Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Sistem ERP Dapat Mengefisienkan Cost Bisnis? Berikut Ulasannya!

Sistem ERP Dapat Mengefisienkan Cost Bisnis? Berikut Ulasannya!
Sistem ERP Dapat Mengefisienkan Cost Bisnis? Berikut Ulasannya!

Sistem ERP

Pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa saat ini semakin banyak sekali perusahaan yang mulai mengimplementasikan ERP dalam menjalankan bisnisnya? Tidak cuma karena ERP membuat operasional lebih efektif, tapi juga karena sistem ERP menawarkan cara bagi perusahaan untuk melakukan efisiensi biaya.

Bagaimana Sistem ERP Dapat Mengefisienkan Cost Bisnis?

Efisiensi biaya ini didapatkan dari transparansi data lengkap yang didapatkan dari sistem ERP. Dengan data transparansi ini, tentu perusahaan dapat mengontrol pendapatan agar bisa berjalan sesuai dengan perencanaan dan sesuai dengan apa yang ditargetkan.

Ini semua karena sistem ERP dapat mengintegrasikan proses bisnis di perusahaan. Dari sini saja kita sudah bisa mendapatkan keuntungan secara signifikan.

Basis data dari ERP, setiap divisi atau departemen akan menggunakan informasi tersebut untuk mengelola bisnis secara efisien.

Contohnya adalah sistem ERP dapat mengelola stok barang yang jadi bagian sales, bagian gudang, sampai bagian accounting. Dengan data yang terpusat, maka perusahaan akan ada 3 informasi mengenai data suatu barang yang sering kali bertolak belakang.

Efisiensi Cost dengan Sistem ERP

Biaya produksi adalah salah satu biaya yang dihemat ketika Anda mengimplementasikan sistem ERP. Keuntungan ini akan sangat terasa terutama perusahaan manufaktur yang memang memakan biaya produksi yang besar.

Selain itu, ada lagi beberapa lagi nilai efisiensi yang didapatkan dari sistem ERP, yaitu sebagai berikut:

1. Nilai Investasi Lebih Mudah

Aplikasi ERP memberikan informasi stok yang lebih akurat dan cepat. Dengan begini stok level dapat diatur lebih baik.

Jika sebelumnya Anda harus suatu barang untuk berjaga-jaga untuk memenuhi kebutuhan produksi saat permintaan sedang naik, Anda hanya akan menumpuk barang di gudang, yang hanya akan memakan tempat penyimpanan.

Namun, bila nilai stok sesuai dengan kebutuhan maka akan penghematan keuangan yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan produksi lainnya.

Tentunya penghematan ini dapat meningkatkan cash karena bisa mendapatkan bunga atau menekan biaya bunga yang kemudian bisa dipergunakan untuk membeli stok.

Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat biaya penyimpanan di gudang sehingga operasional gudang bisa lebih efisien dan menghindari barang kadaluarsa karena lamanya penyimpanan.

2. Menurunkan Biaya Komunikasi

Pada industri atau perusahaan yang memiliki lokasi yang terpisah-pisah akan sangat terbantu dengan sistem ERP yang terintegrasi. Ini tentu akan sangat membantu dalam melakukan konsolidasi data antar cabang, sehingga biaya koordinasi komunikasi dan waktu pengumpulan data juga jadi lebih cepat.

3. Meningkatkan Pendapatan

Ini adalah salah satu manfaat dari aplikasi ERP terbaik yaitu meningkatkan pendapatan. Dengan informasi yang akurat dan cepat maka perusahaan dapat memperkirakan kebutuhan barang untuk untuk kebutuhan pasar dengan lebih baik.

Selain itu, perusahaan juga dapat lebih cepat terhadap suatu perubahan. Ini tentu akan berdampak pada peningkatan pendapatan, selain itu pendapatan meningkat karena perusahaan dapat meminimalisir potensi penjualan yang hilang karena permintaan tidak dapat dilayani yang disebabkan oleh ketidaktersediaan barang.

Ada banyak keuntungan dari penerapan ERP di dalam operasional bisnis. Namun tentu hal ini juga ditentukan dengan memilih aplikasi ERP terbaik yang bisa ditemukan di RedERP. Aplikasi ini memiliki sistem yang lengkap dan terintegrasi sehingga dapat menunjang keberlangsungan bisnis dengan sangat baik.

Mulai dari proses operasional bisnis, distribusi, pengadaan, akuntansi, manajemen aset, manajemen proyek, sampai  POS dan CRM. Semua tersedia di dalam satu aplikasi yang user friendly. Anda dapat mengajukan demo gratis untuk mengetahui lebih lanjut fitur-fitur yang ada di RedERP. 

Nah, itu dia ulasan tentang sistem ERP yang dapat mengefisiensikan cost bisnis. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Sistem ERP Dapat Mengefisienkan Cost Bisnis? Berikut Ulasannya!"