Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya
Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya

Pasca lulus minimal dari SMA atau SMK, biasanya tidak sedikit yang ingin mulai merambah ke dunia pekerjaan.

Saya sendiri waktu itu memutuskan untuk langsung bekerja di bulan Oktober setelah pada bulan Agustus lulus menjadi sarjana terapan Kesehatan Lingkungan meskipun sebelumnya sewaktu kuliah pun saya beberapa kali mendaftar dan diterima sebagai pekerja paruh waktu di beberapa perusahaan kuliner.

Nah, biasanya ada beberapa kesamaan pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya yang bisa kita contoh jika sharing dengan teman yang sudah diterima di perusahaan tertentu.

Kali ini saya akan sharing pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya berdasarkan pengalaman saya pribadi. Berikut adalah pertanyaan wawancara yang waktu itu diajukan kepada saya dan beserta jawaban saya:

Target Posisi Pekerjaan dan Mengapa Melamar di Posisi Tersebut

Sewaktu saya diberikan pertanyaan wawancara, pimpinan saya waktu itu tidak bertanya seputar latar belakang saya, hobi saya apa, dan juga mendapat informasi darimana. Tetapi beliau langsung bertanya posisi mana yang ingin saya ambil dan mengapa melamar di posisi tersebut.

Hal ini dikarenakan ketika saya melamar, ada dua posisi kosong yang membutuhkan staff baru yaitu bagian accounting dan administrasi. Karena saya tidak begitu paham tentang accounting, maka tentu saya memilih bagian administrasi. Saya sampaikan pula kelebihan-kelebihan saya di bidang administrasi yang dapat menunjang karir saya kala itu.

Berapa Gaji yang Diharapkan

Selanjutnya pertanyaan krusial lainnya yang ditanyakan oleh pimpinan saya kala itu adalah berapa gaji yang saya harapkan mengingat saat itu saya adalah seorang fresh graduate, maka saya yang minim pengetahuan kala itu meminta gaji UMR Jakarta walaupun pada akhirnya deal-dealan kala itu memberikan saya benefit lain yang bukan berupa gaji seperti kursus maupun pelatihan.

Kapan Mulai Bekerja

Nah, selanjutnya setelah ditanya tentang gaji, saya juga ditanya kira-kira kapan bisa mulai bekerja. Jawaban saya ya tentu secepatnya.

Lah dulu kan saya bukan blogger yang rajin nulis, kerajinan saya setelah lulus ya kluntang kluntung di kamar nungguin panggilan interview padahal nyatanya kalau sudah jadi blogger kita bisa jadi pimpinan atas diri sendiri ya?

Rencana 5 Tahun Ke Depan

Saya juga ditanya kira-kira saya melamar pekerjaan pada posisi tersebut apakah rencana karir saya masih cukup lama, dalam artian tidak akan menikah dulu atau jika menikah pun tidak resign.

Waktu itu sih jawaban saya tentu realistis melihat keadaan saat itu yang mana untuk satu tahun ke depan saya masih akan terus bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi saya tidak bilang seperti itu, saya hanya bilang insya Allah sejauh ini rencana 5 tahun masih berorientasi pada karir walaupun selang 1.5 tahun bekerja saya menikah dan resign.

Pertanyaan Lainnya

Nah, pertanyaan-pertanyaan lainnya terkait Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya adalah sebagai berikut:

Pertanyaan seputar diri, hobi, pencapaian, dan hard maupun soft skill serta kekurangan dan kelebihan kita yang dapat dioptimalkan pada posisi yang kita targetkan menjadi posisi pekerjaan kita.

Informasi lowongan didapat darimana. Gambaran umum perusahaan dan motivasi serta kontribusi kita bekerja di sana itu apa sehingga perusahaan harus menerima kita sebagai stafnya.

Pertanyaan lainnya adalah seperti pertanyaan tentang kesiapan bekerja misal ditempatkan di luar kota. Mengapa mendaftar di pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pendidikan formal yang dipelajari. Lingkungan kerja yang seperti apa yang disukai. Hingga bagaimana cara kita mengatur prioritas pekerjaan.

Jika sebelumnya kita pernah bekerja, ada pula pertanyaan wawancara yang berbunyi seperti ini: mengapa resign dari pekerjaan sebelumnya, atau mengapa tidak bekerja dalam kurun waktu yang lama, atau mengapa sering berpindah-pindah tempat kerja hingga pertanyaan apakah juga melamar pekerjaan di perusahaan kompetitor.

Ada pula pertanyaan lainnya seperti pertanyaan jebakan dengan meminta kita bertanya atau menceritakan hal lain yang tidak ada di cv. Beberapa interviewer juga akan bertanya seputar bagaimana sikap kita apakah lebih dominan sebagai staff atau pimpinan, bagaimana cara ketika menghadapi stress maupun tekanan di tempat kerja, dan bagaimana cara kita menyelesaikan masalah maupun kesalahan ketika kita bekerja.

Nah, itu dia ulasan tentang Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya"

  1. Dulu suka grogi kalo mau interview kerja, walopun udah persiapan, hanya mungkin kurang mateng aja kali yak, wkwk..
    Aku izin share yah, buu.. makaciih.

    BalasHapus
  2. Bagus nih mb sharingnya, terutama buat yang mau terjun dunia kerja di tempat kerja baru. Biar gak gagap menjawab pertanyaan

    BalasHapus