Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer

Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer
Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer

Belajar Pemrograman Untuk Pemula

Kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana cara belajar pemrograman untuk pemula melalui kelas Sertifikasi iOS Developer. Beberapa waktu lalu, saya bertemu dengan teman baru. Sebut saja namanya Vino (bukan nama sebenarnya). Umurnya memang terpaut 5 tahun lebih muda jika dibandingkan dengan saya. Tetapi Kak Vino ini ternyata sudah mandiri secara finansial dengan percepatan karir yang luar biasa.

Usut punya usut, setelah kami ngobrol cukup lama di loby hotel tempat kami bertemu dalam sebuah workshop untuk menunggu suami saya, ternyata ada beberapa insight yang saya dapat dari percakapan kami terkait percepatan karirnya yang luar biasa di era saat ini.

Melanjutkan jenjang pendidikan formal bukan solusi cepat untuk yang memiliki target financial freedom dalam waktu cepat. Mengapa? Karena biasanya jenjang pendidikan formal menjadi sebuah cara untuk meningkatkan jabatan bagi yang sudah memiliki karir yang linier dibidangnya.

Sehingga ketika ditawari S2, teman saya ini masih berfikir berkali-kali. Karena dari pengalamannya, bukan sekolah S2 yang dapat mempercepat karirnya melainkan hardskill yang ia miliki dari hasil pelatihan bersertifikasi.

Ya, memang sama-sama "belajar" tetapi outputnya jauh berbeda. Setelah ia mengikuti beberapa pelatihan bersertifikasi dan memiliki pengalaman terkait bidang tersebut. Alhasil, dalam kurun waktu 3-5 tahun setelah kelulusannya, saat ini ia sudah memiliki karir yang mapan dan side hustle dengan pendapatan melebihi karir utamanya.

Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer

Untuk mencapai tahap ini, memang saat ini sudah ada banyak sekali skill yang jika dilengkapi dengan sertifikasi dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang fantastis. Salah satunya adalah Sertifikasi iOS Developer atau pemrograman baik web atau situs dan juga aplikasi. Sudah tahu kan kalau gaji iOS Developer berada pada angka rata-rata di 2 digit?

Memilih HTML Sebagai Bahasa Pemrograman

Agar sukses menjadi iOS Developer, hal-hal yang perlu dilakukan saat belajar pemograman untuk pemula adalah memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan dikuasai. Biasanya bahasa pemrograman yang akan dipelajari terlebih dulu adalah HTML.

Belajar dengan Modul dan Tutor yang Kompeten

Selanjutnya, kiat belajar pemrograman untuk pemula yang ingin mengambil kelas iOS App certification juga perlu memiliki modul belajar serta tutor yang kapabel di bidangnya.

Saat ini, MyEduSolve memiliki program App Development with Swift Certified User dan juga App Development with Swift Associate yang dapat memvalidasi pengetahuan dan kemahiran peserta kursusnya terkait materi Swift, Xcode, dan alat pengembangan aplikasi yang dapat menunjukkan bahwa peserta kursus di MyEduSolve telah tersertifikasi, secara efektif dan kreatif membuat aplikasi untuk iOS dan dapat digunakan untuk pemograman terkait society, ekonomi, dan juga budaya.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website

Biaya paket kelas ini pun cukup terjangkau, dengan membayar sebesar Rp 1.250.000, kita sudah dapat modul dan kelas pembelajaran, jadwal ujian sertifikasi yang fleksibel, dan jika lulus dipastikan mendapatkan Sertifikasi iOS Developer yang dapat berlaku selama 3 tahun.

Practise Makes Perfect

Kemudian, setelah mengambil kelas belajar pemrograman untuk pemula dan mendapatkan sertifikasinya, jangan lupa untuk mengatur waktu untuk belajar dan selalu konsisten praktik. Dengan rutin praktik secara terus-menerus dan belajar mandiri memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada program yang dibuat, pastinya akan mengantarkan kita menjadi iOS Developer yang kapabel.

Baca juga: Cara Membuat Web Gratis Tanpa Coding

Itu dia ulasan tentang Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Belajar Pemrograman Untuk Pemula Melalui Kelas Sertifikasi iOS Developer"