Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas

Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas
Tips Merawat Tas Selempang Agar Awet

Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas

Sebagai individu yang tidak terlepas dengan kepemilikan sebuah tas. Dari sekian banyak model tas, tentu tas selempang atau Tas sling bag menjadi salah satu model tas yang kerap dipilih untuk digunakan ketika berpergian dan beraktivitas di luar rumah.

Hal ini tentu dikarenakan tas selempang identik dengan kelebihannya yaitu terlihat sederhana, modis  namun tetap membuat penggunanya dapat tampil dalam kegiatan formal, semi formal seperti menghadiri kegiatan pelatihan kepenulisan, maupun non formal seperti traveling ke Singapura.

Nah, karena tas selempang kerap digunakan dalam berbagai kegiatan, jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat tas agar tidak mengelupas apalagi jika tas tersebut berbahan kulit baik yang asli maupun sintesis.

Berikut adalah cara merawat tas agar tidak mengelupas dan tetap cantik meskipun dipakai berkali-kali di berbagai kesempatan:

Merawat Tas Sesuai Jenis Bahannya

Cara merawat tas agar tidak mengelupas yang pertama adalah jika tas selempang yang kita miliki berjenis bahan kulit asli atau sintesis, kita dapat membersihkan tas tersebut dengan krim pelembut yang dikhususkan untuk jenis bahan kulit.

Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas
Tas Sling Bag Buttonscarves

Selain dibersihkan dengan krim pelembut, kita juga bisa menyemir tas tersebut 1-2 kali dalam setahun sesuai dengan warna kulitnya. Namun untuk pembersihan secara berkala jika tas selempang Buttonscarves yang kita miliki kondisinya tidak terlalu kotor, cara merawat tas agar tidak mengelupas cukup dengan dibersihkan menggunakan kain lembut.

Sedangkan untuk tas yang berbahan kain atau kanvas, cara merawat tas selempang berjenis bahan seperti ini dapat dicuci secara berkala atau dicuci ketika terlihat kotor. Sebelum dicuci, pastikan untuk melepas strap agar kualitas strap pada tas selempang tersebut tidak menurun.

Rutin Membersihkan Furing Tas

Cara Merawat Tas Agar Tidak Mengelupas
Tas Sling Bag Buttonscarves

Selain bagian luarnya yang harus dibersihkan, cara merawat tas selempang berikutnya adalah membersihkan bagian dalam tas atau furing tas branded dengan menarik keluar kain furing yang ada di dalam tas lalu dibersihkan perlahan hingga tidak tampak kotoran kecil di sekitar furing.

Jika ruangan tas selempang yang dimiliki cukup besar, kita juga bisa mencegah terjadinya kotoran di dalam tas dengan menggunakan pouch agar barang-barang yang masuk ke dalam tas pun tertata rapi dan mudah diambil.

Menyesuaikan Volume Tas dengan Barang yang Dibawa

Cara merawat tas selempang berikutnya adalah dengan menyesuaikan barang yang akan dimasukan ke dalam tas. Jangan sampai jika tasnya berukuran kecil lalu barang yang dibawa sangat banyak. Karena hal tersebut akan mempercepat penurunan kualitas tas selempang kesayangan kita.

Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas
Rekomendasi Tas Sling Bag

Entah itu jahitannya lepas, bahannya yang mengelupas atau sobek, atau pun pengait tali tas selempang yang rusak akibat berat bawaan di dalam tas yang berlebihan.

Jika kita membutuhkan space tas yang lebih besar untuk membawa barang yang lebih banyak, tentu sebaiknya sejak dari rumah kita bisa menggunakan tas selempang yang lebih besar atau pun mengganti model tas koleksi lainnya yang kita miliki.

Namun jika hal ini terjadi diluar sepengetahuan kita, barang bawaan yang lebih besar dan berat dari volume tas selempang kita sebaiknya dibawa pada kantung terpisah seperti totebag atau cukup digenggam.

Menyimpan Tas dengan Baik

Cara merawat tas selempang yang terakhir agar kualitasnya tetap baik adalah dengan menyimpan tas secara baik di tempat khusus tas dan tidak menumpuknya agar tidak merusak kualitas bagian luar tas. Penyimpanan ini bisa dilakukan dengan cara memiliki lemari atau laci khusus tas yang tidak terlalu penuh dengan barang agar tas tetap dapat merasakan sirkulasi udara.

Nah itu dia cara merawat tas selempang agar tidak mengelupas. Sekian, semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Tas Selempang Agar Tidak Mengelupas"