Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Liburan Ke Malaysia Agar Nyaman dan Penuh Kesan

Liburan Ke Malaysia Agar Nyaman dan Penuh Kesan
Liburan Ke Malaysia Agar Nyaman dan Penuh Kesan

Liburan ke Malaysia

Siapa nih di antara kamu yang suka traveling? Situasi pandemi seperti sekarang pasti sangat membatasi kamu untuk melakukan hobi tersebut. Ada aturan perjalanan ketat yang harus dipenuhi demi mengurangi penularan virus. Contohnya, syarat masuk Malaysia 2021 jika ingin berkunjung ke negara jiran itu.

Seiring dengan situasi yang semakin membaik, para traveler bisa bernafas lebih lega. Artinya, kesempatan untuk bepergian lagi terbuka lebar. Salah satu negara yang layak dikunjungi adalah Malaysia. Selain karena lokasinya cukup dekat, negara ini menawarkan daya tarik wisata yang unik.

7 Tips Liburan ke Malaysia Agar Nyaman dan Penuh Kesan

Nah, apa saja tips yang perlu kamu ketahui saat akan berlibur ke Malaysia di masa pandemi? Yuk, simak ulasannya di sini.

1. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan ketika akan berlibur ke Malaysia. Apa saja di antaranya? Pertama, kamu wajib memiliki paspor yang masih berlaku. Kedua, kamu harus memiliki dokumen kesehatan berupa hasil tes PCR Covid-19 yang sampelnya diambil dalam waktu 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Dokumen ini perlu kamu tunjukkan ketika akan masuk ke wilayah Malaysia. Karena itu, jangan sampai lupa membawanya, apalagi lupa mengurusnya sebelum keberangkatan. Simpanlah dokumen di tempat yang mudah dijangkau sekaligus tetap aman. 

2. Kenali Malaysia Lebih Dekat

Sebenarnya, tips ini bukan hanya berlaku ketika kamu mengunjungi negara Malaysia. Di mana pun tujuan wisata, perlu banget mengenali tempat itu lebih dekat. Jangan sampai kamu jadi bingung atau justru tidak bisa menikmati perjalanan karena kurang menggali informasi mengenai tujuan wisata.

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang Malaysia? Yang jelas, kamu tentu harus tahu informasi mengenai objek wisata yang akan dikunjungi, mulai dari harga tiket masuk, jam operasional, lokasi dan cara menjangkaunya, dan sebagainya. Untuk mengetahui hal-hal ini, kamu bisa mengunjungi situs resmi atau juga bertanya kepada orang yang pernah ke sana.

3. Beli Tiket Pesawat dan Pesan Penginapan

Dua hal utama yang harus dipersiapkan sebelum berangkat oleh wisatawan adalah tiket pesawat atau moda transportasi lain yang digunakan dan kamar penginapan. Apalagi jika kamu berlibur pada musim liburan, pasti akan sulit memperoleh tiket dan kamar yang sesuai harapan. 

Kamu bisa memesan tiket setelah menentukan waktu liburan atau justru sebaliknya. Hal ini tergantung pada fleksibilitas kamu sebagai pelaku perjalanan. Untuk penginapan, kamu perlu mempertimbangkan lokasinya. 

Kamu bisa menginap di Kuala Lumpur jika ingin menikmati suasana perkotaan. Penginapan sebaiknya mudah diakses dan dekat dengan lokasi wisata.

4. Membawa Alat Colokan Listrik

Meskipun terkesan sepele, colokan listrik adalah barang yang sangat penting kamu bawa dari Indonesia. Dengan alat ini, kamu bisa melakukan charging pada perangkat seperti ponsel atau alat elektronik lain yang kamu bawa dari Indonesia. 

Kenapa tidak menggunakan colokan listrik yang ada di Malaysia? Ternyata, hampir semua tempat di negara itu menggunakan stop kontak kaki tiga, bukan stop kontak kaki dua seperti di Indonesia. Karena bentuknya berbeda, kamu pun akan kesulitan melakukan charging perangkat.

5. Menukar Rupiah ke Ringgit Malaysia

Jika kamu baru pertama kali berlibur ke luar negeri, mempersiapkan uang yang akan digunakan untuk transaksi di negara tujuan bisa saja terlewat. Akibatnya, kamu tidak bisa membeli apa pun atau melakukan transaksi ketika berada di negara tersebut.

Mata uang yang digunakan di Malaysia adalah Ringgit Malaysia (MYR). Nilai 1 ringgit Malaysia sekitar Rp 3.400. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat memperkirakan jumlah anggaran yang perlu dipersiapkan saat berlibur ke Malaysia.

Sebaiknya, lakukan penukaran uang sebelum tiba di kota tujuan kamu supaya lebih praktis. Bisa juga melakukan transfer uang ke luar negeri yang aman.

6. Ketahui Waktu Liburan yang Tepat ke Malaysia

Apa yang menjadi prioritasmu saat berlibur? Ada orang yang senang mengikuti festival yang diadakan di kota tujuan. Ada pula yang lebih menikmati suasana sepi dibandingkan ramai. Selain itu, ada kelompok wisatawan yang suka berburu promo Traveloka sehingga selalu mencari waktu yang tepat untuk memesan tiket atau penginapan.

Jika kamu termasuk kelompok kedua dan ketiga, waktu yang tepat untuk berlibur ke Malaysia adalah sekitar November hingga Maret setiap tahunnya. Mengapa? Karena negara itu sedang mengalami musim penghujan. Jadi, daerah wisata lebih sepi. Selain itu, kamu bisa mendapatkan tiket dan kamar yang lebih murah.

7. Pahami Aturan yang Berlaku di Malaysia

Ketika berada di negeri orang, wajar jika kamu harus mengikuti aturan tidak tertulis yang berlaku di sana. 

Di Malaysia, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, antara lain jangan membuang sampah sembarangan, merokok di luar ruangan, berada di sebelah kiri saat berada di eskalator, mendahulukan orang yang mau keluar dari bus atau lift. 

Selain itu, ada pula berbagai aturan tertulis yang bisa kamu lihat di tempat-tempat publik. Jangan mengabaikan aturan tersebut jika tidak ingin ditegur oleh pihak yang berwenang.

Nah, jika kamu telah melakukan berbagai tips tersebut, kamu tidak perlu khawatir saat berlibur ke Malaysia. Kamu dapat mengeksplorasi tempat-tempat menarik tanpa ragu untuk memperoleh pengalaman traveling yang luar biasa. Berani untuk mencobanya? Yuk, wujudkan cita-cita liburan ke Malaysia sekarang juga.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Liburan Ke Malaysia Agar Nyaman dan Penuh Kesan"