Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Biaya Kursus Menjahit Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Penjahit Pemula

Biaya Kursus Menjahit Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Penjahit Pemula
Biaya Kursus Menjahit Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Penjahit Pemula

Biaya Kursus Menjahit

Seperti yang saya bilang di postingan sebelumnya yaitu tentang rekomendasi mesin jahit untuk pemula, karena saya berniat untuk mencoba mempunyai skill baru yaitu menjahit, maka saya pun mencari informasi biaya kursus menjahit di berbagai tempat.

Kalau bisa sih di Jakarta karena saya tinggal di Jakarta, tetapi informasi biaya kursus menjahit yang kali ini saya tulis berada di berbagai pelatihan tempat menjahit tidak hanya di Jakarta, siapa tahu teman-teman juga membutuhkannya.

Berdasarkan informasi yang telah saya baca dan rangkum dari beberapa sumber, biaya kursus menjahit bergantung pada kelas yang diambil oleh calon pelajar yaitu kelas dasar, terampil dan mahir.

Sebetulnya ada pula penyedia kursus menjahit yang tidak mengenakan biaya kursus menjahit, biasanya bekerja sama dengan pemerintah atau yayasan tertentu. Namun tentun berbeda jika kita mendaftar kursus menjahit di penyedia kursus mandiri atau swasta.

Berikut adalah biaya kursus menjahit mandiri yang perlu diketahui:

GoUKM Training Center

Lembaga pelatihan keterampilan ini menyediakan kelas untuk belajar menjahit secara online maupun offline. Tarifnya pun cukup terjangkau dan pelajar dapat melaksanakan pembelajaran dengan kurun waktu yang singkat hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 450 ribu rupiah untuk kelas tingkat dasar.

Kursus Menjahit Yani 45

Bagi kamu yang tinggal di Bandung, ada kursus menjahit Yani 45 yang menyediakan kursus menjahit dengan beragam kelas mulai dari:

Kursus obras dengan biaya 450 ribu rupiah untuk 10 kali pertemuan dengan durasi 1.5 jam untuk setiap kali pertemuan.

Kursus menjahit pakaian pria, wanita & anak-anak mulai dari tingkat dasar, terampil hingga mahir. Biaya yang dikeluarkan mulai dari 670 ribu - 970 ribu rupiah tergantung kelas reguler atau kilat yang diambil.

Jika mengambil kelas reguler maka ada tambahan 70 ribu rupiah setiap bulannya. Durasi belajar 2 jam setiap pertemuan, untuk lama pembelajaran dapat disesuaikan dengan kemampuan pelajar (kecuali kelas kilat, lama pembelajarannya adalah 2 bulan).

Progress belajar ini nantinya akan mempengaruhi tingkat kelas karena akan dijadikan ujian sebelum kenaikan kelas dan setiap kenaikan kelas tidak dikenakan biaya menjahit lagi.

Selain itu di LPK Yani 45 ada pula kursus menjahit jahit High Speed/Juki, kursus bordir mesin jahit High Speed, kursus sulam pita dan benang, kursus payet, kursus smock. Untuk biaya dan lama pembelajaran dapat langsung mengunjungi LPK Yani 45 di Jl. Soreang-Banjaran No 348 Ciburial, Bandung Indonesia atau berkunjung ke https://lpkyani45.blogspot.com/.

Kursus Menjahit Elfina

Tempat kursus menjahit selanjutnya adalah kursus menjahit Elfina yang menetapkan biaya kursus menjahit sebesar 600 ribu rupiah untuk 7 kali pertemuan. Durasi setiap pertemuan selama 3 jam dengan fasilitas yang diberikan selama pelatihan yaitu mesin jahit, mesin obras, setrika, maneken, perlengkapan menjahit, serta modul terkait materi pola yang dibutuhkan oleh pelajar.

LPK Bina Mandiri Kulon Progo

Untuk kamu yang berdomisili di Yogyakarta, LPK Bina Mandiri tidak hanya menyediakan kursus stir mobil dan kursus komputer, tetapi juga kursus menjahit dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sebesar 1.5 juta rupiah untuk 16 kali pertemuan. Durasi setiap pertemuan 2-4 jam.

Materi yang diajarkan adalah langsung praktek untuk membuat kemeja, celana cullote, celana panjang, blues, rok, pakaian pria, pakaian wanita, serta pakaian pesta. Fasilitas yang didapatkan selama menjahit adalah instruktur sarjana dan praktisi tata busana, mesin jahit berdinamo, bahan praktek dari LKP, mesin produksi/juki, mesin obras/itik-itik.

Calon pelajar kursus menjahit LPK Bina Mandiri harus membawa foto 3x4 berwarna sebanyak 4 lembar, fc KTP 1 lembar, fc ijazah terakhir 1 lembar, biaya pendaftaran sebesar 25 ribu rupiah. Jika teman-teman berminat, teman-teman bisa berkunjung ke Jl. Sadewo No. 56 Wetan, Pasar Wates, Selatan Masjid Khotidjah atau hubungi nomor 0856-6825-0506.

Kursus Menjahit Pelita Masa

Di kursus menjahit Pelita Masa, biaya kursus menjahit dibedakan menjadi kelas reguler dan kelas kilat. Biaya untuk kelas regulernya pun beragam mulai dari 750 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah terdiri dari beberapa paket yaitu:

Paket sulam pita sebesar 750 ribu rupiah cash untuk pembelajaran selama 1 minggu.

Paket garment sebesar 1 juta rupiah cash untuk pembelajaran selama 1 bulan.

Paket menjahit dasar sebesar 1 juta rupiah dapat dicicil perbulan 250 ribu rupiah untuk pembelajaran selama 6 bulan.

Display

Paket menjahit terampil sebesar 1 juta rupiah dapat dicicil perbulan 275 ribu rupiah untuk pembelajaran selama 6 bulan.

Paket mahir dan paket mahir linseri sebesar 1 juta rupiah dapat dicicil perbulan 300 ribu rupiah untuk pembelajaran selama 6 bulan.

Paket border sebesar 2 juta rupiah cash untuk pembelajaran selama 3 bulan.

Sedangkan biaya kursus menjahit untuk kelas kilatnya dimulai dari 1 juta rupiah hingga 7.5 juta rupiah dengan estimasi waktu lebih cepat 3 bulan jika dibandingkan kelas reguler. Biaya tersebut dapat dicicil mulai dari 2-9 kali cicilan hingga tanpa cicilan tergantung paket mana yang diambil.

Kursus Menjahit dan Mode Juliana Jaya

Di tempat kursus menjahit dan mode Juliana Jaya menyediakan tiga tingkat kelas menjahit dengan harga kurang lebih 7 juta rupiah per setiap kelasnya. Biaya tersebut dapat dicicil sebanyak 2 kali.

Namun jika membayar cash akan mendapatkan potongan 1 juta rupiah. Sedangkan jika mengambil paket hemat akan memperoleh diskon sebesar 50% included 1 unit mesin jahit. Apabila teman-teman tertarik, teman-teman bisa langsung berkunjung ke lokasi di 

Jl. Ir H. Juanda Raya No.52, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan.

Kursus Menjahit Monalita

Selanjutnya di tempat kursus menjahit Monalita, disediakan kelas dari tingkat dasar hingga kelas pendukung menjahit seperti desain, bordir, sulam dengan lama pembelajaran yang beragam.

Untuk kelas menjahit tersendiri, lama pembelajaran sebanyak 72 kali pertemuan selama 3 , 4, dan 6 bulan tergantung pilihan pelajar mau belajar lebih cepat atau lebih lama. Durasi setiap pembelajaran selama 2 jam dengan standar kompetensi yang telah disiapkan untuk setiap tingkatannya.

Jika teman-teman berminat belajar menjahit di kursus menjahit Monalita, teman-teman bisa menghubungi nomor 021-4753565 atau WA 0852-1729-9668 atau langsung ke lokasi kursus di Pasar Sunan Giri Lt. I no. 21 Rawamangun, Pulo Gadung, RT 8/RW 15, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220.

Nah, itu dia ulasan tentang Biaya Kursus Menjahit Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Penjahit Pemula. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:

https://biaya.info/biaya-kursus-menjahit/

Dukung terus konten Iffiarahman.com dengan subscribe Youtube berikut di bawah ini:

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biaya Kursus Menjahit Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Penjahit Pemula"