Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Kenali Ciri Paving Block yang Berkualitas Sebelum Membeli

https://unsplash.com/photos/rkt_4UGs54k

Paving Block yang Berkualitas

Sebelum membeli paving block, Anda harus tahu mana kualitas produk yang terbaik. Penting juga untuk mengetahui harga paving block per meter di pasaran agar bisa menyesuaikan dengan budget

Apalagi dengan jumlah produsen paving yang semakin meningkat Anda perlu berhati-hati dalam memilih. Jangan sampai membeli paving yang cepat rusak setelah digunakan beberapa tahun saja. Yuk langsung saja kenali seperti apa ciri paving yang berkualitas. 

5 Ciri Paving Block Berkualitas yang Harus Dipilih 

https://www.pexels.com/id-id/foto/perkerasan-beton-abu-abu-220177/

Penggunaan paving block begitu meluas, baik untuk trotoar hingga area jalan untuk perumahan. Popularitasnya ini membuat paving jadi alternatif pembuatan jalan menggunakan aspal. 

Ditambah lagi bentuk paving block semakin beragam yang membuat jalan jadi lebih indah. Jika Anda berhasil memilih paving yang berkualitas maka penawaran harga sudah pasti akan terjangkau, di sisi lain paving juga tahan cuaca yang membuatnya awet. 

Nah untuk menemukan mana paving yang berkualitas, Anda bisa cek beberapa cirinya berikuti ini. 

Paving Memiliki Tekstur Kasar

Pembuatan paving memanfaatkan material pasir ayakan yang ukurannya kecil sehingga saat sudah selesai dicetak tekstur permukaan paving pun kasar. Hal ini jugalah yang membuat paving menjadi jalan yang tidak licin dan aman. 

Jika Anda menemukan paving dengan tekstur kasar artinya kualitasnya baik. Hal sebaliknya, jika permukaan justru terasa halus saat diraba maka paving tidak menggunakan material pasir murni. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Kelembaban Ruangan

Produsen mungkin saja mencampurkan bahan tanah karena pasir belum diayak. Anda bisa cek juga dengan menggoreskan benda tajam, seharusnya partikel permukaannya tidak mudah lepas. 

Ketebalan Paving Minimal 6 cm 

Ciri paving berkualitas selanjutnya bisa dilihat dari ketebalannya. Pemilihan ketebalan ini juga tergantung dengan fungsi dan minimal adalah 6 cm. Paving dengan ketebalan cm sangat cocok digunakan untuk jalanan perumahan. Area jalanan tersebut nantinya tidak akan terlalu menahan beban kendaraan berat. 

Beda lagi jika Anda ingin membuat jalan yang kerap dilewati truk, maka dibutuhkan paving dengan tebal minimal 10 cm. Paving yang tebal akan lebih stabil, tidak mudah pecah dan kuat untuk dilewati kendaraan yang sangat berat. Hal ini jugalah yang membuatnya lebih awet. 

Bentuk Paving Harus Presisi 

Ciri fisik lain yang mudah dicek adalah dari bentuknya. Paving berkualitas pasti akan dicetak dengan baik sehingga bentuknya presisi. Bentuk presisi ini memudahkan dan menciptakan kerapian ketika dipasang. Sudut paving harus runcing dan tidak berongga. 

Anda bisa mengetahui bentuk yang presisi ini ketika material sedang ditumpuk. Maka Anda akan tahu mana paving yang pas presisi bentuknya. Produsen berkualitas pasti tidak akan ragu menunjukan produknya secara langsung. 

Paving Harus Kokoh dan Kuat 

Kebanyakan kontraktor biasanya akan melakukan uji coba sampel dari paving secara langsung. Dikarenakan hanya melihat segi fisik seringkali tidak cukup. Pengujian bisa dilakukan langsung di tempat produsen. 

Caranya adalah mengangkat dan merasakan berat dari paving. Kemudian menjatuhkannya dan mengecek apakah ada bagian yang rusak khususnya di siku paving. Ketika produk kuat dan kokoh maka beratnya akan cukup terasa dan saat dibanting paving tidak mudah rusak seperti retak apalagi pecah. 

Selain menjatuhkannya Anda bisa juga menghantamkan dua paving block untuk tahu tingkat kekuatannya. Cek kembali tingkat kepadatan paving setelah dihantamkan karena akan sangat terlihat kualitasnya. 

Sesuaikan Pola Pemasangan dengan Desain 

Berbagai desain dari paving tidak sembarangan, semua dibuat secara khusus untuk membentuk jalan yang kuat. Anda perlu menyesuaikan pola pemasangan dengan desain paving agar tidak salah. Biasanya pola pemasangan yang sering digunakan adalah struktur tulang ikan.

Pastikan untuk memilih jasa desain interior yang memahami desain paving blockDesainnya sendiri ada beragam seperti desain bata, ubin, kubus, segi enam sampai cacing. Nah dari sini Anda bisa tahu mana desain yang paling normal dan sesuai dengan pola pemasangannya. 

Terakhir tak kalah penting, Anda juga harus tahu produsen atau pabrik paving block terbaik. Sebagai produsen yang menyediakan produk berkualitas, Anda bisa memilih Lawangindahbeton.com. Sudah berpengalaman sejak tahun 1980 yang membuat Anda bisa memesan paving block dalam skala besar. 

Nah itu dia ulasan tentang ciri Paving Block yang berkualitas. Semua kebutuhan proyek akan terpenuhi dengan banyak sekali produk beton lain yang bisa Anda pilih. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: 

https://www.masterblockindonesia.com/tips-memilih-paving-block/

https://sentracon.co.id/4-cara-memilih-paving-block/

https://marga-jaya.com/blog/tips-memilih-paving-block-berkualitas.html

https://marga-jaya.com/blog/tips-memilih-paving-block-berkualitas.html

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Kenali Ciri Paving Block yang Berkualitas Sebelum Membeli "

  1. Wah kenapa baru sekarang baca tulisan ini 😰 padahal dulu saya beli paving block cuma dilihat desainnya aja.

    BalasHapus