Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking serta SMS Banking dan Kegunaannya

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking serta SMS Banking dan Kegunaannya
Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking serta SMS Banking dan Kegunaannya

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking serta SMS Banking

Dunia perbankan yang selalu berkembang, saat ini mulai menawarkan kemudahan untuk para nasabahnya melalui berbagai layanan operasional yang sangat beragam, salah satunya adalah electronic banking (e-Banking). Layanan ini meliputi SMS Banking, Mobile Banking dan juga Internet Banking.

Layanan e-Banking ini memang ditujukan buat kamu yang mempunyai aktivitas padat di siang hari. mengingat bank hanya buka dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Tentunya, kamu tidak bisa melakukan transaksi bank di luar jam kerja tersebut. Dengan begitu, mau tidak mau kamu harus mengambil cuti kerja jika ingin melakukan transaksi perbankan.

Untungnya, dengan kehadiran e-Banking, akan mempermudah transaksi perbankan yang ingin kamu lakukan. Pasalnya, kamu tidak perlu pergi ke kantor cabang terlebih dahulu untuk melakukan transaksi bank. Selain itu, e-Banking ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja. 

Layanan e-Banking dari Bank

Mengingat banyaknya layanan yang ditawarkan oleh bank untuk mewujudkan transaksi pada masyarakat yang tidak menggunakan uang tunai (less cash society). Berikut ini beberapa informasi yang perlu kamu ketahui dari ketiga layanan e-Banking tersebut beserta dengan perbedaannya.

1. SMS Banking

SMS banking adalah layanan perbankan yang dapat langsung diakses melalui handphone/ponsel dengan menggunakan media SMS. Fitur SMS Banking mulai dari layanan informasi saldo, mutasi rekening, rekening kartu kredit, hingga suku bunga. Serta, transaksi lain, seperti pembayaran, transfer, hingga pembelian tiket.

Untuk dapat menggunakan SMS Banking, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar dan mendaftarkan nomor ponsel ke bank dan mendapatkan password. Kemudian pelanggan dapat melakukan transaksi dengan memasukkan SMS sesuai dengan format SMS yang telah disepakati.

2. Internet Banking

Internet banking merupakan layanan untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet. Dimana transaksi bank akan memanfaatkan teknologi internet untuk dijadikan media. Baik itu untuk melakukan transaksi maupun informasi lain melalui website resmi bank.

Fitur layanan dari internet banking ini antara lain informasi umum terkait rekening tabungan, rekening deposito, informasi mutasi rekening, kartu kredit hingga transfer. Selain itu, juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, penempatan deposito, pembelian pulsa, tiket dan masih banyak yang lainnya.

Untuk bisa menggunakan internet banking, bagi nasabah, kamu harus mempunyai User ID, password, media token, OTP (One Time Password), dan juga koneksi internet. Nasabah harus memastikan bahwa website yang diakses merupakan internet banking miliknya sendiri.

3. Mobile Banking

Mobile Banking merupakan layanan untuk nasabah bank yang ingin melakukan transaksi perbankan melalui smartphone yang dimilikinya. Fitur yang disematkan pada layanan ini antara lain, informasi saldo, transaksi perbankan, hingga lokasi ATM terdekat. 

Selain itu, Mobile Banking juga menyediakan fungsi penanganan transaksi seperti wire transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan berbagai fungsi lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar ke bank untuk mendapatkan password. Nasabah dapat menggunakan layanan Mobile Banking dengan mengakses menu yang tersedia pada kartu SIM atau aplikasi yang terpasang pada ponsel.

Setelah kamu mengetahui perbedaan dari ketiga layanan e-Banking di atas? Manakah yang menurutmu paling worth it untuk digunakan saat ini? jika kamu memilih Mobile Banking. Ada salah satu bank yang mempunyai aplikasi perbankan dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan para penggunanya, yaitu PermataMobile X.

Keunggulan PermataMobile X

PermataMobile X merupakan layanan Mobile Banking yang dikeluarkan oleh PermataBank untuk mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan. Adapun berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi perbankan yang satu ini sebagai berikut:

1. Sangat Praktis

Ya, dengan mengunduh dan memasang aplikasi PermataMobile X pada smartphone yang kamu miliki, kamu bisa melakukan transaksi bank dimana saja dan kapan saja. Baik itu untuk pembukaan rekening baru, transfer ke ke rekening lain, cek mutasi tabungan, bayar tagihan kartu kredit, isi ulang pulsa, pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan) hingga penyetoran investasi deposito.

2. Canggih

Tidak hanya sangat praktis, Mobile Banking yang satu ini layaknya paket komplit. Dimana terdapat ratusan fitur perbankan yang akan mempermudah para penggunanya saat ingin melakukan transaksi bank. Misalnya saja saat ingin melakukan pembayaran di toko atau merchant, kamu hanya perlu membayarnya menggunakan QR Pay

Serta adanya fitur Digital Token + Mobile PIN membuat penggunaan aplikasi ini jadi lebih ringkas. Sebab, kamu tidak perlu lagi menunggu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone. Selain itu, masih ada fitur Mobile Cash yang membuatmu bisa melakukan tarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu.

3. Aman

Meski tidak menggunakan kode OTP saat melakukan transaksi, transaksi yang kamu lakukan akan tetap dijamin keamanannya. Sebab, OTP tersebut digantikan dengan Mobile PIN yang langsung bisa dimasukkan saat melakukan transaksi. Selain itu, masih ada fitur Face ID dan Finger print untuk login.

Nah itu dia penjelasan mengenai SMS Banking, Internet Banking dan juga Mobile Banking yang sangat berguna buat kamu yang mempunyai waktu luang sedikit untuk pergi ke kantor cabang bank, guna melakukan transaksi perbankan. 

Selain mempermudah segala transaksi bank, dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X, kau juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur unggulan yang sangat bermanfaat. Jadi, masih ragu dengan layanan e-Banking dari PermataBank ini? Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasinya dan dapatkan segudang manfaat yang ditawarkan untuk nasabahnya.

Sumber:

https://money.kompas.com/read/2021/02/23/163000926/beda-cara-menggunakan-sms-banking-mobile-banking-dan-internet-banking?page=all

https://www.permatabank.com/id/digital-channel/permatamobile-x

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking serta SMS Banking dan Kegunaannya"