Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Peluang Karir untuk Mahasiswa Alumni Jurusan Teknik Informatika

Peluang Karir untuk Mahasiswa Alumni Jurusan Teknik Informatika
Peluang Karir untuk Jurusan Teknik Informatika

Peluang Karir

Peluang karir untuk teknik informatika terbuka lebar untuk saat ini dan masa depan. Apa saja? klik untuk info selengkapnya berikut ini. 

10 Peluang Karir untuk Mahasiswa Alumni Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika adalah program studi untuk mempelajari ilmu teknologi komputer. Mahasiswa jurusan ini setidaknya mempelajari beberapa ilmu komputer termasuk analisis matematis pengembangan, evaluasi software, pengujian, sistem operasi, dan kerja komputer.

Skill dan pengetahuan lulusan teknik informatika dibutuhkan untuk berbagai industri kekinian di Indonesia dan seluruh dunia. 

Gambaran Prospek Peluang Karir untuk Teknik Informatika

1. Software engineer

Peluang karir untuk teknik informatika yang pertama dalam daftar ini, adalah sebagai software engineer. Hingga 10 tahun kedepan, profesi ini akan terus berkembang hingga 17%, menurut Transparant Career.

Berkarir sebagai software engineer tak jauh dari kerja kerja penerapan optimalisasi software dan prinsip prinsip pengelolaan, hingga pembuatan software dan banyak lagi. 

 2. IT consultant

Kedua, menjadi IT consultant. Profesi ini tugasnya mengaplikasikan strategi teknologi informasi dalam perancangan, implementasi, hingga evaluasi di suatu industri atau perusahaan. Secara khusus, profesi IT consultant adalah para spesialis yang konsentrasinya pada integrasi teknologi informasi dalam industri atau bisnis. 

Sebagai konsultan, mereka memberi saran pada klien mengenai penerapan teknologi informasi yang paling efisien guna mencapai tujuan bisnis. Jelas bahwa peluang karir untuk teknik informatika dapat menjadi seorang IT consultant yang prospeknya cerah. 

3. Web developer

Web developer adalah salah satu peluang karir untuk teknik informatika yang menjanjikan. Pengembang website selalu punya peluang bagus.

Sebab skill mereka sangat dibutuhkan bagi bisnis modern utamanya berkaitan dengan bisnis berbasis digital yang memerlukan suatu pengembangan aplikasi web. 

Kalau tak ingin bekerja terikat, seorang web developer dapat membangun bisnis sendiri menjual skill-nya terkait optimasi website

4. Mobile application developer

Peluang karir untuk teknik informatika lainya ada mobile application developer. Pekerjaan ini berkaitan dengan produksi, pengujian, pemrograman aplikasi khusus untuk smartphone.

Baik Android, Windows maupun iOS. Profesi mobile application developer juga termasuk iOS developer dan android developer. Seiring semakin banyak dan berkembangnya kebutuhan aplikasi seluler, profesi mobile application developer kian terbuka.

5. Game developer

Anda lulusan teknik informatika yang juga hobi main game, tak ada salahnya berkarir sebagai game developer. Pekerjaan ini adalah merancang, mendesain, hingga memproduksi dan eksekusi pembuatan video game untuk berbagai konsol. 

Tak diragukan lagi bahwa dunia game dalam berbagai konsol bakal semakin berkembang kedepannya. Maka dari itu, peluang karir untuk teknik informatika sebagai game developer tak ada matinya. 

6. System analyst

Peluang lainnya yang tak kalah bagus untuk lulusan teknik informatika adalah menjadi seorang ahli system analyst.

Itu adalah pekerjaan yang berkaitan dengan penyusunan arsitektur teknologi informasi untuk mengoptimalkan sistem yang ada demi sistem teknologi informasi yang tepat guna bagi suatu perusahaan atau industri. 

7. Data scientist

Data scientist adalah pekerjaan yang belakangan lumayan hits dan menjadi peluang karir untuk teknik informatika. 

Tanggung jawab seorang data scientist mengolah informasi menjadi informasi penting dengan memakai algoritma maupun machine learning.

Data data yang telah diolah ahli scientist digunakan pihak manajemen guna membuat perencanaan strategi bisnis termasuk untuk evaluasi ulang produk. 

Profesi data scientist saat ini dibutuhkan untuk berbagai industri, seperti industri keuangan, edukasi, ritel, riset ilmiah hingga e-commerce dan banyak lagi.

8. Android developer

Profesi sebagai android developer sekarang ini cukup populer. Lulusan teknik informatika dapat terjun dalam karir ini. 

Tugas seorang pengembang android termasuk merancang dan membuat suatu aplikasi supaya bisa diterapkan pada perangkat android.

Sejumlah bahasa pemrograman seperti Android, Kotlin hingga Java perlu mereka kuasai. Mengingat android semakin berkembang dari waktu ke waktu, ini menjadi peluang karir untuk teknik informatika, jangan ragu untuk berkarir sebagai android developer.

9. iOS developer

Sama seperti android developer, seorang iOS developer juga menangani pekerjaan terkait perancangan dan pembuatan aplikasi untuk sistem operasi iOS. Peluang karir untuk teknik informatika satu ini masih terbuka lebar.

10. Cyber security analyst

Saat ini kejahatan siber semakin marak berpotensi menyerang sebuah aplikasi atau software. Hal ini membuat profesi sebagai cyber security analyst menjadi penting perannya.

Cyber security analyst menjadi salah satu peluang karir untuk teknik informatika untuk mengatasi masalah keamanan pada platform dan aplikasi dari ancaman kejahatan cyber.

Peluang karir untuk teknik informatika lainnya

Selain beberapa daftar diatas, masih banyak peluang karir untuk lulusan prodi teknik informatika. Seperti misalnya jadi SEO specialist, Database administrator, Cloud architect, Software tester, Network engineer dan banyak lagi, termasuk menjadi Network engineer, Full stack developer, Front end developer dan sebagainya.

Jika anda lulusan teknik informatika dan ingin berkarir menjadi salah satu seperti yang disampaikan artikel diatas, anda bisa menyiapkan dari sekarang. Buatlah CV menarik supaya diterima di perusahaan impian anda disini.

Nah itu dia ulasan tentang peluang karir untuk mahasiswa alumni jurusan teknik informatika. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Peluang Karir untuk Mahasiswa Alumni Jurusan Teknik Informatika"

  1. Bener semua tuh. Suami dan adikku sama-sama orang IT. Suamiku sendiri pernah jadi web developer, data analyst, sampai cyber security analyst juga.

    BalasHapus