Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Buka Tabungan Online? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Buka Tabungan Online? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!
Ilustrasi dibuat di canva.com

Buka Tabungan Online

Zaman telah memasuki era digital, di mana segala aktifitas menjadi serba online. Begitu juga dengan kegiatan menabung di bank yang telah banyak dialihkan menjadi tabungan online. Banyak orang beralih menggunakan tabungan digital karena dianggap lebih aman dan praktis dibandingkan menabung di bank konvensional.

Tips Aman Dalam Memilih Tabungan Online

Melihat makin banyaknya lembaga dan perbankan yang menawarkan inovasi bank digital, para nasabah tentu tetap harus berhati-hati saat menggunakan digital banking. Agar tidak salah langkah, silahkan memperhatikan tips-tips berikut. 

1. Memilih Jenis Bank Yang Kredibel

Kemajuan industri digital memang memberikan banyak pengaruh positif dalam dunia perbankan. Tak heran jika banyak lembaga berlomba-lomba meluncurkan digital banking untuk memberikan kemudahan kepada para nasabahnya. Namun, sebelum membuka tabungan online, ada baiknya jika kamu melakukan survei terlebih dahulu.

Pilihlah jenis bank yang kredibel. Perhatikan rekam jejak dan citra bank tersebut. Bank dengan reputasi yang baik dapat dilihat dari banyaknya kantor cabang yang dimiliki serta review positif dari para nasabahnya.

Jika memang terdapat banyak pilihan bank dengan reputasi yang baik dan bagus, maka lakukanlah perbandingan terhadap produk-produk dan keuntungan tabungan online yang mereka tawarkan. 

2. Menggunakan Ponsel Yang Kompatibel

Sebelum daftar rekening online, pastikan dulu kamu memiliki jenis smartphone atau gawai yang kompatibel. Terkadang terdapat beberapa jenis ponsel yang tidak sesuai dengan aplikasi tabungan digital.

Pada umumnya, aplikasi tabungan online memerlukan sistem operasi berupa iOS, Android dan Windows. Ponsel kamu juga wajib memiliki kemampuan dalam menangkap jaringan internet 3G, 4G atau 5G. Fitur-fitur penting lainnya dapat berupa kamera depan, sistem scan QR Code dan lain sebagainya.

Instrumen-instrumen dalam ponsel tersebut adalah penunjang yang sangat penting dalam melakukan berbagai jenis transaksi digital dalam mobile banking.

3. Melakukan Logout Setelah Menggunakan Aplikasi

Jangan lupa logout setelah melakukan aktifitas di aplikasi tabungan online yang kamu miliki. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan akun kamu. Rutin melakukan logout juga akan meningkatkan keamanan akun kamu agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan pernah memberikan kata sandi atau PIN aplikasi kamu kepada orang lain. Baik itu rekan kerja, teman hingga keluarga sekalipun. Mencegah terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan tentu lebih baik, bukan?

4. Jangan Menggunakan Ponsel Yang Pernah Diretas

Sebelum menginstal aplikasi tabungan online di ponsel kamu, cek terlebih dahulu ponsel yang kamu miliki. Apakah ponsel tersebut pernah diretas atau tidak. Istilah retas atau ambil alih sistem ini juga disebut dengan root pada Android dan jailbreak pada iOS.

Jika handphone yang digunakan telah diretas maka akun dan data pribadi kamu akan sangat mudah untuk dimanipulasi. Kasus seperti ini sering terjadi dan menyebabkan banyak orang kehilangan uang. 

5. Memahami Fitur Keamanan Aplikasi 

Buka Tabungan Online? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!
Sumber gambar: canva.com

Setiap produk digital yang berkaitan dengan keuangan tentulah wajib memiliki fitur keamanan yang sangat kuat. Sebagai pengguna aplikasi internet banking, kamu juga wajib memahami fitur-fitur keamanan pada aplikasi yang digunakan. 

Beberapa fitur keamanan yang wajib ada pada aplikasi tabungan online di antaranya seperti double verification berupa kode mulai dari SMS OTP, fitur teknologi chip, verifikasi data diri menggunakan email, konfirmasi melakukan selfie dan masih banyak lagi. 

Kehadiran fitur keamanan pada sebuah aplikasi digital sangatlah penting. Selain menjaga data diri kamu, fitur keamanan juga menjaga tabungan kamu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Saat menerima email atau SMS secara tiba-tiba dan berisikan permintaan untuk memasukkan kode OTP ke akun kamu maka silahkan mengabaikannya. Kasus pencurian data hingga dana di tabungan digital sering terjadi karena banyaknya pengguna aplikasi yang memasukkan kode OTP tak dikenal ke akun mereka. Oleh sebab itu, telitilah menggunakan kode OTP yang kamu terima. 

Rekening Online PermataME, Makin Mudah dan Praktis Bersama PermataBank

PermataBank menghadirkan produk tabungan digital PermataME yang mendukung gaya hidup kekinian. Fitur-fitur di dalamnya memudahkan beragam kebutuhan transaksi lewat satu aplikasi saja. 

Pengelolaan Rekening Hingga Menjadi Lebih Praktis

Proses daftar rekening menjadi lebih mudah dan praktis karena hanya menggunakan aplikasi PermataMobile X. 

Tersedia Cashback Berlimpah

Para nasabah bisa mendapatkan cashback 10% untuk setiap transaksi transportasi online, cashback 20% untuk belanja online hingga cashback 30% untuk setiap transaksi nonton dan ngopi di cafe favoritmu. 

Gratis Biaya Tarik Tunai

Kamu juga bisa menikmati biaya tarik tunai secara gratis di seluruh gerai ATM baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Pastikan ATM yang kamu gunakan memiliki logo VISA/PLUS. Kamu juga wajib memiliki saldo sebelum transaksi dengan nilai minimal Rp. 1 juta. 

Gratis Biaya Transfer Online

PermataBank juga menyediakan fitur gratis biaya transfer online via PermataMobile X, PermataNet, dan PermataATM juga gratis biaya administrasi.  

Kartu Debit Eksklusif

Pengguna tabungan PermataME bisa memiliki kartu debit yang didesain khusus untuk seluruh nasabah. 

Tersedia Promo Eksklusif

Para pemilik tabungan PermataME juga berkesempatan menikmati beragam penawaran promo eksklusif. Promo dan diskon tersebut bisa kamu dapatkan dari merchant-merchant ternama di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dengan PermataBank. 

Nah, demikianlah informasi tentang tips-tips aman dalam membuka tabungan online. Pastikan untuk memilih produk tabungan PermataME agar kamu bisa menikmati beragam kemudahan transaksi perbankan di era digital saat ini.  

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

10 komentar untuk "Buka Tabungan Online? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!"

  1. wah bener nih, sekarang apa-apa bisa serba online tp tetep kudu hati-hati ya kalau transaksi :) lebih aman emang harus di logout, walaupun kadang gudah otomatis nge-logout ya

    BalasHapus
  2. Wah tipsnya oke banget nih kk, bisa diterapkan tentunya

    BalasHapus
  3. Tabungan online seperti blu, dana, jenius dll itu ya?

    Sayangnya e KTP ku rusak jadi gagal verifikasi terus

    BalasHapus
  4. Sekarang praktis banget ya, banyak bank yang memfasilitasi pembukaan rekening secara online. Tapi bener banget tuh kita harus hati-hati apalagi untuk aku yang suka lupa simpan HP dimana

    BalasHapus
  5. Iya, sekarang banyak pilihan tabungan online
    Kita makin mudah membuka tabungan online

    BalasHapus
  6. betul nih kalo hpnya g support maka pendftran banking bisa gagal danlagi signla harus kuat juga

    BalasHapus
  7. wah iya harus hati2 sekarang banyak banget bank-bank baru dengan yang pertama kali aku dengar. kalau permata sih sudah sering

    BalasHapus
  8. Aku termasuk orang yang parno buka rekening lewat hp, nggak percaya aja takut kejadian yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  9. Makasih mbak, memang benar sekarang makin mudah membuat akun bank lewat aplikasi ya, tapi sebagai pengguna kita harus hati-hati dan memperhatikan keamanan akun kita agar tidak mudah diretas

    BalasHapus
  10. Perlu berhati-hati saat membuka rekening online karena bisa saja ad yang meretas nya

    BalasHapus