Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Manajemen Keuangan Rumah Tangga untuk Kebutuhan Bulanan

Manajemen Keuangan Rumah Tangga untuk Kebutuhan Bulanan
Manajemen Keuangan Rumah Tangga untuk Kebutuhan Bulanan

Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Mengatur dan merencanakan daftar belanja untuk kebutuhan rumah tangga bulanan penting untuk dilakukan. Sebab, jika tidak direncanakan hanya akan menyebabkan pemborosan dan berimbas pada kondisi keuangan. Jika tidak ada perencanaan yang baik, bukan tidak mungkin uang kamu bisa habis padahal belum genap satu bulan.

Anti Boros! Ini 6 Tips Hemat Mengatur Kebutuhan Rumah Tangga Bulanan

Untuk menghindari hal semacam itu, kamu bisa melakukan pengaturan belanja. Baik belanja langsung ataupun belanja online, misalnya di transmart online. Yuk, simak tips manajemen keuangan rumah tangga yang sudah kami rangkum berikut ini khusus untuk Anda.

Susun Skala Prioritas

Tips mengatur kebutuhan rumah tangga bulanan yang pertama adalah, kamu perlu menyusun skala prioritas. Kamu perlu tahu bahwa tidak semua daftar belanja bulanan harus dibeli sekaligus pada awal bulan.

Skala prioritas merupakan urutan kebutuhan yang kamu susun berdasarkan tingkat kepentingan dari kebutuhan itu. Dengan menyusun skala prioritas, kamu akan dapat mengetahui kebutuhan mana yang harus didahulukan dan kebutuhan mana yang masih bisa ditunda lebih dahulu.

Dengan begitu, kamu akan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga bulanan dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan. Beberapa kebutuhan yang mungkin tidak mendesak, sebenarnya bisa dibeli bulan depan agar lebih hemat budget. Karena itu, cek barang-barang yang ingin diprioritaskan sebelum berbelanja.

Catat Daftar Belanjaan

Sebelum kamu pergi ke swalayan untuk berbelanja ataupun belanja online, sebaiknya catat terlebih dulu semua kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan. Buatlah daftar belanja untuk 1 minggu hingga 1 bulan. Sebab, makanan segar seperti sayur-sayuran dan buah biasanya tidak bisa bertahan satu bulan sehingga kamu perlu mencatat daftar belanja mingguan.

Dengan membuat daftar belanja yang rinci, kamu akan bisa menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Cukup beli barang yang betul-betul dibutuhkan saja, seperti makanan atau sembako, minuman, bumbu dapur, sabun cuci baju, pewangi, sabun cuci piring, keperluan mandi, dan kebutuhan penting lainnya.

Merencanakan belanja bulanan, punya banyak keuntungan. Pertama, kamu akan jadi lebih disiplin karena hanya membeli sesuai kebutuhan. Kedua, akan jadi lebih hemat karena hanya membeli barang-barang yang menjadi prioritasmu. Pastikan kebutuhan rumah tangga bulanan kamu dan jangan sampai kelebihan atau kekurangan.

Belanja di Waktu yang Tepat dan Bandingkan Harga

Jika ingin belanja bulanan, sebaiknya pergilah ke supermarket di waktu yang tepat. Misalnya di akhir bulan, akhir pekan, atau hari libur. Biasanya supermarket akan memberikan diskon ataupun potongan harga yang membuat kamu jadi bisa lebih berhemat.

Pilih juga waktu belanja di jam-jam yang tepat untuk menghindari keramaian dan menghindari lamanya antrean di kasir. Misalnya belanja di jam 11 atau di jam setelah jam makan siang.

Harga untuk tiap produk yang sama di supermarket, toko kelontong, minimarket atau situs belanja online seringkali berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan harga miring, sebaiknya bandingkan harga terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan riset di internet karena sekarang sudah ada beberapa minimarket dan supermarket yang menawarkan layanan belanja online, seperti transmart online.

Manfaatkan Kupon Belanja dan Kartu Supermarket

Tips berikutnya agar belanja lebih hemat yaitu memanfaatkan kupon belanja yang kamu miliki dengan sebaik mungkin. Sebab, biasanya kamu akan bisa mendapatkan barang dengan sangat murah bahkan gratis dengan menggunakan kupon belanja. Kupon belanja ini biasanya didapatkan dari hasil belanja kamu sebelumnya, promo dari aplikasi, dan promo lainnya.

Beberapa supermarket biasanya mempunyai kartu tertentu untuk pelanggan yang akan memberikan potongan harga pada mereka ketika digunakan untuk berbelanja. Meski mungkin harus membayar mahal di awal, namun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kartu supermarket itu. Tidak ada salahnya jika kamu menggunakan kartu dari supermarket untuk belanja bulanan.

Bayar dengan Uang Cash

Agar belanja bulanan lebih hemat, sebaiknya gunakan uang cash sebagai alat pembayaran. Dengan begini, kamu dijamin tidak akan mengalami pemborosan. Hindarilah penggunaan kartu kredit atau pinjaman online agar kamu tahu berapa batas anggaran belanjamu. Transaksi secara tunai umumnya juga lebih mudah digunakan karena sifatnya lebih universal.

Meski sekilas membayar dengan uang tunai sedikit merepotkan, pembayaran dengan uang cash cenderung bisa diterima di mana saja, tidak ada batas minimal untuk pembayaran dan tidak dikenakan biaya transaksi. Selain itu, dalam transaksi tunai juga tidak akan ada yang namanya gangguan jaringan.

Belanja Online

Sebaiknya, hindari berbelanja di minimarket karena barang yang dijual di sana harganya lebih mahal.  Kecuali jika kamu sedang perlu membeli sesuatu yang mendesak. Jika ingin belanja hemat dan praktis, sebaiknya berbelanjalah secara online di Allofresh.  AlloFresh siap melayani kamu yang ingin berbelanja online untuk berbagai kebutuhan harian, mingguan, ataupun bulanan.

Kamu bisa menemukan semua yang kamu cari di sini. Mulai dari sayur-sayuran segar, buah-buahan, dan daging segar, hingga kebutuhan harian lainnya, semua ada di sini. Kamu juga bisa memilih ingin pesanan langsung diantar ke rumah atau ingin ambil sendiri di toko? Kamu bebas memilih sesuka hati. Jika tidak ingin repot, pesanan bisa langsung diantar ke rumah kamu.

Itulah tips hemat mengatur kebutuhan rumah tangga bulanan sebagai salah satu manajemen keuangan rumah tangga. Setelah membuat daftar belanja bulanan hemat, kamu perlu konsisten untuk menerapkan tips diatas setiap kali belanja bulanan agar tidak boros.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Manajemen Keuangan Rumah Tangga untuk Kebutuhan Bulanan"