Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Kalkulator Telat Haid dan Informasi Parenting Lainnya di Ruangmom

Kalkulator Telat Haid dan Informasi Parenting Lainnya di Ruangmom
Kalkulator Telat Haid dan Informasi Parenting Lainnya di Ruangmom

Kalkulator Telat Haid

Sewaktu saya baru menikah, karena saya ingin memiliki keturunan, maka tentu saya mengunduh aplikasi yang dapat menghitung masa subur sebagai kalkulator telat haid agar saya tahu kapan waktu subur yang tepat untuk program kehamilan.

Tetapi setelah saya hamil dan melahirkan, kok ternyata sebagai milenial parent, saya merasa banyak aplikasi yang harus saya download.

Kadang-kadang saya berpikir, apa tidak ada ya aplikasi yang menyediakan beragam keperluan parenting tidak hanya mengulas tentang kalkulator telat haid tetapi juga tumbuh kembang janin, kalkulator biaya melahirkan dan dana pendidikan anak serta informasi menarik lainnya yang dibutuhkan oleh orang tua masa kini.

Ruangmom, Sahabat Setia Mom

Alhamdulillah, ternyata adaaaaa yaitu Ruangmom aplikasi ibu dan anak, sahabat setia mom. Baru kemarin saya ikutan launching-nya aplikasi Ruangmom di Twins House Cipete dan bertemu dengan para ahlinya.

Ruangmom's Expert Launching

Nulisnya jadi semangat nih karena sesenang itu ada aplikasi Ruangmom. Jadi Ruangmom adalah platform yang menyediakan informasi kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk para perempuan agar bisa saling bertukar informasi berdasarkan fakta dari pemaparan para ahli untuk membangun ekosistem yang lebih baik dan lebih sehat.

Experts Ruangmom

Para ahli yang ada di Ruangmom saat ini ada Nadia Harsya CFP seorang pakar financial planner, dr. Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni, Sp.OG, IBCLC seorang dokter kandungan,  dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes seorang dokter anak, dan Yasmine Edwina M.Psi psikolog.

Para ahli inilah yang kemudian menjadikan Ruangmom tidak hanya sebatas sebuah aplikasi, tetapi Ruangmom juga menyediakan situs, media sosial di instagram @ruangmom dan komunitas Ruangmom untuk menjadi wadah informasi yang ramah dan dibutuhkan oleh setiap ibu dan anak dengan adanya webinar, forum tanya jawab, artikel, dan konten edukasi di media sosial bersama para ahli.

Beberapa fitur yang tersedia di Ruangmom adalah sebagai berikut:

Fitur Kalender Masa Subur

Fitur kalender masa subur di Ruangmom sama seperti teori kesehatan pada umumnya yaitu mencatat hari pertama haid terakhir (HPHT), lama haid (durasi), siklus haid (durasi dari haid sebelumnya hingga haid yang akan datang).

Dari sana akan terhitung dan diketahui masa subur, telat haid, dan sejenisnya yang berkaitan dengan program kehamilan baik menunda atau merencanakan segera.

Tracking Tumbuh Kembang Janin

Fitur selanjutnya ada prediksi kehamilan dengan men-tracking tumbuh kembang janin dengan beberapa metode yaitu metode menghitung dengan HPHT, HPL atau hari perkiraan kelahiran, dan usia kehamilan.

Jika yang dipilih adalah menghitung prediksi kehamilan dari usia kandungan, maka pengguna aplikasi perlu memasukan data dengan angka 1-42 dalam satuan minggu. Sedangkan untuk HPHT dan HPL dalam satuan hari.

Kalkulator Biaya Melahirkan dan Dana Pendidikan Anak

Nah, untuk fitur yang ini sangat membantu sekali agar para milenial parents tidak gelagapan ketika hari H karena telah tersedia fitur kalkulator biaya melahirkan, dana pendidikan hingga dana darurat lho.

Cara penggunaannya mudah sekali, langkah yang perlu dilakukan untuk mengetahui alokasi dana melahirkan cukup dengan memasukkan budget yang dimiliki, lalu ingin melahirkan di kota mana dan rumah sakit apa serta tipe rumah sakit, selanjutnya pilih opsi nominal tabungan dan periode menabung. Taraaa, akan terlihat deh berapa budget yang harus disisihkan untuk biaya persalinan.

Kalkulator Dana Pendidikan Anak juga dapat diakses untuk mengetahui dana pendidikan anak mulai dari PAUD hingga ke Universitas. Bahkan ada kamus investasi lho agar para milenial parents tidak kebingungan dengan istilah investasi.

Tukar Poin

Selain informasi berdasarkan fakta, pengguna Ruangmom juga bisa mendapatkan poin dan menukarnya dengan beragam diskon maupun hadiah. Cara mendapatkan poinnya mudah banget, cukup login setiap hari ke aplikasi Ruangmom untuk mendapatkan satu poin.

Fitur Lainnya

Nah, fitur yang gak kalah menarik lagi adalah ada fitur artikel dan review dari para ahli, grup komunitas Ruangmom berdasarkan beberapa kategori, serta inspirasi nama bayi lho!

Segera download aplikasi ibu dan anak ini baik di Appstore maupun Playstore karena caranya mudah banget cukup registrasi dengan email dan gunakan kode refferral IFF6800 di link berikut ini ya https://bit.ly/downloadruangmom.

Nah, itu dia ulasan tentang Kalkulator Telat Haid dan Informasi Parenting Lainnya di Ruangmom. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

11 komentar untuk "Kalkulator Telat Haid dan Informasi Parenting Lainnya di Ruangmom"

  1. Wah iya, kalkulator telat haid ini penting buat para mom. Fitur aplikasi RuangMom ini lengkap banget ya mbak, sangat membantu para mom

    BalasHapus
  2. Dengan adanya fitur kalkulator telat haid, akan sngt membantu kt ntuk tracking jadwal rutin haid

    BalasHapus
  3. Seru banget kalau pakai aplikasi yang bisa dapet poin gini. Lumayan banget buat di tuker-tuker.

    BalasHapus
  4. Nampaknya seru ya bisa ikutan komunitas Ruangmom. Bukan cuman sekadar komunitas tapi didukung juga dengan aplikasi yang menunjang keperluan moms terutama new moms. Keren nih

    BalasHapus
  5. Wow Ruang Mom ini keren ya kk. Kalkulator ini pasti berguna banget buat yg menanti garis dua dan yang tidak berharap hamil lagi

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah beruntung sekali hadir aplikasi ini sangat membantu kaum perempuan mengetahui masa subur karena selama ini termasuk saya tidak nengeri masa subur setelah haid

    BalasHapus
  7. wah aplikasinya bermanfaat banget pastinya mom, buat saya yang sering lupa-lupa jadwal haid heheh, bagus niy aplikasinya ya

    BalasHapus
  8. Fitur aplikasi ruang mom ini emang komplit banget. Memenuhi kebutuhan para ibu yang mau tahu informasi seputar kehamilan hingga tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  9. Lengkap banget memang ya aplikasi ruangmom ini. Semuanya ada diborong fitur2 kalkulator nya

    BalasHapus
  10. Wuih futuristik sekalli ada biaya pendidikan jg. Nanti kucoba ah aplikasinya, adabuat ngetrack pertumbuhan bayi jga nih ruangmom

    BalasHapus
  11. Bagus juga ada aplikasi Ruang Mom ini ya mbak. Dan segala yang diperlukan perempuan ada, maj kalkulator utk tahu kapan telat Haid sampai utk rencana pendidikan anak juga ya.

    BalasHapus