Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat

Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat
Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat

Penerapan Digital Marketing

Tren digital marketing saat ini sangat dinamis dan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen.

Pengalaman pengguna atau yang kita kenal dengan User Experience (UX) yang baik menjadi fokus utama dalam digital marketing saat ini.

Tren Digital Marketing Berubah Sangat Pesat

Para pelaku bisnis berusaha untuk membuat website yang responsif, cepat, dan mudah digunakan khususnya untuk pengguna mobile phone. Pengalaman pengguna yang positif tentu saja akan meningkatkan jumlah pengunjung dan konversi.

Selain itu konten juga menjadi bagian yang krusial. Konten harus disesuaikan dengan minat dan preferensi individu pengunjung website.

Membuat konten yang relevan untuk masing-masing audience, atau rekomendasi produk yang disesuaikan kebutuhan audience, akan membantu meningkatkan interaksi visitor dengan website hingga akan meningkatkan konversi.

Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat

Selain itu, video semakin menjadi format yang sangat populer dalam digital marketing. Konsumen lebih suka menonton video dibandingkan membaca teks, apalagi orang Indonesia (malas baca hehe).

Bisnis memanfaatkan platform seperti YouTube, Instagram Stories, dan Facebook Live untuk membuat video seperti video company profile yang informatif dan menarik untuk menjangkau audiens mereka.

Bagaimana Jika Pemilik Bisnis Susah Mengikuti Tren Ini?

Digital marketing memang sangat kompleks. Di sisi lain sebagai pemilik bisnis tidak mungkin mengurusi semua hal apalagi yang bersifat terlalu teknis seperti set up campaign digital di Google ads, facebook ads atau platform periklanan lainnya.

Oleh karena itu bekerjasama dengan agensi periklanan bisa menjadi opsi yang tepat, karena agensi dapat membantu semua kebutuhan periklanan digital untuk bisnis tersebut.

Digimaya

Salah satu contoh agensi yang saya kenal adalah Digimaya. Digimaya adalah salah satu Google ads agency di Indonesia yang sudah menjadi Google premier partner (mitra utama Google).

Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat
Digimaya

Sehingga tentu saja dari pengalamannya pun sudah bisa diandalkan untuk dapat membantu bisnis anda.

Sebagai Google Premier Partner Agency, Digimaya sudah dilatih dan lulus persyaratan untuk membantu bisnis di Indonesia agar mendapatkan keuntungan optimal dari Google Ads dan produk Google lainnya.

Bagaimana Jika Ingin Belajar Digital Marketing?

Menurut saya, sebagai pemilih bisnis anda juga perlu memahami hal-hal yang fundamental dalam digital marketing.

Anda bisa memulainya dari mempelajari pengetahuan dasar seputar digital marketing dengan cara baca buku, ikuti kursus online, atau belajar dari sumber gratis seperti blog dan panduan digital marketing lainnya.

Ada banyak platform e-learning yang menawarkan kursus digital marketing. Pilihlah kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anda.

Beberapa platform e-learning yang cukup terkenal antara lain Udemy, Coursera, dan Google Digital Garage. Kursus ini dapat memberikan wawasan yang cukup detail tentang berbagai aspek digital marketing.

Namun, jika anda tinggal di Jakarta, anda bisa juga ikut kursus offline. Dengan kursus offline anda bisa belajar langsung secara tatap muka dengan pengajarnya. Sehingga akan lebih memudahkan dan mempercepat anda dalam belajar Iklan Google Ads.

Salah satu tempat kursus digital marketing di jakarta yang saya tahu bernama Fiucer. Silahkan anda bisa cari tau lebih detail tentang Fiucer di website resminya yaitu www.fiucer.com

Kesimpulan

Penerapan digital marketing terus berkembang, dan penting bagi pemasar digital untuk terus mempelajari tren terbaru dan beradaptasi dengan perubahan tersebut untuk mencapai keberhasilan dalam kampanye pemasaran mereka.

Dengan mempelajari dan menguasai konsep dasar digital marketing serta terus mengembangkan keterampilan anda, anda dapat memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh dunia digital untuk mempromosikan produk atau layanan secara efektif.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Penerapan Digital Marketing dan Trennya yang Berubah Sangat Pesat"

  1. setuju, sebagai pemilik bisnis kita perlu belajar digital marketing juga dan bekerjasama dengan agensi digital marketing menjadi salah satu solusi yang terbaik sehingga kita punya waktu lebih untuk memikirkan hal lainnya. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus