Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula Biar Gak Boncos

Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula Biar Gak Boncos
Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula Biar Gak Boncos

Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula

Karena saya kerap bolak balik ke Jogja, akhirnya sering banget juga yang nanya ke saya tips liburan ke Jogja bagi pemula dong. Baiklah, tanpa babibu, saya mau mempersingkat paragraf pertama ini biar lebih banyak tips yang saya berikan.

Berikut adalah tips liburan ke Jogja bagi pemula biar gak boncos:

Solo Traveling atau Rame-Rame?

Nah, sebelum liburan ke jogja, pastikan dulu kita ini mau jalan-jalan sendiri atau rombongan bareng keluarga atau teman? Karena tentu akan sangat mempengaruhi budget yang kita alokasikan.

Apalagi kaya saya gini yang udah punya anak, bahkan sampai pospak si kecil pun saya bawa satu bal biar gak usah beli-beli lagi selama di Jogja. Emang sih bawanya rada ribet, tapi kan ada suami. Kalau ternyata bawaan kita masih terlalu banyak, kita bisa juga kok pakai jasa porter start from Rp 20.000,-

Tentukan Destinasi Wisata

Jangan sampai pas di baru sampai Jogja kamu baru mau menentukan destinasi wisata. No! Pastikan kamu sudah tahu mau mengunjungi destinasi wisata apa ketika sampai di Jogja. Biasanya ada 3 patokan wisata di Jogja yaitu wisata di sekitar area 0 kilometer, wisata ke arah utara Jogja, atau wisata ke arah selatan Jogja.

Jadi kalau kamu mau 3 hari 4 malam di Jogja, ini bisa bangeeet pakai patokan wisata ini. Misal hari pertama kamu mau berwisata di sekitar area 0 kilometer Jogja seperti Keraton Jogja, Malioboro, Belanja di Mirota Batik, Pasar Bringharjo, ke Taman Pintar (jika bersama si kecil), ke Taman Sari dan malamnya bermain sepeda di Alun-Alun Kidul atau makan di angkringan sekitar stasiun Tugu.

Kalau ayah saya dulu paling senang belanja buku di Pasar Shoping. Kalau udah lihat buku suka lupa beliau. Letak pasarnya ada di belakang Taman Pintar. Tidak jauh dari sana ada Taman Budaya Yogyakarta yang sering digunakan untuk pameran pada waktu-waktu tertentu.

Hari kedua waktunya kamu berwisata ke arah utara Jogja artinya destinasi wisata di sekitar Kaliurang akan menjadi tujuanmu misal makan di Kopi Klotok, Main di The Lost World, mengunjungi Museum Ulen Sentalu, atau sekadar makan jadah di sekitar Kaliurang setelah Lava Tour Merapi.

Hari ketiga waktunya kamu berwisata ke selatan Jogja yaitu main di pantai. Gak afdhol pokoknya kalau ke Jogja gak ke pantai Gunung Kidul. Ada banyak sederetan pantai di Gunung Kidul yang dapat menjadi destinasi healing kamu. Bahkan selain pantai ada juga destinasi wisata baru seperti Hutan Pinus dan HeHa Jogja.

Transportasi yang Akan Digunakan

Kedua, biasanya kalau saya ke Jogja ada beberapa opsi yaitu bawa kendaraan pribadi, naik travel, naik kereta, atau naik pesawat. Nah kalau belum ada kendaraan pribadi, biar gak boncos, saran saya, sebaiknya teman-teman gunakan kereta api sebagai transportasi yang akan digunakan.

Pastikan juga memesannya di aplikasi tiket online karena biasanya ada kode promo. Lumayan kan buat nambah-nambahin dana parkir pas di Jogja.

Jangan Lupa Swab Antigen

Terus, kalau kita mau naik kereta, pastikan juga untuk swab antigen di stasiun aja karena harganya sudah pasti yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan tempat swab swasta lainnya.

Pilih Kendaraan Selama Di Jogja

Sesampainya di Jogja, kita bisa menggunakan jasa ojek online, transJogja, atau menyewa kendaraan. Untuk motor biasanya mulai dari harga 70 ribu rupiah. Kalau saya karena takut hujan dan bawa bayi, jadi saya sering menggunakan mobil Palawa Tour sebagai jasa penyewaan kendaraan selama di Jogja yang kebetulan ownernya adalah teman saya dan suami.

Tempat Penginapan

Pastikan juga teman-teman memilih tempat menginap yang dekat dengan pusat kota seperti Malioboro agar aksesnya lebih mudah. Selain itu, harga tempat menginap di Jogja tergolong murah mulai dari 90 ribu rupiah hingga ratusan ribu per malamnya untuk bisa rebahan dan tidur serta staycation dengan nyaman.

Lapar? Pakai Aplikasi Order Makanan Online

Kalau saya sih tidak menyarankan membawa makanan kering dari rumah ya meskipun ini tips liburan ke Jogja bagi pemula. Karena menurut saya pribadi, makanan di Jogja masih banyak kok yang enak dan murah. Asal tahu aja dimananya seperti Olive atau makan di angkringan Tenda Biru Krapyak.

Kalau saya justru menyarankan membawa makanan favorit si kecil kalau memang kita adalah orang tua muda yang mau ke Jogja. Why? Tentu karena kalau kita kan sudah besar ya, bisa lebih cepat beradaptasi dan nrimo.

Nah, kalau anak kecil kan apalagi yang baru MPASI atau toddler, mereka pasti akan lebih mudah mengonsumsi makanan favorit mereka. Jadi waktu itu saya bawa abon untuk si kecil karena dia suka abon. Kalau pas lagi makan di luar dia gak suka menu yang kami pesan, maka abon auto to the rescue.

Tapi jujur, pengeluaran terbesar saya di Jogja biasanya adalah di makan mengingat saya adalah orang yang mudah terserang maagh. Karena selain untuk makan pribadi, saya juga kerap membawakan oleh-oleh ketika bertamu ke teman-teman terdekat. Tetapi untungnya tertolong dengan adanya voucher kalau order makanan secara online.

Kalau makan atau order di tempat bisa habis banyak, pakai voucher bisa saving up to 50%. Tetapi memang pasti ada sih tempat makan di Jogja yang makannya tu lebih enak dan ngangenin kalau makan di sana kaya makan di angkringan langganan misalnya.

Kode Promo, Promo dan Promo

Terakhir tips liburan ke Jogja bagi pemula biar gak boncos dari saya adalah sering-sering lihat promo karena sangat membantu sekali untuk menjaga kantong biar gak boncos. Aplikasi apapun itu, manfaatkanlah!

Nah, itu dia tips liburan ke Jogja bagi pemula biar gak boncos. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Sekian, sampai berjumpa di Jogja :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula Biar Gak Boncos"