Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Menggunakan Bahan Alami
Cara Mengatasi Gigi Ngilu Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Berbicara tentang gigi ngilu, saya dulu pernah mengalaminya sewaktu hamil anak pertama dan saya kebingungan bagaimana cara mengatasi gigi ngilu untuk ibu hamil mengingat saat itu rasanya sakit sekali dan usia kehamilan saya baru beberapa minggu saja di trimester awal kehamilan.

Beruntungnya saya waktu itu, saya dipertemukan oleh dokter kandungan yang jam terbangnya sudah sangat tinggi sehingga beliau pun dapat menenangkan saya yang baru pertama kali hamil dengan solusi yang sangat tepat.

Penyebab Gigi Ngilu

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab gigi ngilu mulai dari gigi berlubang, mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas, menyikat gigi terlalu keras, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur, hingga akibat adanya perubahan hormon pada tubuh.

Beliau pun merekomendasikan cara mengatasi gigi ngilu yang baik dan menggunakan bahan alami yang aman untuk kondisi ibu hamil dan juga janin.

Ada yang tau gak sih apa yang waktu itu beliau rekomendasikan?

Nah, berikut adalah cara mengatasi gigi ngilu dengan menggunakan bahan-bahan alami:

Garam

Yup, ternyata bahan alami yang sangat sering kita gunakan sebagai bumbu masak dan selalu tersedia di dapur ini bisa menjadi antiseptik alami untuk meredakan peradagangan atau pun mengatasi gigi ngilu sehingga gusi yang mengalami pembengkakan bisa dengan lebih cepat membaik.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup menggunakan air garam untuk berkumur minimal dua kali sehari dengan konsentrasi setengah atau satu sendok teh garam untuk segelas air putih hangat. Lalu dikumurkan selama 30 detik dan buang air garam yang sudah digunakan untuk berkumur. Ulangi berkumur hingga beberapa kali atau nyeri perlahan mereda.

Kunyit

Cara alami kedua dengan menggunakan bahan alami lainnya adalah menggunakan kunyit yang kita ketahui bahwa di dalam kunyit mengandung zat anti radang, antiseptik, dan antibiotik.

Cara penggunaannya kita perlu memanggang kunyit lalu tekan bagian yang terasa ngilu dengan menggunakan kunyit yang sudah dipanggang tersebut. Selain itu, kita juga bisa menghaluskan kunyit sebesar satu ruas jari, lalu tambahkan setengah sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa untuk dioleskan pada bagian gigi yang mengalami peradangan.

Bawang Putih

Ternyata bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi gigi ngilu karena mengandung senyawa Allicin yang dapat membunuh bakteri penyebab plak maupun meredakan sakit gigi akibat ngilu, bengkak, maupun meminimalisir gigi sensitif.

Cara penggunaannya mudah cukup mengunyah bawang putih mentah selama beberapa detik pada bagian gigi yang bermasalah atau menghaluskan bawang putih lalu ditambahkan garam dan oleskan pada gigi yang sakit atau terasa ngilu.

Minyak Cengkeh

Terakhir ada minyak cengkeh yang dapat digunakan sebagai alternatif cara mengatasi gigi ngilu karena minyak cengkeh mengandung Eugenol yang bersifat alagesik, antiseptik, antiradang, dan antibakteri.

Cara penggunaannya mudah, cukup meneteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun pada kapas bersih lalu tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang terasa ngilu. Cara lainnya bisa juga menggunakan air kumur yang mengandung beberapa tetes minyak cengkeh.

Nah itu dia ulasan tentang cara mengatasi gigi ngilu menggunakan bahan alami sebelum kita pergi ke dokter gigi untuk tindakan lebih lanjut. Namun tentu untuk hasil yang terbaik, kita tetap harus rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi rekomendasi terbaik untuk gigi ngilu yaitu Pepsodent Sensitive Expert Fresh. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Gigi Ngilu Menggunakan Bahan Alami"

  1. Aku yang sering make garam di kasih air hanget Kak, memang mayan mujarab banget ini yang lain belum coba Kak

    BalasHapus