Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat
Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak

Selamat datang kembali untuk membaca surat cinta Kafa yang ke-49. Kali ini Mama akan bercerita tentang cara menghilangkan telur kutu pada anak laki-laki dengan cepat. Kok surat cinta malah tentang kutu sih? Tapi itulah kenyataannya dan begini ceritanya.

Bulan ini, selain aktif bermain bersama Mas Qirel, Mas Asif, Kocheng, dan ikut Mama pengumpulan data di Kota Magelang, Kafa juga masih tergandrung-gandrung dengan lagu ABC seperti perkembangan anak laki-laki di bulan sebelumnya.

Mama juga beberapa kali kerap meningkatkan kemampuan Kafa dan mencatat perkembangan harian Kafa. Catatan hariannya lebih ke aktivitas harian Kafa per day. Misal Kafa bangun jam berapa, lalu aktivitas pertamanya apa, siangnya bagaimana, sorenya dilanjutkan dengan aktivitas apa dan malamnya hingga tidur kembali.

Ada satu hari yang mengesankan bagi Mama ketika Kafa bisa berkata I Love You Mama tanpa diminta. Wow, padahal biasanya Mama yang bilang I Love You. Tetapi di tanggal 27 Desember 2022 Kafa tiba-tiba bilang maaf ke Mama sambil bilang I Love You. Mama jadi sedih.

Mama juga sempat burn out dimana hari-hari Mama rasanya lelah sekali melakukan pengumpulan data penelitian dan Mama sempat menangis beberapa kali. Ada satu momen ketika Mama menangis lalu ketawan Kafa dan Kafa bilang ke Ayah, "Ayah, Mama nangis". Habis itu, Mama auto berhenti nangis karena Kafa kenceng banget bilangnya.

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat

Momen lainnya yang menjadi penentu dalam artikel cara menghilangkan telur kutu pada anak ini adalah ketika Mama membelai kepala rambut Kafa saat di atas motor untuk bolak balik penelitian. Mama kaget sekali menemukan ada telur kutu di rambut Kafa.

Awalnya Mama mengira telur kutu di rambutnya hanya satu dua, ternyata banyak. Serem banget dan sedih karena kecolongan. Mama mencoba memitas si telur kutu tetapi tidak berdarah. Artinya mereka ini telur-telur kutu yang sudah lama mati tetapi masih menempel di rambut Kafa.

Usut punya usut, Mama curiga kayanya Kafa ini ketepaan deh karena sering tiba-tiba ngambil peci anak-anak kalau pas lagi ngaji. Tetapi yang lebih Mama khawatirkan adalah kalau anaknya gak mau potong rambut karena telur kutunya sebanyak itu.

Akhirnya inilah langkah pertama dan terakhir Mama untuk cara menghilangkan telur kutu pada anak laki-laki Mama dengan cepat yaitu potong rambut sampai habis. Seperti sebelum-sebelumnya, Kafa selalu gak mau kalau diajak potong rambut. Mungkin Kafa trauma.

Tapi karena alesan perkutuan ini dan setelah disounding beberapa kali dengan pertanyaan-pertanyaan Kafa mau punya kutu di rambutnya dan pertanyaan sejenisnya, akhirnya Kafa mau lho potong rambut.

Pas banget hari itu Kafa bangun pagi. Mama yang udah mau siap-siap berangkat penelitian ngajak Ayah untuk ke tukang cukur terdekat. Setelah lihat Google Maps dan reviewnya, akhirnya kami memutuskan untuk memotong rambut Kafa di Anto Barbershop.

Awalnya Kafa masih senyam-senyum dan sempat foto sebelum potong rambut. Tetapi karena menunggu satu orang yang sedang dicukur, lama-lama Kafa bosan dan mengantuk. Ya, mau gimana lagi. Akhirnya dia tidur sebelum waktunya dicukur.

Ketika gilirannya tiba, Mama bilang ke bapak yang mencukur atau Pak Anto (mungkin ya? :D) untuk menggundulkan Kafa. Tetapi Pak Anto kurang berkenan dan masih memberi 1 cm helai rambut. Namun setelah dicoba dan telur kutunya masih ada yang menempel, akhirnya Pak Anto memutuskan untuk memotong hingga 0.5 cm helai rambut.

Saat prosesi pemotongan rambut sangat cepat karena menggunakan alat cukur elektrik. Namun ketika bagian bawah rambut hendak dicukur, Kafa mulai merasa ada yang tidak beres dengan kepalanya. Akhirnya terbangunlah ia dan proses pencukuran yang semula tenang menjadi ramai mode on. Tetapi Pak Anto berhasil menyelesaikan misinya.

Meski pulang dari tempat cukur masih marah-marah karena tidak terima rambutnya hilang. Tapi akhirnya Kafa berdamai dan Mama beri hadiah es krim Upin Ipin. Mama juga iseng bertanya pada Kafa, mau dipanggil Upin atau Ipin, Kafa menjawab Ipin :D

Yah, jadi begitulah pemirsah, Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat yaitu dengan sounding (afirmasi) sebelum dilakukan proses utamanya yaitu pencukuran rambut. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Anak Laki-Laki dengan Cepat"

  1. Sama nih, Fatih juga aku gundulin, soalnya banyak telur kutunya. Kalau aku malah curiga tertular dari tukang cukur Mbak, maksudnya dari gunting / alat cukur elektriknya. Itu kan bekas banyak orang ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anakku itu kasusnya jarang sekali ke tukang cukur mba, ini baru yang ketiga kalinya

      Hapus
  2. Wah makasih tips nya kak iffi.. semoga ga ada lagi kutu ya , anak anak masih belum paham minjem peci temen nya ya ternyata harus hati hati hihi beresiko kutu juga

    BalasHapus