Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rekomendasi dan Daftar Biaya Dokter Gigi Anak di Jakarta

cara menyikat gigi anak
Inilah Rekomendasi dan Daftar Biaya Dokter Gigi Anak di Jakarta

Biaya Dokter Gigi Anak

Beberapa waktu lalu ketika sehabis lebaran, saya diajak suami untuk mampir ke rumah Drg. Harno di dekat Universitas Trisakti. Jalinan silaturahmi ini agak unik memang, jadi sebelumnya kami (khususnya saya) memang tidak kenal bahwa beliau adalah seorang dokter gigi lulusan Universitas Trisakti, tetapi beliau pernah membeli papan untuk dijadikan salah satu meja di rumahnya di toko furniture yang dikelola oleh suami saya yaitu Kaira Furniture.

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi

Singkat cerita, akhirnya dari silaturahmi tersebut, saya belajar banyak dari beliau khususnya untuk mengajak Kafa rajin sikat gigi. Ini adalah salah satu usaha yang membutuhkan jerih payah bagi saya selama menjadi milenial parent.

Kata Drg. Harno, gigi Kafa masih tergolong bagus. Namun beliau menyarankan saya dan suami untuk rajin mengajaknya ke dokter gigi terdekatBukan untuk memeriksa gigi Kafa, tetapi justru gigi kami yang diperiksa.

Baca juga: E-Commerce Bidang Kesehatan Terfavorit di Indonesia

Beliau bilang, membiasakan anak untuk pergi ke dokter gigi ketika sedang tidak sakit gigi adalah momen terbaik. Karena  nanti anak akan belajar bahwa memeriksa gigi adalah hal yang penting dan memeriksa gigi bukanlah suatu yang menyeramkan karena ketika orang tuanya ke sana (ke klinik dokter gigi anak terdekat) pun tidak menyebabkan mereka berteriak kesakitan. Sehingga kedepannya anak pun cenderung lebih mudah ketika diajak ke dokter gigi anak terdekat.

Cara Menyikat Gigi Anak Tanpa Sikat Gigi

Beliau juga menyarankan untuk sementara waktu selama anak belum mau menyikat gigi dengan sikat gigi, orang tua tetap harus menyikat gigi anak. Ternyata caranya mudah, yaitu dengan menggunakan kain kassa yang dibasahi dengan air hangat sehingga kotoran di gigi anak pun dapat terangkat. Ini beberapa kali saya lakukan lho walaupun tidak bisa saya lakukan ketika Kafa dalam keadaan sadar karena anaknya masih tidak mau.

Jadi, menyikat gigi Kafa dengan kain kassa yang telah dibasahi oleh air hangat biasanya saya lakukan ketika anaknya benar-benar mengantuk, hehehe... Nah, jika teman-teman ingin mengetahui biaya cabut gigi anak di dokter gigi baca terus artikel ini sampai habis, atau biaya dokter gigi anak di Hermina. Jika di Puskesmas, biaya cabut gigi anak di Puskesmas biasanya mulai dari 30 ribu rupiah.

Nah kalau untuk dokter gigi anak terdekat dari lokasi saya, saya pun beberapa kali ke Puskesmas kok. Namun memang, pandemi saat ini agak sulit untuk bisa menemukan tempat praktek dokter gigi yang tetap menyediakan jasa konsultasi dan treatment meski di tengah pandemi.

Review Drg. Harno on Google

Nah, kalau teman-teman mau ke dokter gigi umum, lokasi praktik drg. Harno tidak terlalu jauh juga dari rumah saya. Bahkan drg. Harno beserta istrinya yang juga seorang dokter gigi mendapatkan ulasan 4.7 lho di google.

Beberapa ulasan menyampaikan bahwa klinik beliau rapi, bersih dan sangat estetika, dokternya rapi banget, selalu mengedukasi, melakukan tindakan dengan cermat dan hati-hati, sabar, menjawab segala pertanyaan, dan yang utama adalah banyak yang bilang biayanya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan dokter gigi atau klinik praktek dokter gigi anak terdekat yang lainnya.

Klinik Drg. Harno (Suharno)

Jika teman-teman ingin berkonsultasi terlebih dulu teman-teman dapat menghubungi beliau di 021-5674072 (klinik Drg. Harno) atau 081806990506 (asistennya atas nama Cuppy) atau jika ingin langsung periksa ke klinik beliau alamatnya ada di sini ya di Jalan Tawakal 4 No.7 Grogol Jakarta Barat 11440. Registrasi & Lisensi beliau 31.1.2.100.2.11.054507 Konsil Kedokteran Indonesia.

Daftar Dokter Gigi Anak

Mungkin teman-teman ingin berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis anak? Tenang ada juga kok beberapa klinik yang memiliki dokter gigi spesialis anak seperti Palapa Dentist dengan biaya mulai dari 250 ribu rupiah. RSIA SamMarie Basra dengan biaya mulai dari 180 ribu rupiah hingga 630 ribu rupiah.

Klinik Gigi Noto dengan biaya mulai dari 100 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Estetika Dental mulai dari 200 ribu rupiah. RSAB Harapan Kita, RSIA Kemang Medical Care, RS Pondok Indah, RSUD Pasar Minggu, RS Cipto Mangunkusumo, Prima Global Healthcare, Happy Dental Clinic, Siloam Clinic, RSGM Yarsi.

Nah sekian ulasan tentang Biaya Dokter Gigi Anak di Jakarta. Jika teman-teman mempunyai rekomendasi lainnya terkait biaya dokter gigi anak terdekat dan murah, biaya dokter gigi anak BPJS, ataupun biaya dokter gigi anak murah silahkan berkomentar yang bijak di kolom komentar ya. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

11 komentar untuk "Inilah Rekomendasi dan Daftar Biaya Dokter Gigi Anak di Jakarta"

  1. Setuju kak, betul anak kecil seperti Rafa misalnya, memang harus diajarkan untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut agar bersih. Pelatihan semacam ini perlu kiranya dicontohkan setiap hari di lingkungan keluarga.

    BalasHapus
  2. Apakah ini yang dinamakan jodoh, bertemu di toko furniture, hehehe. Butuh perjuangan yang berat dan kesabaran super untuk mengajak anak kecil sikat gigi secara rutin. Apalagi kalo ngeliat orang tuanya malas sikat gigi, gimana anaknya mau ikutan rajin sikat gigi, lah wong orang tuanya aja malas sikat gigi.

    Wah boleh juga nih Drg. Harno di Jakarta. Siapa tau ada yang membutuhkan informasi seputar dokter gigi anak di Jakarta. Makasih infonnya.

    BalasHapus
  3. Anak kecil memang cenderung agak sulit diajarkan bagaimana menjaga kesehatan gigi. Kudu punya trik-trik sendiri. Kalau untuk dokter gigi anak, sepertinya di sekitar daerah tempat tinggal saya agak sulit menemukannya. Namanya juga desa. Nggak banyak orang tua yang rutin memeriksakan gigi anaknya ke dokter. Kecuali ada keluhan sakit. Baru deh ke dokter. Itupun dokter umum, Kak.

    BalasHapus
  4. Anak saya udah 5 tahun dan belum pernah ke dokter gigi. Huhuhu. Padahal udah ada fasilitas dari kantor papanya. Sebetulnya pas dia 4 tahun kemarin mau saya bawa perdana. Tapi pandemi kadung menyapa. Sampai sekarang 5 tahun masih belum saya bawa-bawa ke dentist.

    Makasih info daftar dr gigi anaknya mba. Lengkap ya, ada yang bisa pakai BPJS juga. Alhamdulillah banyak yang terbaru pasti ini.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah anakku termasuk yang mau diajak ke dokter gigi, beberapa kali diajak menambal gigi nya yang berlubang dan periksa karies giginya mau. Katanya enggak sakit dan dia senang sama dokternya

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah anakku termasuk yang mau diajak ke dokter gigi, beberapa kali diajak menambal gigi nya yang berlubang dan periksa karies giginya mau. Katanya enggak sakit dan dia senang sama dokternya

    BalasHapus
  7. Wah, murah banget hanya 30 ribu rupiah bisa memeriksakan gigi anak ke dokter spesialis gigi.

    Saya baru tahu ternyata kain kasa juga bisa buat menyikat gigi anak yang anak sudah untuk sikat gigi. Terimakasih informasinya mbak. Penting bgt nih buat saya yg memiliki anak kecil, dan gak mau sikat gigi

    BalasHapus
  8. Wah ternyata ada yang urah juga ya mbak kirain 500k ke atas semua

    Huhu sering ntn video vlog keluarga yang bawa anak ke dokter gigi. Sering banyak drama ..

    Moga bsok anakku bisa kalem hahahah

    BalasHapus
  9. Mengingat Gigi ini sebenarnya Hal yang sangat penting sekali apalagi buat anak-anak maka sebagai ortu Kita memang harus memperhatikan ya ya kak. Trims in nfonya

    BalasHapus
  10. Anakq yang usia 2 tahun, Alhamdulillah gampang banget diajak sikat gigi mbak tapi ya gitu giginya udah muncul geripis kecil2, apa dia kebanyakan makan permen ya

    BalasHapus
  11. gak beda jauh ya sama harga dokter gigi dewasa. emang penting sih cari tahu harga sebelum ke dokter gigi anak. supaya bisa kira-kira harganya dan kalau bisa dapat yang sedikit murah terus bagus kenapa enggak kan ya, hihi. makasih sharingnya mba.

    BalasHapus