.

10. Batasi pemakaian tas ransel

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami
sumber: m.dream.co.id
Mengurangi intensitas pemakaian tas ransel adalah salah satu cara mengatasi jerawat yang timbul di area punggung. Sebagai ilustrasi tas ransel yang menempel di bagian punggung akan membuat sirkulasi udara menjadi tertutup dan menyebabkan bagian punggung menjadi mudah berkeringat.

Saat punggung sudah mulai berkeringat dalam durasi yang cukup lama, maka bakteri akan perlahan-lahan berkembang biak dan menjadi penyebab jerawat muncul kembali di area punggung.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat pada punggung yang mudah untuk dilaksanakan. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh jerawat punggung.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

5 komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Tanpa Bekas Secara Alami"

  1. Ternyata ada banyak cara alami ya yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat punggung. Boleh dipraktikkan nih tipsnya

    BalasHapus
  2. wah, tas ransel bisa jadi penyebab ya mb? batu tahu ih. makasih ya mb informasinya, bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  3. Jadi inget temen ada yang punya jerawat juga di bagian punggung, emang kita kudu rajin jaga kebersihan sih ya

    BalasHapus
  4. aku kadang-kadang muncul juga jerawat di pungggung mbak. Biasanya aku pakai scrub, minta tolong misua untuk bersihinnya.

    BalasHapus
  5. Aduh, ada jerawat diwajah aja bikin nggak nyamam, gimana lagi jerawat dipunggung ya, bu.

    Intinya sih kalo mandi yg bersih, hihi..

    BalasHapus