Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow

Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow
Tes Kepribadian Online

Seminar Online Mengajarkan Pengenalan Emosi pada Anak

Beberapa waktu lalu saya mengikuti seminar online yang diadakan oleh MS Learning and Grow tentang Mengajarkan Pengenalan Emosi pada Anak bersama Kak Seto yang memiliki nama lengkap Prof. Dr. H. Seto Mulyadi S.Psi, M.Psi.

Dari tema pengenalan emosi tersebut, judul yang diambil oleh Kak Seto adalah Mengembangkan Kecerdasan Emosi pada Anak. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia bermain.

Maka beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kecerdasannya adalah dengan bermain agar dapat merangsang perkembangan motorik, sosial, emosional, kreativitas, dan moral anak tentunya.

Pendidikan yang Tepat untuk Mengoptimalkan Perkembangan Karakteristik Anak

Di sisi lain, dengan rangsangan permainan edukatif yang tepat, lambat laun hal tersebut akan dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak. Tentu hal ini akan sangat baik untuk tumbuh kembang anak mengingat apabila kita mendidik anak sesuai dengan karakternya, maka ia akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik sesuai dengan karakteristiknya.

Ini mengingatkan pada saya pribadi yang hingga sampai saat ini belum pernah mencoba tes kepribadian untuk mengetahui pribadi dengan karakteristik seperti apakah saya ini? Sebagai generasi milenial, tentu tidak semua orang tua generasi milennial paham akan hal ini. Sehingga saya pun tidak pernah mengetahui karakteristik saya secara mendetail.

Tes Kepribadian Online

Sampai akhirnya dari seminar online yang diadakan oleh MS. Learning and Grow tersebut, saya mengetahui bahwa ternyata kita bisa lho tes kepribadian online melalui aplikasi MS Learning and Grow untuk mengetahui karakteristik kepribadian kita.

Aplikasi MS. Learning and Grow

Akhirnya setelah seminar, saya mengunduh aplikasi MS. Learning and Grow dan mencoba untuk  tes kepribadian online. Ternyata tahapannya sangat mudah. Setelah melakukan registrasi pada umumnya, ada tiga layanan tes yang tersedia yaitu tes sidik jari, layanan psikolog, dan layanan mentoring.

Apabila kita ingin melakukan tes sidik jari untuk mengetahui karakteristik kepribadian kita maka kita harus membuat konsultasi baru dengan memasukan kode voucher yang sebelumnya telah kita order. Setelah memasukan kode voucher ke dalam kolomnya, maka klik proses pada layar lalu kita akan diminta untuk memasukkan data seperti gambar berikut di bawah ini:

Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow
Tahapan Tes Kepribadian Online di Aplikasi MS Learning and Grow

Setelah mengisi data yang dibutuhkan dan memfoto kesepuluh sidik jari, hasil tes kepribadian dari sidik jari tersebut akan keluar dalam waktu 30 menit. Kita juga bisa berkonsultasi secara online untuk membaca secara detail hasil tes kepribadian tersebut bersama konsultan yang telah ditugaskan oleh tim aplikasi MS Learning and Grow.

Asal Muasal Teori DISC

Setelah tes, saya akhirnya mengetahui bahwa sejak jaman dahulu sudah ada beragam teori sidik jari untuk mengetahui karakteristik seseorang. Aplikasi MS Learning and Grow sendiri menggunakan teori DISC untuk mengkategorikan setiap karakteristik yaitu Dominance, Influence, Compliance, dan Steadiness.

Awal mula teori ini muncul yaitu pada tahun 1930 digunakan untuk kebutuhan militer Amerika Serikat dalam menempatkan posisi yang paling tepat untuk tentaranya agar posisi yang ditempatkan sesuai pada karakteristik kepribadian si personil tersebut sehingga dapat bekerja secara efektif.

Untuk validitas teori DISC ini sendiri pun sudah banyak dilakukan penelitian sejak puluhan tahun yang lalu dan diaplikasikan untuk perekrutan kebutuhan pekerja di berbagai sektor karena teori DISC ini dianggap representatif untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Biasanya tes DISC ini dapat dilakukan secara tertulis dan melalui sidik jari. Namun yang kemarin saya coba adalah tes sidik jari sehingga hasil karakteristik yang muncul tersebut merupakan hasil murni karakteristik bawaan secara genetik.

Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow
Hasil Tes Kepribadian Online Berdasarkan Teori DISC

Steadiness - Compliance

Dari keempat karakteristik tersebut, ternyata karakteristik saya adalah Steadiness - Compliance. Dimana Compliance adalah karakter yang kerap menggunakan kinerja otak kiri (logika, sistematis) sedang Steadiness adalah karakter yang kerap menggunakan kinerja otak kanan (perasaan, kreativitas, intuisi).

Namun karena berbicara terkait perkembangan, maka konsultan menginformasikan pada saya bahwa hasil yang disampaikan dari uji sidik jari tersebut tidak 100% sama karena tentu kita sebagai manusia berkembang termasuk kepribadian yang kita miliki yang mana tidak 100% sesuai seperti genetiknya.

Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi seperti pola asuh, usia, lingkungan, pendidikan, dan budaya, serta momen-momen dalam perjalanan hidup yang mampu mengubah kepribadian seseorang.

Misal pola asuh, apakah pola asuh yang dulu diberikan oleh orang tua saya adalah pola asuh yang tepat untuk seorang anak dengan kepribadian Steadiness - Compliance? Jika sudah sesuai, tentu karakter yang berkembang akan semakin mirip dengan potensi karakteristik secara genetik.

Kecerdasan Majemuk

Lalu dari hasil kepribadian ini juga diketahui bahwa saya memiliki kecerdasan majemuk baik soft skill maupun hard skill di tiga bidang unggul yaitu kecerdasan Interpesonal, Verbal Linguistik dan Musikal. Yang saya syukuri meski tidak ketiga kecerdasan majemuk tersebut saya ketahui sejak dini, setidaknya adalah ada satu kecerdasan majemuk yang saya asah dan kini menjadi passion saya yaitu kecerdasan verbal linguistik.

Kecocokan Karir

Selain kecerdasan majemuk, ternyata karir yang cocok untuk saya ada pada bidang seni, konvensional dan sosial. Menurut saya hasil dari kecocokan karir ini cukup sesuai dengan apa yang akhirnya saya temui setelah saya mengalami quarter life crisis.

Menurut saya aplikasi ini sangat worth it. Apabila teman-teman tertarik untuk mencoba aplikasi ini, teman-teman bisa mengunduh aplikasi tersebut di sini atau berkunjung ke halaman instagramnya di @mslearningandgrow. Nah itu dia ulasan tentang Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

30 komentar untuk "Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow"

  1. Aku udah pernah nyoba nih tes di aplikasi ms learning and grow. Bagus memang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah menarik banget kk. Jadi pengen coba juga deh rasanya

      Hapus
  2. ah iya masa quater crisis itu perlu banget dijalani dengan penuh kesadaran. Aplikasi ini banyak membantu ya mba ternyata mengenal potensi diri.

    BalasHapus
  3. Wah menarik nih. Udah lama nggak psikotes..kira-kira kaya apa ya kepribadianku sekarang. Makasih sharingnya mbak, aku meluncur ke TKP.

    BalasHapus
  4. Waaa bagus banget nih. Saya dan anak2 bakal perlu tes kek gini

    BalasHapus
  5. apakah setiap orang pasti mengalami quarter life crisis mbak?
    aplikasi MS Learning grow ini untuk semua usiakah mbak?

    BalasHapus
  6. Kalau aku gak pernah psikotes dari dulu entah kenapa soalnya kadang kaya gimana jika tau hasilnya tak sesuai di harapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih suka banget tes online sejak dulu wkwkw karena dari situ bisa tahu kelebihan dan kekurangan kita

      Hapus
  7. Bayar berapa kak kalau mau test gini. Awal anakku dulu ditawarin test pengenalan karakter pake sidik jari gini lumayan mahal bayarnya sekitar 2 juta

    BalasHapus
  8. jaman sekarang enak ya mba, nggak bakal meleset jauh kalau mau cari minat dan bakat anak hahaaa nggak ada pemaksaan masuk jurusan IPA kayak jaman aku dulu *maap curcol*

    BalasHapus
  9. Kalau sudah tahu sedari dini minat dan bakat anak, akan lebih mudah mengarahkan pastinya ya. Tidak ada cerita salah jurusan dan lain-lain.

    BalasHapus
  10. Bagus nih kalau tes kepribadian anak bisa dilakukans secara daring saja. Pun jika butuh konsultansi dengan pakar, bisa dilakukan dengan daring juga. Terobosan yang bagus dari MS Learning and Grow

    BalasHapus
  11. Pernah mendengar dahulu bimbel ternama juga serupa ada tools untu cek kepribadian, tulisan ini mengingatkan

    BalasHapus
  12. Ini tuh kayak mengingatkan aku sama masa SMA. Kayaknya guru SMA ku pernah adain semacam tes kepribadian gitu. Meski bukan online.

    Jadi, semacam kayak bisa menganalisa siswa ini tu cocok kuliahnya dimana sambil mempersiapkan masa depan. Semacam gitu nggak sih?

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu ada aplikasi ini. Harus nyoba deh

    BalasHapus
  14. Wah, ternyata kepribadian bisa dibaca lewat sidik jari juga ya. Sebenarnya agak tertarik sama hal-hal seperti ini. Apalagi ada pencocokan karier juga, hehe. Jadi kepo sama aplikasi MS learning and grow.

    BalasHapus
  15. Ada bedanyakah Tes Kepribadian Online Melalui Aplikasi MS Learning and Grow dengan Stiffin?
    Alhamdulillah.
    Ternyata karakter dasar yang dipahami bisa membawa ke karir yang akan ditekuni dan semoga sesuai dengan bakat dan passionnya.

    BalasHapus
  16. Iya saya juga dulu tes kan anak2 dulu sebelum membantu mereka belajar agar minimal saya tau karakter pola belajar yang saya dampingi itu udah sesuai dengan mereka atau belum

    BalasHapus
  17. Aku pernah ikut tes kepribadian tapi yang sederhana. Baru tahu juga kalau ada yang aplikasi seperti ini mb. Makasih ya informasi. Ini tentunya berguna untuk kondisi terkini

    BalasHapus
  18. Wahh sekarang kalo mau tes kepribadian udah bisa dilakukan secara online yaa, jadi lebih praktis dan efisien nih

    BalasHapus
  19. Tes kepribadian, minat dan bakat sebenarnya perlu dilakukan sedini mungkin. Ini yang pernah kupelajari waktu anak dikira ADHD, ternyata bukan, tapi karena anak memang termasuk aktif dan punya peminatan tertentu. Jadilah sejak itu mulai diarahkan ke bakat dan minatnya saja. Sekarang adanya MS Learning and grow ini sebenarnya bantu banget ya untuk mengetahui kepribadian masing2 supaya bisa berkembang sesuai minat

    BalasHapus
  20. menarik buat dicoba nih kayanya. siapa tau anak nyaman dalam proses perkembangannya. ibu juga gak takut buat mendukung kepribadian dan minat anak yang sesuai

    BalasHapus
  21. Wah aku kenal nih sama project officer ya ms learning and grow. Dulu sblm merger sama ms glow. Aku jg ikut trialnya worth it lah buat parents yang ingin mengenal anaknya lebih dalam

    BalasHapus
  22. Waktu kecil merasa aneh dan bingung emang sidik jari kita beda? Mana ga ada bedanya? Selalu punya pikiran seperti itu. Sekarang banyak nambah wawasan jadi mengerti hehehe

    BalasHapus
  23. Wah iya, sekarang lagi banyak ya yg mw tahu kepribadian lewat sidik jari

    BalasHapus
  24. saya sudah lama tidak mengikuti tes kepribadian nih, jadi penasaran dengan hasil tes kepribadian saya. makasih infonya mbak, tes kepribadian memang penting dilakukan secara berkala yaa, agar tahu sejauh mana kepribadian kita semakin meningkat atau malah menurun kualitasnya.

    BalasHapus
  25. Aq udah cobain ini mbak buat anak bungsuku. Jadi makin ngerti kepribadian dan karakternya. Alhamdulillah bisa lebih memahami anak

    BalasHapus
  26. Aku belum pernah mengikuti test sidik jari ini, dan hasilnya juga ternyata hanya 4 ya karakternya.

    Membaca ulasan ibu kafa saya jadi berpikir, bisa ya karakter otak kiri dan kanan bisa seimbang gitu. Bagus donkz.

    Karena biasanya kan dominasi gtu..mana yg lebih menonjol kanan atau kirinya. Wah aku jadi tertarik buat mempelajari juga

    BalasHapus
  27. Belum pernah aku tuh test kepribadian, hihi.. pengen nyoba juga pankapan 😁

    BalasHapus
  28. auto pengen nyoba juga test kepribadian ini buu, aku pengen tahu jenis kepribadian dan kecocokan karir. jangan jangan selama ini salah menjalani karir karena ternyata emang gak cocok sama kepribadian. ini tinggal donlot app nya aja kan ya?

    BalasHapus