Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula yang Ingin Berinvestasi Properti

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula yang Ingin Berinvestasi Properti
Tips Membeli Apartemen untuk Pemula yang Ingin Berinvestasi Properti

Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula

Selain investasi dalam bentuk emas dan saham, ada beberapa jenis investasi lainnya yang cukup menjanjikan jika kita cermat dalam mengelolanya yaitu investasi properti. Namun tentu untuk investasi properti pun kita harus memilih jenisnya, apakah tanah, rumah, hotel, atau apartemen. Oleh sebab itu artikel ini akan mengulas tentang tips membeli apartemen untuk pemula.

Seperti yang kita ketahui, apartemen dapat dijadikan hunian tetap ataupun disewakan secara berkala mulai dengan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Berikut adalah tips membeli apartemen untuk pemula yang ingin berinvestasi properti agar dapat cuan maksimal:

Menyesuaikan Budget yang Ada

Sebelum berinvestasi, pastikan kita memiliki budget yang disesuaikan dengan apartemen yang ingin dibeli untuk dijadikan investasi properti. Pasti kan pula budgt tersebut sudah include fasilitas apartemen, biaya pemeliharaan gedung dan tagihan lainnya yang perlu dibayarkan ketika apartemen tersebut di huni.

Mencari Lokasi yang Strategis

Jika ingin membeli apartemen untuk berinvestasi, pastikan kita mencari apartemen yang sekiranya berada di lokasi yang strategis untuk penyewa apartemen. Misal dekat dengan perkantoran, pusat kota, fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat wisata atau tempat hiburan, dan juga sekolah.

Pilih Jenis Apartemen yang Sesuai Kebutuhan

Apartemen yang kita pilih haruslah menyesuaikan kebutuhan calon penghuni apartemen yang akan menyewa kita. Tentu kita tidak dapat menebak siapa yang akan menjadi penyewa apartemen kita nantinya, tetapi pilihlah jenis apartemen yang sekiranya cocok dengan target pasar kita, apakah untuk penyewa yang tinggal sendiri atau bersama keluarga.

Untuk desainnya sendiri, pilihlah desain apartemen yang minimalis dan sangat nyaman untuk dihuni serta memiliki bangunan dan fasilitas yang berkualitas dalam artian seperti dindingnya bagus, tidak rembes air hujan, tidak bocor, aliran air lancar, dan lingkungan yang aman serta nyaman.

Riset ke Beberapa Apartemen

Tentu untuk mencari apartemen yang kita inginkan, kita harus riset ke beberapa apartemen untuk membandingkan apartemen mana yang paling cocok dengan budget dan keinginan kita. 

Riset apartemen ini bisa kita lakukan dengan mendatangi langsung unit lokasi maupun melihat platform online-nya.

Misal kita ingin mencari tahu tentang Grand Jati Junction yaitu Apartemen Mezanin nomor 1 di Medan, maka kita bisa langsung mendatangi unitnya atau melihat sekilas informasinya di website resminya.

Biasanya di website resminya akan terlihat tentang apartemen tersebut, promo yang diberikan untuk calon pemilik apartemen, fasilitas yang disediakan, hingga pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan ketika calon pembeli apartemen ingin membeli apartemen.

Mengetahui Kelengkapan Administrasi Apartemen

Selain mencari tahu tentang fasilitas apartemen, kita juga harus mengetahui berkas apa saja yang harus dilengkapi untuk kepemilikan apartemen tersebut. Biasanya berkas-berkas tersebut seputar biaya administrasi bank, PPN, perikatan perjanjian jual beli, notaris, BPHT, pemasaran, hingga perawatan gedung.

Dari kelengkapan administrasi ini pula kita dapat mengetahui izin dan legalitas bangunan yang akan kita miliki agar tidak tertipu oleh developer maupun agen. Selain itu, pastikan untuk mencatat seluruhnya di atas kertas dan memiliki saksi ketika sedang bertransaksi.

Metode Pembayaran Apartemen

Tidak hanya itu, kita juga perlu mengetahui cara pelunasan apartemen, apakah boleh dibayar cash langsung, tunai bertahap, maupun menggunakan kredit. Biasanya, untuk apartemen juga tersedia sejenis KPR yaitu KPA atau Kredit Kepemilikan Apartemen yang dapat dilunasi kurang lebih  5-20 tahun.

Nah itu dia ulasan tentang tips membeli apartemen untuk pemula yang ingin berinvestasi properti. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Apartemen untuk Pemula yang Ingin Berinvestasi Properti"