Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara

Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara
Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara

Sambal Kemasan

Sewaktu saya berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji dan umrah pada Juni 2022. Ada cerita menarik yang ingin saya ceritakan di pengalaman haji kali ini khususnya tentang sambal kemasan yang bisa menggugah selera makan.

Kok bisa sih sambal kemasan bikin makan jadi lahap? Jadi begini ceritanya…

Karena di Indonesia itu sambal telah menjadi makanan khas, jadi rasanya kurang afdhol kalau tidak makan pakai sambal.

Nah, sayangnya, menu katering selama ibadah haji dan umrah untuk jama’ah Indonesia diatur sedemikian rupa untuk meminimalisir penyakit yang disebabkan oleh makanan seperti kolesterol, diare, dan sejenisnya selama menjalani ibadah haji dan umrah yang membutuhkan banyak aktivitas fisik dan spiritual.

Sehingga menu makanan yang disajikan mungkin bagi sebagian orang terasa hambar meskipun terlihat nikmat. Tetapi lagi-lagi perlu ditekankan, untuk rasa ini tergantung selera dan rejeki ya karena kalau kata orang jaman dulu apa yang kita alami di Tanah Suci adalah cerminan dari perilaku baik dan buruknya kita selama di Tanah Air.

Ada cerita yang selama mendapatkan makanan catering enak-enak saja rasanya atau bahkan sebaliknya, na’udzubillahi min dzalik. Nah, namun memang perihal sambal ini memang menjadi persoalan bersama. Sehingga pemerintah pun menyiapkan sambal kemasan khusus jama’ah haji Indonesia beserta makanan kemasan lainnya.

Namun khusus untuk sambal karena cepat habis, jadi banyak pula jama’ah haji Indonesia yang membawa bekal sambal termasuk saya dan beberapa teman satu kloter lainnya. Kalau kalian bertanya-tanya kenapa sih gak beli di sana aja padahal di sana kan juga banyak toko kelontong dan supermarket.

Honestly, rasanya beda kalau menurut saya. Karena cabe di sana itu tidak sepedas cabe di Indonesia. Cabe di Indonesia itu pedasnya nampol sehingga bisa membuat kita makan jadi lahap.

Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara

Nah, berbicara tentang sambal kemasan yang pedasnya nampol dan bikin makan jadi lahap serta cocok untuk dijadikan pelengkap makanan ketika berada di Tanah Suci maupun saat bertraveling di manapun, saya punya rekomendasinya nih yaitu Sambal Khas Nusantara Sambal Ny. Rara (Sambal Nyonya Rara).

Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara
Sambal Ny. Rara

Keunggulan Sambal Ny. Rara

Ada beberapa keunggulan Sambal Ny. Rara yang bisa membuat kamu harus memilihnya sebagai sambal kemasan pilihan selama bertraveling. Pertama, sambalnya fresh karena terbuat dari cabai dan bahan premium lainnya serta pedasnya nampol apalagi jika dikonsumsi dengan lauk dan nasi yang masih hangat.

Kedua, rasanya nikmat karena kaya akan cita rasa mulai dari rasa manis, pedas, dan juga gurihnya pas. Ketiga, topingnya banyak, besar-besar dan empuk. Berbicara tentang topik, maka tentu akan berbicara tentang keunggulan selanjutnya nih yaitu produk sambalnya bervariasi.

Yup, Keempat adalah sambal yang diproduksi oleh Sambal Ny. Rara sangat bervariasi mulai dari Sambal Cumi, Sambal Teri Medan, Sambal Gami, Sambal Geprek, Sambal Jengkol, Sambal Kecombrang, Sambal Bawang, Sambal Petai, Sambal Rebon Pedas, Sambal Terasi, dan Sambal Tuna.

Selain variasi sambalnya yang sangat beragam, ukuran kemasan Sambal Ny. Rara juga beragam lho. Mulai dari 35 gram (Kemasan Icip - Sachet), 120 gram (Kemasan Ekonomis), dan 200 gram (Kemasan Puas). Yang pastinya seluruh kemasan ini adalah kemasan travel size jadi bisa dibawa kemana pun termasuk ketika kamu ingin menunaikan ibadah haji dan umrah seperti cerita yang saya tulis di atas.

Selain variasi produk dan ukuran, Sambal Ny. Rara juga memiliki variasi paket sambal adn variasi tingkat kepedasan. Untuk variasi jenis paketnya adalah sebagai berikut:

Paket Cute Banget (Cumi Teri Medan Bawang)

Paket Jeng Tuti (Jengkol Tuna Terasi)

Paket Bon Terek (Rebon Teri Geprek)

Paket Jeng Cumbrang (Jengkol Cumi Kecombrang)

Paket Gamteti (Gami Petai Teri)

Untuk variasi tingkat kepedasannya, Sambal Ny. Rara memiliki dua tingkat kepedasan yaitu Pedas Nampol dan Pedas Nagih. Variasi pedas nampol dikhususkan untuk para pecinta sambal yang sangat suka mengonsumsi makanan berat dengan cabai rawit asli berlimpah.

Sedangkan untuk pedas nagih adalah variasi tingkat kepedasan untuk para pecinta kuliner yang suka mengonsumsi makanan dengan cita rasa ada pedas-pedasnya agar makan lebih nikmat dan membuat ketagihan.

Jadi untuk teman-teman yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas, variasi tingkat kepedasan ini cocok untuk kalian.

Keunggulan kelima adalah karena kemasannya travel size, sehingga pengemasannya pun memiliki segel yang membuat Sambal Ny. Rara aman dan tidak mudah tumpah. Sambal Ny. Rara juga memberikan garansi 100% apabila sambal rusak selama di perjalanan dengan proses klaim yang cukup mudah yaitu pelanggan cukup mengirimkan bukti video unboxing dan pihak Sambal Ny. Rara akan mengirimkan produk penggantian.

Selain itu tentunya sambal kemasan ini dimasak dengan higienis sehingga dikirim dalam kondisi fresh dan saat akan dihidangkan telah siap disantap oleh pelanggan cukup dengan membuka kemasannya saja.

Semudah itu gaes, namun tetap perlu memperhatikan rentang waktu ketahanan Sambal Ny. Rara yaitu setelah produk dibuka, sambal kemasan ini bertahan hingga 4 hari dan jika ingin ketahanannya lebih lama bisa langsung dimasukan ke dalam kulkas setelah dikonsumsi.

Jangan khawatir, biasanya kalau pun sambal ini nantinya dibawa untuk ibadah haji dan umrah, hotel-hotel di sana menyediakan kulkas kok. Nah, selain itu, teman-teman juga perlu memperhatikan tanggal kadaluwarsa Sambal Ny. Rara yang tercantum di dalam kemasan ya.

Ngiler gak sih baca tulisan ini. Hadeeehh, saya aja yang nulis jadi kepengen makan pakai Sambal Ny. Rara. Untung saya ada stok di rumah yang variasi rasa Sambal Tuna, Sambal Geprek dan Sambal Gami.

Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara
Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara

Kisaran Harga Sambal Ny. Rara

Harga Sambal Ny. Rara disesuaikan dengan variasi ukuran kemasan dan variasi paket. Untuk ukuran kemasan 35 gram berkisar Rp 9.900 - Rp 10.900. Untuk ukuran kemasan 120 gram berkisar diangka Rp 25.000 - Rp 29.500. Harga paketnya di angka Rp 88.000. Untuk ukuran kemasan 200 gram berkisar diangka Rp 41.000 - hingga Rp 48.500. Harga paketnya diangka Rp 139.000.

Order Sambal Ny. Rara

Nah, kalau teman-teman mau coba juga, teman-teman bisa  order via media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok di official account yaitu @ny.rara.co.id atau melalui market place seperti Shopee dan Tokped. Bisa juga melalui Whatsapp https://ny.rara.co.id/pesan/.

Itu dia ulasan tentang Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara yang bisa kamu bawa untuk pelengkap makanan berat selama menunaikan ibadah haji dan umrah. Sekian, semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Sambal Kemasan Yang Bikin Makan Jadi Lahap: Sambal Ny. Rara"

  1. Mbak, aq jafi penasaran sama sambel Ny. Rara ini rasanya gimana. Baca ulasan mbak Iff aja aq udah ngiler rasanya.

    BalasHapus
  2. makan tanpa sambal itu memang kurang afdol ya Buk.
    saya juga sejak menikah dan suami doyan sambal, rasanya kurang aja kalau makan tanpa sambal, jadi ikutan suka gitu deh hehehe.
    ngomongin rekomendasi sambal, saya juga setuju nih dengan Sambal Ny. Rara, kebetulan saya juga udah nyoba dan emang sambalnya nagiih deh ini, nanti mau order lagi dah, kemarin baru coba beberasa rasa, salah satu favorit saya itu Sambal Kecombrangnya :)

    BalasHapus
  3. Wajib banget aku sambel mah, baru tau ini. Jadi pingin icip juga. Soalnya makan sambel begini bikin nambah-namba nasi

    BalasHapus