Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Skill Academy: Kursus & Pelatihan Program Kartu Prakerja Online

Skill Academy: Kursus & Pelatihan Program Kartu Prakerja Online
Skill Academy: Kursus & Pelatihan Program Kartu Prakerja Online

Program Kartu Prakerja

Teman-teman di sini pasti cukup familiar dengan program pemerintah bernama Kartu Prakerja? Yap, program ini santer terdengar ketika pandemi Covid-19 mulai merebak sebagai salah satu solusi dari pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Program ini dijalankan oleh pemerintah dengan menggandeng pelaku usaha swasta demi terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju 2030. Nah, perlu teman-teman ketahui, Kartu Prakerja diperuntukan untuk seluruh masyarakat yang telah berusia 18 tahun ke atas yang sedang tidak sekolah atau kuliah melainkan untuk masyarakat yang sedang mencari pekerjaan, buruh, pekerja lepas, maupun karyawan.

Namun program ini diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda yang belum mendapatkan pekerjaan dan ingin meningkatkan keterampilan baik hard skill maupun soft skill. Bahkan program ini juga diprioritaskan untuk pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi.

Bantuan Program Kartu Prakerja

Bantuan Program Kartu Prakerja yang didapatkan oleh penerima bantuan berupa alokasi dana pelatihan dengan total Rp 3.550.000 dengan rincian bantuan pelatihan 1 juta rupiah, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan sampai 4 bulan, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50 ribu per survei untuk 3 kali survei.

Syarat Mendaftar Program Kartu Prakerja

Berikut adalah langkah untuk mendaftar program Kartu Prakerja jika kamu ingin mengikuti program ini yaitu warga negara Indonesia yang telah berusia 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar serta memilih pelatihan yang kamu inginkan. Jika kamu berhasil mendapatkan kesempatan bantuan Kartu Prakerja ini, maka kamu dapat melakukan pelatihan online intensif di mitra platform digital Program Kartu Prakerja seperti Skill Academy by Ruangguru, Pintaria, PijarMahir, Kelas.com, Arkademi, RumahSiapKerja, dan MauBelajarApa.

Namun tentu di setiap kelas pelatihan online Program Kartu Prakerja memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut adalah kelebihan daftar pelatihan prakerja di Skill Academy jika dibandingkan dengan platform lainnya:

Skill Academy by Ruangguru

Ketika kamu masuk menjadi bagian dari penerima bantuan Kartu Prakerja, maka kamu akan mengikuti beragam pelatihan seperti cara mendapatkan penghasilan dari bidang ekonomi kreatif digital, cara meningkatkan penjualan dan pemasaran secara online,

kelas fotografer untuk pemula, kursus pelatih kebugaran, kursus aplikasi teknologi dan informasi komputer, kursus keterampilan perawatan kecantikan, kursus bahasa dan masih banyak pelatihan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan berlatih secara online di Skill Academy by Ruangguru.

Selain itu untuk pelaku umkm, ada pula pelatihan memulai bisnis umkm dan kuliner, yang mana seluruh beragam pelatihan ini telah disusun dan diverifikasi berdasarkan standar kompetensi tim Prakerja,

disediakan sesi tanya jawab setiap minggu bersama instruktur yang kredibel, mendapatkan sertifikat penyelesaian dan kelulusan ujian, serta pendampingan karir gratis yang dapat menunjang keberhasilan peserta program kartu prakerja di terima di beragam perusahan yang menjanjikan.

Selain itu perlu diketahui, pada program Kartu Prakerja kali ini, kelas yang ditawarkan bisa habis atau ada kuotanya, sehingga kita harus cepat membeli dan mendaftar kelasnya jika ingin mengikuti pelatihan tersebut.

Selain itu, setiap harinya juga ada 1 kelas pilihan yang akan memberikan bonus pulsa Rp 50 ribu untuk 100 orang pertama yang membeli kelas pilihan tersebut pada hari yang sama. Jadi, pastikan teman-teman untuk selalu memantau social media Skill Academy di @skillacademy.id atau event.skillacademy.com/giveaway-harian untuk mencari tahu kelas apa saja yang dipromosikan setiap harinya.

Nah, itu dia ulasan tentang Skill Academy: Kursus & Pelatihan Program Kartu Prakerja Online. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Skill Academy: Kursus & Pelatihan Program Kartu Prakerja Online"