Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Wisata Semarang Ungaran Yang Direkomendasikan untuk Kamu!

Wisata Semarang Ungaran Yang Direkomendasikan untuk Kamu!
Wisata Semarang Ungaran Yang Direkomendasikan untuk Kamu!

Wisata Semarang Ungaran

Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah. Sekilas, kota ini tampak tidak semenarik tetangganya, Yogyakarta, namun, jika kamu menghabiskan waktu satu atau dua hari di kota ini, pasti menemukan pesona tersembunyinya!

Ada banyak cara menuju Semarang, salah satunya adalah dengan perjalanan darat menggunakan bus atau travel. Nah, kalau kamu ingin merasakan perjalanan nyaman menuju Semarang, kamu bisa memesan tiket DayTrans untuk perjalanan dari Jakarta ke Semarang di Traveloka, loh.

Wisata Menarik di Semarang yang Harus Dikunjungi

Di semarang, kamu bisa menemukan keanekaragaman yang dianut, beragam arsitektur kota yang megah, sampai makanan yang menggugah selera.

Semarang terbagi menjadi dua, yaitu Semarang Bawah yang menjadi jantung kota tempat banyak atraksi wisata. Semarang Bawah juga menjadi rumah bagi Kota Lama di mana kamu bisa menemukan berbagai bangunan dengan arsitektur kolonial Belanda.

Semarang Atas terletak di bagian selatan pusat kota, di bawah kaki Gunung Ungaran. Di sana cuacanya lebih sejuk dibanding dengan Semarang Bawah.

6 Rekomendasi Lokasi Wisata Menarik di Semarang

Lalu, ada atraksi wisata apa saja yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Jawa Tengah? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Taman Nasional Karimunjawa

Mencari liburan pulau yang eksotis? Maka kamu bisa mengunjungi lokasi yang satu ini. Meskipun menjadi kota pesisir, pantai yang akan kamu temukan di Semarang tidak hanya tentang matahari, pasir, dan laut. Jika kamu berjalan 90 kilometer ke Utara, maka kamu akan menemukan 27 pulau yang menunggu untuk dijelajahi!

Jauh dari hiruk-pikuk kota, kamu bisa menikmati kehidupan pulau yang santai dengan restoran yang menyajikan makanan laut dan homestay pilihan.

Karimunjawa juga memiliki banyak koleksi flora dan fauna laut mulai dari kaleidoskop ikan tropis di antara terumbu karang sampai burung-burung yang terbang berkeliling di atasnya. Menikmati liburan di Taman Nasional Karimunjawa bisa jadi pengalaman yang seru untuk kamu.

Brown Canyon

Penambangan yang dilakukan dengan bahan peledak dan alat berat selama beberapa dekade meninggalkan bekas yang terlihat alami. Ada pahatan dinding dan pilar yang menjulang setinggi puluhan meter. Hal ini membuat Brown Canyon menjadi Arizona Grand Canyon di tengah Jawa.

Lokasi wisata Semarang Ungaran ini bahkan sudah membuat jalur sepeda yang ideal yang dapat memacu adrenalin bagi siapapun yang mencobanya. Namun, kamu harus berhati-hati ya, karena masih ada truk yang berkeliaran selama jam kerja.

Lokasinya beberapa jam ke pedesaan dan tidak ada rambu-rambu yang mengarahkan Anda karena sebenarnya Brown Canyon bukanlah tempat wisata resmi. Selain itu, Anda juga butuh kendaraan yang mumpuni dan pemandu lokal untuk menunjukkan jalan.

Umbul Sidomukti

Wisata Semarang Ungaran selanjutnya Terletak di kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti dibangun khusus untuk menikmati pemandangan indah di Semarang Atas. Selain itu, di sini juga terdapat jalur rintangan outbound yang dapat menantang adrenalin kamu.

Jika ingin menikmati waktu dengan bersantai, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang di kolam batu mata air yang berlokasi di seberang kafetarianya. Bahkan jika kamu ingin menginap di Umbul Sidomukti juga bisa. Di sini disiapkan pilihan akomodasi yang dapat kamu pilih untuk bersantai lebih lama!

Pondok Kopi

Berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, Pondok Kopi terletak di atas taman Umbul Sidomukti. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan alam yang mempesona.

Saat kabutnya hilang, kamu bisa pilih area meja piknik yang ada di luar ruangan untuk menikmati tanaman hijau yang subur. 

Kedai kopi ini juga menyajikan berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari roti bakar sampai bakmi jawa. Dijamin, rasa lapar kamu bisa tuntas di tempat yang tepat!

Goa Tirta Mulya

Kalau kamu masih ingin mengunjungi lokasi yang jauh dari pusat keramaian, maka kamu ga boleh melewatkan Goa Tirta Mulya yang terletak di antara taman-taman di sekitar Umbul Sidomukti.

Ada terowongan dengan lebar tiga meter yang membentang hingga ratusan meter yang dilengkapi dengan lampu redup. Mungkin kamu perlu menggunakan ponsel sebagai senter untuk berjalan menyusuri terowongan ini.

Di ujung terowongan, ada balkon kecil yang menghadap ke perbukitan dan kota yang menjadi pemandangan menarik untuk kamu nikmati.

Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang merangkul keagamaan dalam harmoni. Hal ini bisa dilihat dari elemen yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah. Di bagian depan, kamu bisa melihat 25 pilar yang dirangkai dengan perpaduan tema Renaissance Italia dan kaligrafi Arab.

Selain itu, kental dengan nuansa Arab dapat dilihat di halaman tempat berdirinya enam payung raksasa yang identik dengan Masjid an-Nabawi di Madinah.

Bangunan masjidnya sendiri juga perpaduan dengan arsitektur masjid tradisional Jawa dan Arab, sementara interiornya merupakan penghormatan terhadap masjid bergaya Jawa. Hal ini bisa terlihat dari furniture dan material yang digunakan.

Gimana? Sudah terinspirasi belum dengan rekomendasi lokasi wisata Semarang Ungaran di atas sebagai pilihan liburan kamu di Semarang?

Sebelum menikmati liburan, jangan lupa untuk memesan tiket bus dan reservasi hotel kamu di Traveloka, ya! Sekian, semoga ulasan tentang Wisata Semarang Ungaran Yang Direkomendasikan untuk Kamu ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Wisata Semarang Ungaran Yang Direkomendasikan untuk Kamu!"