Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Haruskah Anda Mulai Menginvestasikan Tabungan Anda Pada Tahun 2023?

Haruskah Anda Mulai Menginvestasikan Tabungan Anda Pada Tahun 2023?
Haruskah Anda Mulai Menginvestasikan Tabungan Anda Pada Tahun 2023?

Investasi Bagi Pemula

Menabung merupakan salah satu kegiatan untuk merancang masa depan. Aktivitas menabung bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan memiliki tabungan online maupun konvensional, berarti Anda sudah menyiapkan sesuatu untuk masa depan.

Haruskah Anda Mulai Menginvestasikan Tabungan Anda Pada Tahun 2023?

Hasil dari menabung bisa berguna untuk berbagai keperluan seperti dana darurat, investasi pendidikan, modal untuk menikah, kebutuhan sekolah anak, dan banyak lagi.

Jika suatu saat ada kebutuhan mendesak, Anda tidak perlu khawatir lagi karena tabungan bisa mencukupinya. Asalkan Anda menabung secara rutin, tentu segala keperluan bisa tercukupi dengan baik.

Perbedaan Tabungan dan Investasi

Tabungan ada banyak macamnya, seperti tabungan konvensional, tabungan giro, tabungan anak, tabungan haji, tabungan berjangka dan lain-lain. Masing-masing jenis tabungan ini tentu punya peruntukkan yang berbeda-beda.

Selain menabung, kegiatan menyisihkan uang juga bisa Anda terapkan dengan cara berinvestasi. Secara definisi, tabungan dan investasi adalah kegiatan menyisihkan harta atau uang. Sedangkan, perbedaan keduanya terlihat dari tujuan menyisihkan uang.

Dilansir dari Allianz, tabungan bertujuan untuk mengamankan uang. Sedangkan, investasi bertujuan untuk menambah nilai dari uang atau harta yang telah disisihkan. Untuk investasi, ada beberapa instrumen yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu emas, properti, saham, obligasi, reksa dana, valuta asing dan sebagainya.

Jenis-jenis investasi punya resiko dan imbal hasil yang berbeda-beda. Jika Anda ingin memulai untuk menginvestasikan tabungan, pastikan sudah mempelajari instrumen investasi yang Anda pilih. Apakah di tahun 2023 ini Anda tetap ingin menabung atau mulai menginvestasikannya? Tentukan pilihan Anda.

Mengapa Perlu Berinvestasi?

Menurut laporan Investor.id, investasi adalah proses mengalokasikan uang menjadi aset yang kurang likuid dengan harapan memperoleh keuntungan dari pertambahan nilai. Saat melakukan investasi dari uang ke aset kurang likuid, Anda pasti akan berpikir bagaimana cara agar nilai aset ini bisa meningkat.

Karena alasan tersebutlah, investor akan memilih instrumen yang tepat berdasarkan profil risiko dan imbal hasil.

Dengan melakukan investasi, berarti Anda peduli dengan masa depan. Hasil yang akan Anda peroleh bisa untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak perlu mengalokasikan uang terlalu besar, Anda bisa mulai menyisihkan uang dari sebagian kecil gaji bulanan.

Tanam duit menyebutkan bahwa manfaat lain berinvestasi yang bisa Anda peroleh adalah membuat hidup menjadi lebih tenang. Mengapa demikian? Hidup akan menjadi lebih tenang karena setiap kebutuhan sudah Anda siapkan.

Tidak ada lagi tuh, susah tidur karena kepikiran biaya nikah, pendidikan anak, atau biaya hidup di hari tua. Mulailah berinvestasi di tahun 2023 ini sekarang! Sebelum melakukan investasi, pastikan Anda sudah punya ilmunya dulu agar tidak salah dalam mengambil langkah.

Memahami Pentingnya Pendidikan bagi Investor

Investor.id menyebutkan bahwa investor perlu belajar tentang cara berinvestasi agar tidak terjebak oleh oknum nakal. Oknum yang tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan Anda dengan menjanjikan imbal hasil yang tidak wajar.

Oleh karena itu, pendidikan bagi investor menjadi hal wajib yang perlu Anda pelajari guna menjadi bekal saat berinvestasi. 

Dalam artikelnya, Investor.id memberikan rekomendasi bagi masyarakat untuk belajar berinvestasi melalui website edukasi investfox. Ada banyak materi yang bisa Anda pelajari, mulai dari terminologi keuangan, strategi, panduan teknikal, dan lain-lain.

Tim edukasi investfox siap menemani perjalanan Anda dari investor pemula hingga menjadi investor profesional yang bijaksana. Bahkan, materi yang tersaji pada laman investfox bisa Anda akses secara gratis.

Materi tersaji secara terstruktur, sehingga memudahkan Anda untuk mempelajarinya secara bertahap. Anda tidak perlu ragu akan pembahasan pada setiap materinya. Karena setiap materi ditulis oleh tim ahli yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang mumpuni.

Setelah memahami pentingnya pendidikan bagi investor, sudah saatnya Anda melakukan upgrade ilmu pengetahuan. Salah mengambil langkah, maka berujung pada kehilangan aset yang Anda alokasikan.

Pada dasarnya, memang di dunia investasi tidak ada yang namanya kepastian. Bisa saja hari ini portofolio investasi Anda menurun, kemudian naik kembali di bulan depan. Walaupun demikian, kita tetap perlu mempelajari ilmu investasi guna meminimalisir risiko yang terjadi dan meningkatkan imbal hasil.

Nah, itu dia ulasan tentang investasi bagi pemula sebelum menginvestasikan tabungan. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Haruskah Anda Mulai Menginvestasikan Tabungan Anda Pada Tahun 2023?"